Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android – Facebook sudah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer digunakan sekarang ini. Penggunanya tidak hanya dari kalangan anak muda saja, melainkan juga anak-anak hingga dewasa juga banyak yang menggunakannya. Ditambah lagi dengan dukungan fitur yang semakin lengkap, membuat banyak orang tertarik untuk memiliki akun Facebook. Di Facebook kita juga dimungkinkan untuk menemukan teman baru yang bahkan tidak kita kenal sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android
Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android

Semakin berkembangnya dunia teknologi, Facebook juga ikut serta untuk mengembangkan fitur-fitur di dalamnya. Facebook sendiri tidak hanya bisa diakses melalui browser saja, melainkan juga lebih mudah digunakan di perangkat HP android. Aplikasi Facebook di android diklaim lebih ringan, serta fiturnya yang semakin lengkap. Baru-baru ini Facebook menghadirkan fitur keren baru di aplikasinya tersebut. Fitur yang dimaksud yakni fitur Dark Mode atau Mode Malam. Fitur ini berguna untuk memanjakan penggunanya saat menggunakan Facebook di malam hari atau ruangan yang gelap.

Baca Juga:

7 Aplikasi Android yang Punya Dark Mode Terbaik
Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode atau Mode Gelap
5 Aplikasi Recovery Data Terbaik untuk Android

Fitur dark mode seperti ini memang sedang menjadi tren di berbagai platform, termasuk untuk aplikasi android. Kehadirannya akan mampu menyesuaikan kecerahan layar dengan di sekitarnya. Menerapkan fitur dark mode di Facebook akan mengganti warna background menjadi warna gelap atau hitam. Meski demikian, ternyata tidak semua pengguna tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut di aplikasi Facebook. Tetapi tenang saja, berikut ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara mengaktifkan dark mode Facebook di android yang mudah.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di HP Android
Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di HP Android

Fitur dark mode memang sedang gencar dihadirkan oleh para developer untuk aplikasinya. Tidak hanya aplikasi saja, beberapa situs di internet juga sebagian sudah menerapkan fitur ini di dalamnya. Jadi, pengguna bisa menyesuaikan tampilan sesuai dengan kondisi ia mengaksesnya. Begitu juga Facebook sebagai salah satu platform media sosial terbesar sekarang ini.

Meski demikian, fitur dark mode di Facebook ini belum final alias masih dalam tahap pengembangan. Mereka terus menyempurnakan fitur tersebut agar pengguna bisa lebih nyaman mengakses Facebook, baik di siang maupun malam hari. Adapun cara mengaktifkan fitur dark mode Facebook di android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu perlu menginstall aplikasi Facebook Lite di HP android. Sementara ini fitur dark mode memang hanya tersedia untuk aplikasi Facebook Lite, bukan aplikasi Facebook biasa.
  • Setelah terbuka, sekarang kamu lakukan login ke akun Facebook pribadimu.
  • Pada halaman beranda Facebook, kamu klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa opsi di halaman tersebut. Untuk mengaktifkan fitur dark mode, kamu cari opsi Dark Mode lalu geser toogle-nya ke arah kanan.
  • Secara otomatis tampilan Facebook Lite akan berubah menjadi nuansa gelap dengan background hitam.
  • Tidak hanya bisa diaktifkan saat malam hari saja, tetapi fitur ini bisa diaktifkan kapan pun dan di mana pun.
  • Selesai.

Kalau tadi kita mengaktifkan fitur dark mode di aplikasi Facebook Lite, sekarang kita coba versi websitenya. Ya, fitur dark mode juga sudah di terapkan pada Facebook versi website atau situsnya. Cara mengaktifkan mode malam atau gelap tersebut sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu buka aplikasi browser di HP Androidmu.
  • Setelah itu silakan login ke akun Facebook pribadimu.
  • Pada halaman utama Facebook, sekarang kamu klik tombol segitiga yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa opsi pengaturan di sana, selanjutkan kamu klik pada opsi Switch to New Facebook.
  • Setelah tampilan Facebook sudah berubah ke tampilan baru, maka kamu bisa mulai mengaktifkan fitur Dark Mode-nya. Caranya dengan klik ikon segitiga yang ada di pojok kanan atas tampilan, kemudian geser toogle pada opsi Dark Mode untuk mengaktifkannya.
  • Secara otomatis tampilan Facebook akan berubah menjadi bernuansa gelap.
  • Selesai.

Kelebihan Fitur Dark Mode di Facebook Android

Bukan tanpa alasan kenapa banyak pengguna yang teratrik untuk menggunakan fitur dark mode di aplikasi Facebook-nya. Ini karena fitur dark mode tersebut memiliki banyak kelebihan, yang pastinya sangat memanjakan penggunanya. salah satunya agar pengguna lebih nyaman saat menatap layar dan tidak membuatnya cepat lelah. Tidak seperti mode tampilan biasa, umumnya sering membuat mata pengguna cepat lelah jika memandangnya terlalu lama.

Selain itu, ada beberapa kelebihan lagi dari fitur dark mode tersebut dibandingkan dengan mode biasa. Informasi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghemat Baterai Smartphone

Kelebihan fitur dark mode Facebook dibandingkan mode biasa yang pertama yakni mampu menghemat penggunaan daya baterai. Tampilan dark mode akan mampu menurunkan kecerahan cahaya layar, sehingga akan menekan konsumsi daya pada baterai HP.  penggunaan daya yang lebih sedikit, tentunya hal ini akan membuat baterai HP android lebih hemat dibandingkan saat menggunakan mode biasa.

Namun, hal ini hanya bisa terjadi pada HP android yang didukung dengan layar berteknologi AMOLED. Pasalanya, layar AMOLED tersebut akan menonaktifkan piksel layar ketika menampilkan warna hitam.

2. Meminimalkan Pancaran Radiasi Sinar Biru atau Bluelight

Kita semua pasti sudah paham betapa bahayanya pancaran sinar biru dari layak HP terhadap tubuh. Sinar biru tersebut seringkali membuat para pengguna kesulitan untuk tidur nyenyak. Dan umumnya menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami gejala insomnia. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan secara terus-menerus.

Dengan menerapkan fitur dark mode, maka pancaran sinar biru dari layar HP tersebut akan diminimalkan. Sehingga hal ini akan membantu pengguna terhindar dari sulit tertidur atau gejala Insomnia.

3. Memberikan Kesan Elegan

Nuansa gelap yang ditampilkan saat menerapkan dark mode di Facebook juga akan membuatnya terlihat lebih elegan. Tidak jarang tampilan gelap seperti ini sangat disukai oleh banyak orang. Tidak hanya di platform Facebook saja, tampilan gelap di latform lain juga sangat disukai oleh sebagian besar pengguna.

Penutup

Itulah tadi cara mengaktifkan dark mode Facebook di android yang paling mudah dan cepat bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.