Cara Ampuh Mengaktifkan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang

Cara Mengaktifkan Sinyal 4G yang Hilang di Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu vendor smartphone yang berasal dari negeri tiongkok. Xiaomi sendiri memiliki visi untuk memproduksi smartphone yang murah dengan segudang fitur dan mengusung teknologi terbaru. Hal ini sudah sobat lihat sendiri, bahwa smartphone xiaomi sangat banyak diburu oleh pengguna android, terutama di pasar lokal indonesia tercinta ini.

Selang beberapa tahun setelah masuknya smartphone xiaomi ke pasar lokal, xiaomi meraih kesuksesan yang tidak tangung-tangung. Smartphone xiaomi android yang mereka pasarkan di Indonesia ludes di buru oleh para pengguna ponsel pintar android. Sebab mereka penasaran dengan fitur dan spesifikasi terbaru dengan harga yang sangat murah untuk ukuran smartphone android, saya pastikan harga xiaomi paling murah di bandingkan vendor lain dengan spesifikasi smartphone yang sama.

Cara Ampuh Mengembalikan Sinyal 4G yang Hilang di Xiaomi

Cara Ampuh Mengembalikan Sinyal 4G yang Hilang di Xiaomi

Selain banyak mendapatkan respon positif dari para pengguna, banyak juga para pengguna hp xiaomi yang mengeluhkan beberapa masalah, salah satunya masalah tombol home, back dan navigasi xiaomi yang error.

Bukan hanya itu saja, jika sobat pengguna hp xiaomi redmi 3, Redmi Note 3, Redmi 4, Redmi 4x dan tipe lainnya mungkin sobat ada yang mengalami masalah pada sinyal 4G yang hilang, padahal wilayah dan kartu SIM sudah tercover jaringan 4G. Masalah ini juga banyak dikeluhkan oleh para user xiaomi. Namun sobat tenang saja, karena admin bukandroid.com akan share solusi ke kalian semua. So, simak ulasan berikut..

Penyebab Jaringan 4G Xiaomi Hilang

Salah satu penyebab jaringan 4G hilang karena ROM Xiaomi pada ponsel kita belum diupdate ke versi terbaru dan mungkin saja ada Bugs yang menyebabkan error pada jaringan 4G. Ada juga penyebab-penyebab lainnya, seperti gagal dalam melakukan rooting, custom rom yang tidak sesuai dengan type hp xiaomi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Nah untuk sobat yang tidak pernah mengutak-atik ponsel xiaomi namun jaringan 4G hilang, tenang saja karena sinyal 4G LTE bisa di aktifkan kembali. coba sobat simak cara yang akan saya share dibawah ini, siapa tau bermanfaat.

Cara Mengatasi Sinyal 4G Xiaomi Hilang

Saya akan share empat cara yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah sinyal 4G yang hilang. sobat bisa mencoba salah satu cara saja, namun kalo cara yang sobat lakukan tidak work, sobat boleh mengikuti tutorial lainnya yang saya tuliskan diartikel ini. Simak caranya berikut ini:

1. Melakukan Pencarian Sinyal 4G dengan Dial-Up

Cara yang pertama ini ada dua versi untuk setting sinyal 4G melalui dial-up, sobat hanya perlu melakukkan dial-up (internet acces) agar sinyal 4G Xiaomi yang hilang bisa muncul lagi. Caranya juga sangat mudah, ga percaya? Yuk simak tutorial berikut ini:

Cara Versi yang Pertama

Untuk versi pertama ini saya rasa sangat simple namu terbuktih ampuh. Silahkan sobat coba sendiri ya.

  1. Pertama, masuk ke menu utaman pada ponsel sobat, Kemudian cari Papan Tombol Telepon
  2. Jika sudah ketemu, kemudian ketikan *#*#4636#*#* pada Papan Tombol Telepon, code ini berfungsi untuk mengakses Dial-Up (Internet Acces) pada xiaomi
  3. Lalu pilih Phone Information 1 untuk melihat Pengguna Jaringan pada Ponsel sobat
  4. Kemudian sobat Pilih dan Ubah menu “Set Preferre Network Type” menjadi “LTE Only
  5. Jika sudah, selanjutnya sobat hanya perlu Me-restart data seluler pada ponsel xiaomi sobat, setelah itu hidupkan kembali. Selesai deh, mudah kan?

Cara versi yang pertama ini sangat banyak digunakan untuk mengembalikan sinyal 4G xiaomi yang hilang, meskipun caranya yang simple namun sudah terbukti ampuh.

Nah, untuk sobat yang gagal dalam melakkan cara versi pertama ini bisa coba untuk versi kedua, silahkan sobat simak tutorial berikut.

Cara Versi yang Kedua

Pada versi kedua ini hampir sama dengan versi yang ke satu, namun cara yang ini lebih sedikit panjang dan ribet, namun hasilnya juga memuaskan. Sobat bisa mengikuti step by step versi kedua ini untuk mengembalikan sinyal 4G yang hilang.

  1. Pertama-tama, matikan hp xiaomi sobat dan lepaskan SIM Card yang menempel pada hp sobat. Namun jika sobat memiliki dua sim card, sobat gunakan saja SIM Card yang sudah terisi paket data internet dan masukan ke Slot SIM 1.
  2. Jika sudah, hidupkan kembali hp sobat kemudian masuk Papan Tombol Ponsel Xiaomi sobat dan ketikan *#*#4636#*#* untuk masuk kedalam dial-up (internet acces).
  3. Jika sobat sudah masuk kedalam dial-up, sobat pilih “Informasi Telepon 1” lalu pilih mode “CDMA Only”.
  4. Jika sudah, sobat tunggu beberapa saat sampai jaringan atau sinyal hilang (No Service).
  5. Untuk langkah selanjutnya, sobat buka menu “Setting >> SIM Card & Mobile Network >> SIM 1“. Jika sudah, pilih dan kemudian ubah “Preffered Network” menjadi “Global”.
  6. Setelah sobat melakukan lagkah diatas, maka secara otomatis Sinyal atau jaringan 4G akan muncul kembali seperti sedia kala.

Jika sobat memasang dua kartu SIM, sobat pasang saja kedua SIM Card tersebut. Namun pastikan kartu yang akan digunakan untuk Internet dipasang pada slot SIM 1.

Setelah memasang kedua SIM Card, lalu hidupkan kembali ponsel sobat, kemudian masuk ke menu papan tombol dan ketikan *#*#4636#*#* untuk masuk ke dial-up. Kemudian udah jaringan ke mode “CDMA Only”, selesai.

Jika cara versi yang kedua ini tidak juga berhasil.. sobat tenang saja, karena masih ada cara yang ampuh lainnya untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang. Silahkan sobat praktekan tutorial berikut.

2. Mengubah Lokasi untuk Mengembalikan sinyal 4G

Cara yang kedua ini bisa dibilang cara yang Unik, bagaimana tidak? Hanya dengan mengganti lokasi dapat mengembalikan sinyal 4G yang hilang, gak percaya? Sobat coba buktikan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama Cari Menu “Setting >> Additional Settings >> Locale.
  2. Lalu sobat ubah lokasi Indonesia menjadi Korea, singapure atau Thailand.
  3. Jika sudah, sekarang sobat hidupkan “Mode Pesawat atau Airplane Mode
  4. Kemudian Restart hp sobat, lalu matikan mode airplane. Maka otomatis sinyal 4G akan kembali seperti sebelumnya.

Jika sobat tidak juga berhasil mengembalikan sinyal 4G dengan cara kedua ini, maka sobat jangan menyerah, karena masih ada beberapa cara lagi yang work untuk mengembalikan sinyal 4G yan hilang.

3. Ganti SIM Card atau Dengan Bantuan Aplikasi Penguat Sinyal

Mungkin saja didaerah sobat sedang ada gangguan untuk provider yang sobat gunakan, jika memang sedang terjadi gangguan, maka saya sarankan sementara untuk mengganti provider yang sudah menyediakan layananan 4G, seperti XL, Telkomsel dan lain sebagainya. Pastikan gunakan layanan provider yang sinyal 4G nya terjangkau sampai ketempat sobat.

Jika sobat sudah mengganti layanan provider dan masih mengalami sinyal 4G hilang, sobat bisa gunakan aplikasi penguat sinyal untuk mencari dan menangkap frekuensi sinyal 4G.. sobat bisa download palikasi penguat sinyal di Goole Playstore.

4. Mengembalikan ROM Xiaomi Seperti Sediakala

Nah, jika sobat suka oprek-oprek ponsel xiaomi dan mengubah rom dari bawaan pabrik, sebaiknya sobat kembalikan ROM seperti bawaan pabrik dengan menggunakan Fastbot. Karena apa? Mungkin saja ROM yang sobat gunakan tidak cocok atau mengalami bug sehingga sinyal 4G hilang.

Jika sobat bingung untuk mengembalikan ROM Xiaomi seperti sediakala, silahkan sobat baca artikel ini:

Cara Flash Xiaomi Redmi Semua Tipe Dengan MiFlash

Kesimpulan

Jika semua cara yang sudah saya share tidak work, sebaiknya sobat bawa ke counter service hp untuk mengecek masalah apa yang terjadi, jika perlu sekalian diservice. Atau sobat bisa beli hp baru lagi.. hehe

Nah untuk artikel cara mengatasi sinyal 4G hilang di xiaomi saya akhiri sampe sini dulu. Jika masih ada masalah tentang sinyal 4G, sobat bisa tanyakan melalui menu contact us di blog bukanandroid.com. demikian artikel yang saya tulis, jika ada banyak salah dalam mengetikan kata, saya mohon maaf sebesar-besarnya, terimakasih banyak dan tunggu artikel selanjutnya. Salam.