Cara Mengaktifkan Asisten Google di HP Android

65
Cara Mengaktifkan Asisten Google
Cara Mengaktifkan Asisten Google

Cara Mengaktifkan Asisten Google – Dunia teknologi sudah semakin berkembang dengan sangat pesatnya. Berbagai teknologi terbaru dihadirkan, pastinya dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas harian pengguna. Salah satu dari perkembangan teknologi yang terjadi cukup pesat yakni produksi smartphone android. Sekarang ini HP android bukan hanya sekedar alat komunikasi saja, melainkan fungsinya lebih fleksibel.

Cara Mengaktifkan Asisten Google
Cara Mengaktifkan Asisten Google

Berbagai fitur keren disematkan di dalamnya, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna. Meskipun dibekali dengan fitur yang kaya, namun harga yang ditawarkan oleh para vendor untuk produknya tersebut bisa dibilang terjangkau. Salah satu fitur keren yang ada di HP android yakni fitur Asisten Google. Fitur yang biasa dikenal juga dengan fitur OK Google ini merupakan layanan yang dikembangkan langsung oleh Google. Dibekali dengan kemampuan AI atau Artifical Intelegent, Asisten Google akan membantumu dalam berbagai hal. Kamu bisa memberikan perintah apa pun terhadap Asisten Google tersebut.

Baca Juga:

Tidak hanya memberi tugas, Asisten Google juga bisa kamu jadikan teman bicara ketika bosan. Cukup kamu ucapkan OK Google, dan mulailah berbicara dengan Asisten Google tersebut. Namun, terkadang fitur Asisten Google tidak langsung aktif di perangkat android. Mungkin kamu dengan sengaja menonaktifkannya atau orang lain yang melakukan hal tersebut. Tidak perlu khawatir, kamu masih bisa mengaktifkan Google Assistant tersebut secara manual. Berikut ini cara mengaktifkan Asisten Google di android selengkapnya bisa kamu terapkan.

Cara Mengaktifkan Asisten Google di HP Android

Cara Mengaktifkan Google Assistant
Cara Mengaktifkan Google Assistant

Seperti yang kita tahu, Asisten Google merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google. Google Assistant ini sendiri merupakan versi terbaru dari Google Now yang sudah ada sebelumnya. Google menghadirkan kecerdasan yang lebih maju pada fitur terbarunya ini, sehingga membuatnya tampak lebih modern. Tidak perlu menginstall, karena fitur Asisten Google ini sudah disematkan di semua perangkat HP android.

Hadirnya Asisten Google ini diklaim akan meningkat User Experience saat mengoperasikan smartphone android. Fitur tersebut akan membantumu melakukan banyak hal di HP android, mulai dari membuka aplikasi, kamera, menelpon kontak tertentu, mengajak berbicara dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang pasti kamu akan merasa puas dan nyaman menggunakan fitur canggih dan modern dari Google tersebut.

Menariknya lagi, Asisten Google juga memungkinkan untuk kamu ajak berbicara dua arah. Dan lagi, fitur ini tidak hanya bisa diakses di HP android saja, melainkan di semua perangkat yang mengadopsi OS Android seperti, Smart TV. Fitur Google Assistant ini sendiri sudah bisa dinikmati di perangkat smartphone minimal ber-OS Android 5.0 Lollipop.

Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Asisten Google selengkapnya, sebagai berikut:

  • Sebelum melakukan cara ini, pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Google Assistant jika memang belum punya aplikasinya.
  • Jika sudah semua, sekarang kamu tekan dan tahan tombol Home agak lama sampai muncul tampilan baru di bawah layar.
  • Halaman Meet Your Google Assistant akan ditampilkan, selanjutnya kamu klik tombol Next untuk melanjutkan.
  • Sekarang lanjut untuk membuat pengaturan pada Asisten Google. Di sana akan muncul dua opsi pengaturan yakni Google Partners dan Services and your privacy. Kamu bisa memilih untuk masing-masing opsi tersebut. Kalau sudah, selajutnya klik tombol Continue.
  • Pada halaman berikutnya kamu bisa klik pada opsi Profil yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Kemudian pada halaman pengaturan akun, kamu klik ikon tiga titik di pojok kanan atas tampilan lalu pilih opsi Account.
  • Di sini kamu diminta untuk memilih akun Google yang ingin digunakan. Jika kamu login dengan beberapa akun Gmail, maka bisa pilih salah satu saja. Pemilihan akun Gmail atau akun Google ini dibutuhkan untuk pengaktifan Google Assistant tersebut.
  • Selesai.

Catatan: Sekarang Google Assistant di HP androidmu sudah berhasil diaktifkan. Untuk mulai menggunakannya, kamu bisa klik tombol microphone kemudian langsung ucapkan perintah ke Asisten Google.

Selain di HP android, Google Assistant atau Asisten Google juga memungkinkan untuk kamu aktifkan di perangkat iOS. Caranya kurang lebih sama dengan pengaktifkan Asisten Google di perangkat HP android di atas. Namun, di sini kamu perlu menginstall dulu aplikasi Google Assistant tersebut di perangkat iOS agar bisa digunakan.

Kelebihan Asisten Google yang Harus Kamu Tahu

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Google Assistant tersebut, namun tidak jarang pengguna yang belum mengetahuinya. Adapun beberapa kelebihan Google Assistant yang dimaksud, antara lain:

  • Tempat memperoleh informasi akurat. Melalui Google Assistant akan membantu kamu saat mencari informasi tertentu di internet. Kamu tinggal ucapkan saja informasi yang ingin kamu cari, maka Google Assistant akan langsung memberikan artikel yang terkait dengan yang kamu cari tersebut.
  • Memberikan petunjuk. Google Assistant juga memungkinkan untuk memberikan petunjuk kepada pengguna ketika mereka kebingungan. Mulai dari memberi petunjuk arah, informasi penerbangan, transportasi umum, hotel dan penginapan dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Membantu mengelola agenda. Dengan Google Assistant kamu juga bisa mengatur agenda apa saja yang perlu diingatkan nantinya. Kamu cukup menentukan jam, tanggal hingga tempat dari agenda yang akan datang tersebut.
  • Menampilkan foto lama. Google Assistant juga punya kemampuan untuk menemukan dan menampilkan foto lama yang mungkin merupakan kenangan terindah dari pengguna. Kamu bisa memberikan petunjuk terhadap Google Assistant, maka ia akan langsung mencari dan menampilkannya.
  • Teman ngobrol yang asyik. Inilah yang paling unik dan menarik dari Asisten Google, yakni bisa menemani waktu luang kamu. Google Assistant bisa memberikan hiburan kepada pengguna, entah itu hiburan pantun lucu, menyanyi, cerita lucu dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi cara mengaktifkan Asisten Google di smartphone android yang mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaGame Aquarium Simulator Android Terbaik
Artikel SelanjutnyaCara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini