Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode atau Mode Gelap

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing dengan aplikasi Chatting populer satu ini. Ya, WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi chatting atau messenger paling banyak diminati sekarang ini. Tidak heran karena aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur canggih yang sangat memanjakan para penggunanya. Tidak hanya berfungsi sebagai alat chatting saja, melalui WhatsApp pengguna juga memungkinkan melakukan panggilan suara ataupun video call.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode
Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode

Meski sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, ada satu kekurangan dari WhatsApp yang cukup berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna. Kekurangan tersebut adalah dari segi tema yang diterapkan. WhatsApp tidak menyediakan tema pada aplikasi resminya, hal tersebut membuat tampilannya sangat monoton dan terkadang membuat pengguna bosan.

Baca Juga:

Meskipun WhatsApp resmi tidak dilengkapi fitur mengganti tema atau template, nyatanya kamu masih bisa mengubah tampilannya agar lebih menarik. Salah satunya adalah dengan menerapkan fitur dark mode atau mode gelap. Tampilannya yang gelap sangat memanjakan mata pengguna ketika penggunaan di kondisi gelap atau malam hari. Penasaran bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp dark mode tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode atau Mode Gelap

Cara Mengaktifkan WhatsApp Mode Gelap
Cara Mengaktifkan WhatsApp Mode Gelap

Dark Mode atau mode gelap sedang menjadi tren di kalangan vendor smartphone sekarang ini. mode gelap  dihadirkan dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna ketika mengakses HP di malam hari atau saat kondisi gelap. WhatsApp sebagai aplikasi chatting paling banyak digunakan juga tidak mau ketinggalan dengan tren tersebut. 

Sama seperti yang lainnya,WhatsApp juga berupaya memanjakan pengguna ketika mereka berada di ruang minim cahaya. Adanya mode dark akan membuat mereka lebih readability saat menggunakan WhatsApp. Tetapi sayangnya, masih banyak pengguna yang bingung dengan bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp Dark Mode tersebut.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di Android Q

Dark Mode atau mode gelap di WhatsApp sebenarnya mudah sekali untuk diaktifkan. Namun sebelumnya, kamu perlu memastikan smartphone androidmu sudah mengadopsi OS Android terbaru yakni Android Q. Untuk pengguna Android Pie ke bawah sayangnya masih belum bisa merasakan Dark Mode WhatsApp ini. Adapun langkah-langkah mengaktifkan WhatsApp Dark Mode, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu masuk ke menu Setting atau Pengaturan.
  2. Klik pada opsi Display, kemudian pilih opsi Select Theme.
  3. Dan terakhir pilih opsi Dark Mode.

Sebenarnya sampai disini kamu sudah mengaktifkan Dark Mode di android system. Hanya saja, mode tersebut belum berpengaruh terhadap tampilan di aplikasi WhatsApp. Untuk mengaktifkannya kamu perlu langkah lanjutan, yakni pengaturan di developer option. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan, kemudian klik pada opsi Developer Option.
  2. Secara default opsi Developer Option tidak tersedia, dan untuk memunculkannya kamu perlu masuk ke opsi About Phone di dalam menu Pengaturan. Lalu pada bagian Build Number lakukan klik sebanyak 5 – 7 kali. Beberapa tipe smartphone mungkin berbeda untuk cara mengaktifkan Developer Option, kamu bisa menyesuaikannya sendiri. Jika berhasil biasanya akan muncul notifikasi bertuliskan Developer option is turned on.
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung masuk ke opsi Developer Option seperti yang sudah diinstruksikan sebelumnya.
  4. Pada halaman ini kamu cari opsi Override force-dark, kemudian klik pada opsi tersebut.
  5. Dengan begitu, secara otomatis semua aplikasi yang mendukung dark mode akan langsung mengikuti mode ini, termasuk juga aplikasi WhatsApp.

Pada Android Pie sebenarnya sudah ada Dark Mode atau mode malam, tetapi sayangnya mode tersebut tidak mendukung untuk aplikasi terinstall. Dark mode hanya diterapkan pada tampilan HP beserta fitur-fitur bawaannya.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Mode Gelap di Android Pie ke Bawah

Meskipun Android Pie ke bawah belum bisa menerapkan WhatsApp Dark Mode, tetapi kita masih bisa menggunakan alternatif lain yang fungsinya tidak berbeda jauh dengan mode dark. Caranya cukup mudah yakni dengan memanfaatkan tema solid atau pun tema menarik lainnya yang bernuansa gelap. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  1. Pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di android.
  2. Kemudian, buka salah satu chat yang ada di WhatsApp.
  3. Selanjutnya klik ikon tiga titik vertikal, lalu pilih opsi Wallpaper.
  4. Di sini ada beberapa pilihan wallpaper yang bisa kamu gunakan, bisa memilih wallpaper melalui menu Galeri, menggunakan warna solid, melalui Galeri WhatsApp, wallpaper default, dan juga tanpa wallpaper.
  5. Kamu bebas memilih yang mana saja, namun paling mudah dengan memilih opsi kedua yakni warna solid. Pilih warna hitam, kemudian konfirmasi dengan klik SETEL.

Cara tersebut hanya akan mengubah tampilan gelap pada bagian wallpaper saja, selebihnya tetap sama. Tetapi jika dirasa kurang maksimal, kamu masih bisa menggunakan cara lain yakni dengan menggunakan aplikasi WhatsApp versi Mod. Ada beberapa versi WhatsApp mod yang memungkinkan kamu gunakan, salah satunya adalah GBWhatsApp.

GBWhatsApp merupakan salah satu aplikasi WhatsApp mod yang cukup populer digunakan. Aplikasi ini banyak diminati karena fitur di dalamnya lebih lengkap dibandingkan WhatsApp resmi. Terdapat pula fitur mengganti tema WhatsApp sesuai dengan yang kamu inginkan, bisa juga memilih tema gelap layaknya WhatsApp Dark Mode di Android Q. Jika masih bingung bagaimana cara menggunakan GBWhatsApp, kamu bisa membacanya di sini >> Cara Download dan Install GB WhatsApp

Penutup

Itulah tadi cara mengaktifkan WhatsApp Mode Dark atau mode gelap yang bisa coba kamu terapkan. Meskipun mode tersebut hanya bisa diterapkan pada Android Q, bagi pengguna android versi di bawahnya masih bisa kok mencoba alternatif lain yang fungsinya tidak jauh berbeda.