Begini! Cara Mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge Pada WhatsApp

52
Begini! Cara Mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge Pada WhatsApp
Begini! Cara Mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge Pada WhatsApp

Begini! Cara Mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge Pada WhatsApp – Whatsapp adalah satu dari banyaknya aplikasi perpesanan singkat yang populer dan banyak di miliki oleh para pengguna smartphone hampir di seluruh dunia. Tak heran, sebab Whatsapp sendiri menyajikan antarmuka yang simple sehingga mudah digunakan untuk orang awam sekalipun. Adapun WhatsApp Business, ini adalah aplikasi dan layanan yang mana di rancang khusus bagi mereka para pelaku usaha kecil hingga menengah. Selain untuk chatting dengan pengguna lain WhatsApp Business juga menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mempromosikan produk, bertransaksi jual beli, dan berkomunikasi selama transaksi berlangsung.

Begini! Cara Mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge Pada WhatsApp

Belum lama ini WhatsApp memperkenalkan fitur baru di mana pemilik bisnis dapat memverifikasi profil WhatsApp Business mereka menggunakan tanda centang hijau atau Verified Badge pada nama bisnis mereka. Tanda Verified Badge pada WhatsApp Business ini mempunyai kegunaan tersendiri bagi para penggunanya. Tanda centang hijau pada WhatsApp Business ini menunjukkan bahwa akun Anda sudah terverifikasi atau bersertifikat bisnis. Salah satu manfaatnya yaitu akun dengan Verified Badge ini mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Mengingat kalau jual beli online kini masih sangat rawan akan penipuan. Banyak kasus penipuan tak terkecuali saat bertransaksi di WhatsApp. Oleh karena itu, kepercayaan pelanggan merupakan hal penting yang harus di miliki seorang pembisnis.

Baca Juga:

Bagi kamu yang belum tahu kalau centang hijau pada WhatsApp hanya tersedia untuk akun WhatsApp bisnis resmi yang artinya tidak bisa digunakan untuk akun pribadi. Sedangkan yang ingin mendapatkan verified badge ini harus terlebih dahulu menggunakan WhatsApp Business API. Dan Anda harus bekerja sama dengan Official Partner WhatsApp Business API dari negara asalnya masing-masing seperti Barantum dan Qontak. Nantinya, Official Partner tersebut akan membantu Anda dalam mendapatkan verified badge pada akun WhatsApp Business setelah berhasil melakukan verifikasi data.

Begini! Cara Mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge Pada WhatsApp

Adapun beberapa langkah untuk mendapatkan tanda centang hijau ini pada WhatsApp Business yang perlu kamu ketahui. Apa saja langkah-langkahnya? Mari simak rangkumannya di bawah ini.

1. Mendaftar Pada Official Partner WhatsApp Business

Langkah pertama untuk mendapatkan lencana hijau pada WhatsApp adalah bekerja sama dengan mitra Official Business Partner atau BSP resmi. BSP merupakan platform yang di dukung oleh WhatsApp secara resmi untuk bisa menyambungkan bisnis penggunanya dengan WhatsApp Business API. Serta akan memberi penggunanya semua manfaat dalam penggunaan API WhatsApp Business. Silahkan melakukan pendaftaran terlebih dulu pada Official Partner seperti Barantum atau Qontak.

2. Membuat Akun Facebook Business Manager

Sebelum bisa melakukan verifikasi akun WA bisnis atas nama Anda, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terlebih dulu. Yang pertama, Anda di wajibkan untuk membuat akun Facebook Business Manager. Akun ini sendiri bekerja sebagai alat Facebook untuk membantu para penggunanya dalam mengelola bisnis biar lebih mudah. Business Manager juga mewajibkan para pengguna untuk mempunyai profil Facebook. Yang mana nantinya pengguna bisa memakai nama dan kata sandi Facebook tersebut untuk mendaftar. Melalui cara ini maka proses login akan menjadi jauh lebih aman ketimbang cuma memanfaatkan penggunaan dari email saja.

Untuk bisa membuat akun kalian perlu mengunjungi situsnya disini. Pada halaman pendaftaran kalian perlu memasukan data seperti nama, alamat email, nama bisnis, dan juga deskripsi singkat mengenai bisnis Anda. Anda juga perlu menyiapkan berkas dokumen seperti SIUP dan NPWP untuk membuktikan bahwa bisnis milik Anda tersebut asli. Perlu di ketahui bahwa pengguna hanya bisa memiliki 2 akun Business Manager dalam waktu secara bersamaan.

3. Mendaftarkan Nomor dan Display Name

Langkah ketiga untuk centang hijau di WhatsApp adalah memilih nomor untuk kamu gunakan. Terlebih dulu pastikan kalau nomor yang akan di pakai tersebut benar-benar aktif dan tidak di pergunakan untuk WhatsApp Messenger milik Anda. Setelah nomor di tentukan Anda dapat mengirimkannya langsung ke pihak WhatsApp. Nomor yang dikirimkan dapat di satukan bersama dengan tampilan nama. Perlu kamu ketahui juga kalau display name nantinya tidak akan bisa kamu rubah lagi. Jadi pastikan nama yang kamu gunakan sudah benar.

4. Barantum atau Qontak Mendaftarkan Menjadi Official WhatsApp Business

Jika kamu sudah memutuskan nomor dan nama tampilan yang nantinya akan di pergunakan, maka pihak Qontak atau Barantum akan segera mendaftarkan nomor serta nama tersebut ke WhatsApp. Selain itu juga mita resmi juga akan menyediakan platform WhatsApp Business API untuk nanti kamu pergunakan.

5. Menunggu Persetujuan Centang Hijau WhatsApp

Selanjutnya langkah akhir untuk mendapatkan Verified Badge dari WhatsApp adalah menunggu WhatsApp meninjau bisnis Anda untuk mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Setelah itu nantinya centang hijau akan muncul dengan sendiri pada akun API WhatsApp Business milik Anda, yang berarti Anda telah menerima Verified Badge. Oleh karena itu, langkah terakhir untuk mendapatkan WA bisnis centang hijau yaitu dengan menunggu pemberitahuan terbaru hingga pengajuan Anda di terima atau di setujui.

Umumnya WhatsApp memerlukan sedikit waktu dalam memproses pengajuan centang hijau tersebut terhitung dari awal pengajuan setidaknya di butuhkan waktu sekitar 1 sampai 3 hari kerja. Namun, dalam beberapa kasus, lencana WA yang di verifikasi akan dikeluarkan hingga seminggu kemudian.

Catatan: Penting untuk kalian ketahui bahwa pihak WhatsApp tidak memverifikasi akun yang menjual produk seperti obat-obatan, produk medis dan perawatan kesehatan, bisnis perjudian, produk tembakau, merek alkohol, hewan hidup, bisnis senjata dan amunisi, produk/layanan dewasa, layanan kencan, dan mata uang kripto.

Penutup

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ni mengenai judul kita yaitu Begini! Cara Mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge Pada WhatsApp. Kalau artikel kita bermanfaat bagi Anda, jangan sungkan untuk membagikannya ke sosial media yaa.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Tombol Power HP Rusak dan Penyebabnya
Artikel SelanjutnyaCara Melihat History Tiktok Video Yang Baru Dilihat
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini