7 Cara Mendinginkan HP Paling Cepat dan Ampuh

Cara Mendinginkan HP – Dewasa ini HP android semakin banyak diminati oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja bahkan dewasa. HP android sangat diminati karena multifungsi alias bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal. Dibekali dengan beragam fitur canggih yang pastinya akan membantu aktivitas sehari-hari pengguna. Apalagi di HP android bisa dipasang dengan berbagai jenis aplikasi, pastinya dengan fungsinya masing-masing.

Cara Mendinginkan HP
Cara Mendinginkan HP

Dari banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di HP android, bermain game menjadi salah satu kegiatan yang paling seru dan menyenangkan. Tidak hanya bagi kalangan anak-anak saja, bermain game juga sangat disukai oleh para remaja hingga dewasa sekalipun. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya game seru yang bisa diinstall dan dimainkan secara gratis di HP android.

Baca Juga:

Fungsinya yang banyak, membuat HP android seakan sulit untuk diistirahatkan. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, beberapa gejala akan timbul pada HP android. Misalnya saja HP yang cepat panas, bahkan mengalami hang. Saat terjadi semacam ini, lantas bagaimana cara mendinginkan HP android tersebut? Tidak perlu bingung, karena di bawah ini saya sudah merangkumkan beberapa tipsnya untuk kamu terapkan. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

7 Cara Mendinginkan HP Paling Cepat dan Ampuh

Cara Mendinginkan HP Paling Cepat
Cara Mendinginkan HP Paling Cepat

1. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Cara mendinginkan HP android paling ampuh yang pertama adalah dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di background. Beberapa jenis aplikasi memang secara otomatis berjalan di latar belakang, bahkan tanpa kita membuka aplikasi tersebut. Sebagai contohnya aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram dan aplikasi lainnya. Hal ini bertujuan agar aplikasi tersebut lebih cepat memberikan notifikasi terhadap pengguna.

Tetapi sayangnya hal semacam ini justru membuat HP lebih cepat panas saat digunakan. HP akan bekerja lebih keras karena harus menajalankan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Untuk cara menghentikannya, sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Klik pada opsi Aplikasi.
  • Klik salah satu aplikasi yang sering berjalan di latar belakang.
  • Kemudian klik Hentikan Paksa.

Selain cara tersebut, agar lebih mudah menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Greenify.

2. Hindari Penggunaan di Tempat Bersuhu Panas

Mengoperasikan HP di tempat yang terbuka, bahkan suhunya yang terkesan panas juga menjadi penyebab HP cepat panas. Apalagi kamu memainkan HP di tempat yang terkena sinar matahari langsung, hal ini akan semakin memperparah kondisi HP yang panas.

Sebaiknya gunakan HP di tempat yang tertutup atau di dalam ruangan. Pastikan juga ruangan yang ditempati memiliki suhu udara yang normal dan menyejukkan. Memainkan HP di tempat terbuka biasanya mengharuskan pengguna mengatur kecerahan layar ke tingkat yang paling tinggi. Seperti yang kita tahu, kecerahan layar juga mempengaruhi konsumsi daya baterai sehingga tidak jarang membuat HP cepat panas.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Banyaknya aplikasi yang terinstall di HP android juga ada hubungannya dengan HP yang menjadi cepat panas. Beberapa aplikasi ada yang bisa memakan banyak ruang di RAM, hal ini tidak jarang membuat ruang kosong di RAM menjadi lebih kecil. Saat HP dipakai untuk menjalankan beberapa aplikasi , hal ini akan semakin memperberat kinerja RAM. Alhasil, RAM yang penuh membuatnya semakin bekerja keras dan efeknya HP menjadi cepat panas.

Alangkah lebih baiknya kamu hanya menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja. Hapus semua aplikasi yang dirasa tidak diperlukan dan juga aplikasi yang banyak memakan ruang di RAM. Dengan begitu, HP yang cepat panas bisa segera diatasi dengan baik.

4. Menggunakan Jaringan yang Stabil

Khusus untuk kalian yang main game online atau aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, pastikan jaringan yang kamu gunakan dalam kondisi stabil. Sinyal jaringan yang tidak begitu bagus akan membuat HP lebih bekerja keras untuk mendapatkan sinyal terbaik. Hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi suhu di HP.

Sebaiknya cari lokasi yang punya sinyal bagus jika kamu menggunakan jaringan seluler. Atau bisa juga dengan memindahkan jaringan ke tingkat lebih rendah, misalnya dari jaringan 4G menjadi jaringan 3G. Seperti yang kita tahu, tidak semua kota atau daerah tercover jaringan 4G dari setiap operator. Sementara untuk jaringan 3G, dipastikan hampir semua daerah sudah tercover dengan baik.

5. Membersihkan Debu yang Menempel di HP

Cara mendinginkan HP berikutnya adalah dengan membersihkan debu-debu yang menempel, baik di bagian layar atau komponen jeroannya. Seperti yang kita tahu, debu yang menempel ini juga menjadi salah satu penyebab HP android cepat panas. Dengan cara membersihkannya tentu akan membuat HP lebih dingin sehingga akan maksimal penggunannya.

Untuk debu di bagian kayar bisa kamu bersihkan menggunakan lap khusus yang lembut dan bersih. Bisa juga membuka bagian casing untuk memastikan HP terbebas dari yang namanya debu. Gunakan dust cleaner agar debu di HP bisa lebih mudah dihilangkan. Alat ini sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko yang menjual HP dan aksesorisnya.

6. Tidak Memainkan HP saat dicas

Menghindari kebiasan memainkan HP saat dicharger jugabisa menjadi salah satu cara mendinginkan HP yang paling ampuh. Pasalnya, saat HP dicharger akan ada arus listrik yang masuk ke baterai. Sebaliknya, jika kamu memainkan HP apalagi untuk main game maka yang terjadi adalah arus listrik yang keluar. Jika hal ini dilakukan secara bersamaan maka akan berdampak pada suhu HP yang menjadi cepat panas.

Lagi pulsa memainkan HP saat dicas akan membuat kesehatan HP menjadi menurun. Kondisi paling parahnya bisa membuat baterai atau HP itu sendiri cepat rusak.

7. Menggunakan Charger Original

Dan cara untuk mendinginkan HP android yang terakhir adalah dengan menggunakan charger asli atau bawaan saat akan mengecas HP. Setiap brand HP sudah melakukan perhitungan tegangan yang tepat antara HP dan chargernya. Jika menggunakan charger lain, bisa jadi tegangan yang bisa diterima HP sesuai. Dan ini juga bisa menjadi penyebab HP cepat panas saat discharge atau digunakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mendinginkan HP android yang paling cepat dan mudah bisa kamu terapkan. Lakukan beberapa tips di atas agar HP tidak lagi cepat panas saat digunakan.