Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen Pada Oppo F5

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen Pada Oppo F5 – Oppo F5 adalah seri terbaru OPPO yang baru saja muncul belum lama ini, yang mana pada smartphone ini sendiri menyandang nama khusus, yaitu bernama Selfie Expert. Di bekali dengan layar lebar hingga 6 inc serta resolusi yang FULL HD+ (2.160 x 1.080 pixel), serta layar yang di lindungi oleh kaca anti gores Gorilla Glass 5, berteknologi IPS, dan aspek rasio 18:9, dengan begini akan membuat nya menjadi smartphone yang bisa memuaskan para pengguna nya yang hobi menonton dan bermain game.┬áDengan ada nya hal ini juga mengakibat kan letak sensor Fingerprint yang ia miliki berada di posisi belakang pada smartphone F5, sangat berbeda dari seri sebelum nya yang mana fitur sensor Fingerprint tersebut berada di layar depan handphone.

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen Pada Oppo F5

Selain fitur yang sudah saya sebutkan tadi, masih ada fitur keren lain nya yang berada di kamera depan. Resolusi nya juga bisa di bilang sangat besar hanya untuk kamera depan, yaitu beresolusi 20 MP aperture f/2.0 serta di tambah juga dengan perangkat lunak yang begitu cerdas atau Artifical Intelligence (AI) yang berguna agar bisa menghasilkan foto selfie dengan sangat bagus dan alami tanpa ada nya filter atau effek yang berlebihan. Sementara itu, untuk kamera belakang nya sendiri juga mempunyai resolusi sebesar 16 MP aperture f/1.8, di lengkapi juga dengan LED Flash dan Phase Detection Autofocus yang berfungsi untuk memperindah hasil foto kamera nya.

Ada satu lagi fitur terbaru yang hadir pada seri Oppo F5 ini, yaitu datang nya kehadiran fitur Split Screen, yang mana berfungsi agar bisa membagi layar hp menjadi 2 tampilan berbeda sekaligus. Fitur ini akan sangat membantu pengguna nya yang menginginkan untuk membuka dua aplikasi sekaligus secara bersamaan di dalam satu layar smartphone, seperti hal nya dengan membuka aplikasi facebook dan satu nya untuk menonton youtube, yang mana posisi nya akan mengikuti rotasi anda yaitu terbagi dua satu di bawah dan satu tampilan nya lagi di bagian atas. Dengan membayangkan nya saja kita sudah dapat merasakan sensasi dari smartphone yang memiliki dua layar tampilan sekaligus ini akan sangat menyenangkan dan dapat lebih membantu aktifitas sehari hari kita.

Baca Juga:

Bagi kalian para pengguna Oppo F5 atau yang baru mau meminang nya penting untuk mengetahui satu hal dari fitur Split Screen ini, bahwa tidak semua aplikasi kompatibel dengan mode dua layar seperti itu. Suatu aplikasi butuh beradaptasi agar bisa berjalan dengan lancar ketika fitur ini telah di aktif kan. Penyesuain aplikasi tersebut dapat anda lakukan dengan cara mengaktifkan fungsi yang bernama Developer pada smartphone Oppo F5 anda. Untuk langkah langkah nya sendiri anda bisa mengikuti intruksi saya berikut:

  • Pergi ke dalam pengaturan hp, bukak opsi Developer Options.
  • Lalu pilih About This Device, dan klik Version Number terus menerus sampai muncul notif bahwa anda telah di kenal sebagai developer.
  • Setelah itu kembali ke menu utama pengaturan smartphone Oppo F5, buka lagi opsi Developer Options.
  • Kemudian ke bagian bawah lalu aktifkan lah pilihan yang terakhir, yaitu Force Activities to be Resizable.
  • Langkah terakhir adalah melakukan restart pada Smartphone F5.

Setelah proses restart telah selesai baru lah aplikasi yang tidak kompatibel dengan fitur Split Screen tersebut akan bisa berjalan dengan normal tanpa ada hambatan. Dan untuk cara mengaktifkan fitur Split Screen ini sendiri tidak lah sulit, silahkan baca lah tutorial di bawah ini dengan seksama dan ikuti setiap intruksi yang di berikan.

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen Pada Oppo F5

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen Pada Oppo F5

Berikut di bawah ini langkah langkah untuk bisa mengaktifkan fitur Split Screen pada smartphone Oppo F5:

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka menu Pengaturan smartphone.
  2. Setelah anda masuk ke dalam menu utama pengaturan silahkan geser ke bawah dan cari opsi yang bertuliskan Split Screen, kemudain aktifkan fitur tersebut dengan cara menyentuh nya.
  3. Dua aplikasi sekaligus secara bersamaan di dalam satu layar handphone, seperti aplikasi youtube, facebook, whatsapp, twitter, instagram, dan lain sebagai nya.
  4. Kalian juga bisa memilih tombol Recent, yang mempunyai bentuk kotak dan terletak di bagian bawah layar.
  5. Pada menu Recent ini kita bisa memilih satu aplikasi dan menggeser nya ke arah bawah sedikit sampai numcul notif Lock yang berlambang gembok, lalu menu Split Screen yang memiliki bentuk seperti lambang kotak berpisah.
  6. Kemudian pilih lah menu opsi Split Screen. Dan sesudah itu layar pada smartphone akan terpisah menjadi dua bagian, dan untuk letak dari kedua aplikasi tersebut juga bisa di atur sesuai dengan kemauan kita.

Seperti yang sudah saya bilang tadi bahwa tidak semua aplikasi kompatibel dengan menggunakan fitur split screen ini, oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini jika anda mengalami nya cukup mengikuti tutorial yang sudah saya kasih di atas tadi sebelum tutorial cara split screen ini.

Penutup

Oppo F5 juga sudah berbasis ColorOS 3.2 dengan sistem android Nougat. Ok itu lah tadi cara ,udah untuk mengaktifkan split screen pada Oppo F5. Jangan lupa share artikel ini jika membantu kalian, agar orang yang memiliki masalah yang sama di luar sana bisa juga terbantu.