Cara Mengaktifkan Fingerprint Pada WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mengaktifkan Fingerprint Pada WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan Siapa kini yang tidak memiliki aplikasi perpesanan WhatsApp pada smartphonenya? Tentu saja dapat di pastikan hampir semua orang kini memilikinya. Hal itu juga tak terlepas dari kemudahan yang di tawarkan dalam user interface yang ia sajikan. Di mana WA terlihat elegant, simple dan mudah di pahami dalam pengoperasiannya. Selain itu, terdapat beragam kenyamanan yang di tawarkan oleh aplikasi ini kepada para penggunanya. Seperti Video Call secara personal maupun group.

Cara Mengaktifkan Fingerprint Pada WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Semakin berjalannya waktu kini, fitur yang di usung oleh aplikasi perpesanan WhatsApp juga semakin lengkap saja. Mengapa tidak? Karena pengembang aplikasi WhatsApp kini telah berusaha terus menerus memunculkan sebuah inovasi baru. Yang tentunya sangat di tunggu-tunggu oleh banyak penggunanya. Selain ada fitur Dark Mode yang sangat di nantikan, ada juga fitur penguncian WhatsApp berupa sidik jari atau fingerprint. Hal ini juga di dukung oleh banyaknya produk smartphone yang kini sudah di bekali dengan perangkat keras sidik jari. Yang mana sangat berguna sekali.

Baca Juga:

Kegunaan dari fingerprint ini sendiri ialah, berguna dalam mengamankan segala hal privacy yang mau kita jaga dari orang asing yang ada di dalam smartphone. Yaitu dengan cara mengunci suatu aplikasi ataupun smartphone itu sendiri melalui pemindaian sidik jari tersebut. Nah setelah lebih dulu di realisasikan pada iOS, dan juga program WhatsApp beta. Kini akhirnya fitur tersebut resmi ada dalam WhatsApp secara resmi. Privasi terkadang menjadi prioritas utama bagi pengguna smartphone dalam menjaga kerahasiannya, terlebih untuk aplikasi perpesanan layaknya WA.

Cara Mengaktifkan Fingerprint Pada WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Walaupun feature fingerprint ini telah hadir ke dalam WhatsApp, namun ia tidak serta merta aktif begitu saja. Ya meskipun HP mu sudah terdapat alat pemindai sidik jari, tapi tetap saja fitur ini harus di aktifkan terlebih dahulu secara manual dari aplikasi WA.

Langkah Mengaktifkan Fingerprint Pada WhatsApp

Seperti yang di informasikan sebelumnya bahwa, aplikasi WA versi terbaru tepatnya di atas v2.9.221 sudah di bekali sama fitur keamanan fingerprint. Nah oleh karena itu sebelum lanjut melakukan langkah-langkah di bawah ini, sebaiknya lakukan update terlebih dahulu pada aplikasi WhatsApp milikmu ya. Hal ini penting untuk menghindar dari kegagalan dalam menerapkan beberapa langkah yang nantinya akan di praktikkan.

Tak usah berlama-lama lagi, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Langkah pertama yang harus kamu perhatikan yaitu mengaktifkan terlebih dahulu penguncian Fingerprint atau Sidik Jari pada Pengaturan HP milikmu. Yang mana ketika mengaktifkannya kalian akan di suruh untuk berulang kali menyentuhkan jari anda ke perangkat fingerprint untuk memastikan bahwa sidik jari tersebut telah terekam secara benar
  2. Jika sudah berhasil mengaktifkan fitur Fingerprint pada perangkat smartphone anda. Maka lanjut dengan membuka aplikasi WhatsApp yang ada
  3. Kemudian kita pilih menu Setelan dan tekan Akun
  4. Lanjut memilih pilihan Privasi, maka akan tampil beberapa fitur yang tersaji
  5. Nah kita scroll ke bawah hingga menemukan menu Kunci Sidik Jari
  6. Setelah masuk ke dalam menu Kunci Sidik Jari tadi maka tinggal kita Aktifkan saja dengan cara Menyentuhnya
  7. Sehingga nantinya akan tampil sebuah popup yang berisikan Konfirmasi sidik jari anda
  8. Kalau sudah, silahkan pilih beberapa pilihan yang mana hal tersebut menentukan kapan pengunci WA ini aktif. Misal, setelah 1 menit atau bahkan setelah 30 menit.

Informasi Mengenai Fitur Fingerprint WhatsApp

Tidak perlu khawatir untuk kehilangan sebuah notifikasi dari pesan WA ya setelah mengaktifkan fitur penguncian ini. Dan, untuk mencoba apakah sudah berhasil atau belum, cobalah untuk mematikan layar smartphone milikmu terlebih dahulu. Lalu buka kembali dan klik aplikasi WhatsApp, maka seharusnya sudah tampil layar yang mana meminta kamu untuk memasukan sidik jari untuk bisa membukanya.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa anda akan tetap bisa untuk mengangkat panggilan telepon ataupun videocall whatsapp langsung walaupun dalam keadaan sedang terkunci. Lalu, fitur fingerprint WA ini cuma tersedia pada smartphone Android yang mempunyai sensor sidik jari, serta hanya berjalan untuk sistem Android versi 6.0 ke atas.

Cara Menonaktifkan Kunci Sidik Jari Pada WhatsApp

Nah untuk menonaktifkan fitur ini sendiri juga hampir sama dengan cara mengaktifkannya seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Yaitu dengan cara masuk ke menu Setelan, lalu klik Akun dan pilih Privasi. Lalu tekan menu Kunci Sidik Jari dan klik opsi Buka Kunci dengan sidik jari untuk bisa menonaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Fingerprint Pada Pengaturan HP

Seperti yang saya bilang tadi, kalau untuk dapat menggunakan fitur sidik jari pada penguncian aplikasi WhatsApp maka kita sebelumnya harus terlebih dahulu mengaktifkan sensor penguncian fingerprint pada Pengaturan HP tersebut. Bagi kalian yang masih belum mengaktifkan sensor pemindai ini dan bingung tidak tau cara nya, maka tidak perlu khawatir. Sebab di bawah ini saya akan memberitahu kamu letak dan cara untuk melakukannya dengan benar.

Berikut di bawah ini langkah-langkah dalam melakukan pengaktifan fingerprint pada smartphone :

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan dari dalam HP milik anda
  2. Kemudian cari dan klik opsi Security atau Keamanan
  3. Dan selanjutnya tekan pilihan Fingerprints, dan pilih Add Fingerprints
  4. Jika sudah maka kalian terlebih dulu akan di minta untuk menambahkan Kode Backup. Apabila beberapa kali gagal masuk dengan pemindaian sidik jari maka bisa menggunakan kode backup tersebut sebagai jalan alternatifnya. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih dalam menentukan kode backup, yaitu PIN, Password, dan juga Pattern
  5. Setelah berhasil menentukan kode backup tadi selanjutnya anda akan diminta untuk mengkonfirmasi kode tersebut, jadi masukkan sekali lagi dan lanjut ke tahap berikutnya
  6. Langkah terakhir, sebelum mendaftarkan sidik jari anda, terlebih dulu anda akan di sajikan cara pemindaiannya berupa animasi dan teks. Pahami cara pemindaian yang di berikan dan cobalah mengikuti instruksinya lebih lanjut
  7. Kalau sudah selesai, untuk dapat menambahkan sidik jari kedua, tinggal kamu pilih saja Add Other. Kalau tidak perlu atau tidak mau ya abaikan saja
  8. Selesai, selamat sampai disini anda telah berhasil mengaktifkan sensor sidik jari pada perangkat android milik kamu.

Gimana tidak sulit bukan? Dengan adanya tutorial lengkap ini saya harap bisa membantu kamu dalam melakukan pengaktifannya ya.

Penutup

Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel kita kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu sobat-sobat semua yaa. Sebelum beranjak meninggalkan website kita, alangkah baiknya untuk share terlebih dulu ke sosial media milik kamu yaa. Terimakasih, dan sampai jumpa kembali.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini