Cara Menampilkan Subtitle Film di Android Paling Mudah

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android – Dulu menonton film hanya bisa dilakukan di televisi maupun bioskop. Namun karena perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat, menonton film sekarang ini sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone. Bahkan sekarang ini sudah hanya banyak sekali aplikasi streaming video yang bisa digunakan oleh pengguna smartphone android khususnya. Sebut saja NetFlix, yang merupakan salah satu aplikasi streaming film terbaik yang bisa kamu install di HP android.

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android
Cara Menampilkan Subtitle Film di Android

Selain streaming film, kamu tentunya juga bisa mengunduh berbagai jenis film atau video di internet untuk nantinya ditonton secara offline di HP android. Berbagai film bisa didownload dengan mudah melalui situs-situs penyedia film. Mulai dari film Indonesia hingga film dari berbagai negara di dunia lainnya. Kualitas video bisa dipilih sesuai kebutuhan, hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas gambar dan audio dari film yang kamu unduh tersebut.

Baca Juga:

Bagi kamu penggemar film asing, subtitle film tentunya menjadi hal terpenting yang tidak boleh dilupakan. Kalau memang sudah lancar berbahasa asing sih subtitle film tidak terlalu dibutuhan. Beberapa film umumnya sudah dilengkapi dengan subtitle masing-masing, termasuk subtitle Bahasa Indonesia. Kalaupun tidak disediakan, maka kamu bisa mengundu subtitle film secara manual melalui situs-situs tertentu. Namun terkadang kita bingung bagaimana cara memasang dan menampilkan subtitle film yang sudah diunduh tersebut. Tenang saja, di bawah ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara menampilkan subtitle film di android yang mudah pastinya.

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android Paling Mudah

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android Paling Mudah
Cara Menampilkan Subtitle Film di Android Paling Mudah

Menampilkan subtitle film di PC atau laptop mungkin terbilang mudah, karena kita bisa memasukkan subtitle secara langsung. Namun tidak berlaku untuk HP android, kamu tidak bisa secara langsung memasukkan subtitle pada film layaknya di PC atau laptop. Di sini kamu masih perlu aplikasi pemutar video tambahan yang harus diinstall terlebih dahulu.

Ada banyak sekali aplikasi pemutar video di android yang memungkinkan untuk dipasang subtitle film. Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan yakni MX Player. Aplikasi satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk memutar video saja, melainkan juga audio. Adapun cara menampilkan subtitle film di android pada MX Player selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama pastinya kamu perlu menginstall aplikasi MX Player di HP androidmu. Jika sudah, sekarang langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pastikan kamu sudah mengunduh film beserta subtitle-nya sesuai kebutuhan. Sekarang kamu pilih open dan cari film yang ingin kamu putar melalui MX Player tersebut.
  • Sebelum memutar film, perlu diperhatikan pada judul film tersebut apakah ada lambang bertuliskan SRT atau tidak. Jika memang ada, berarti film tersebut sudah dilengkapi dengan subtitle, jadi kamu tidak perlu menambahkan subtitle lagi. Namun, jika memang tidak ada lambang tersebut berarti kamu bisa menambahkan subtitle secara manual.
  • Untuk menambahkan subtitle pada film, kamu putar terlebih dahulu film yang ingin diberi subtitle tersebut. Selanjutnya klik titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi Text Film.
  • Selanjutnya kamu cari subtitle film yang ingin kamu tampilkan di video tadi. Klik subtitle tersebut, maka secara otomatis proses memasukkan subtitle film akan dimulai.
  • Biasanya teks subtitle akan langsung muncul di bagian bawah tampilan film.

3 Jenis Aplikasi Pemutar Video Android yang Support Subtitle

Jika aplikasi MX Player menurutmu kurang bagus dan fiturnya kurang lengkap, aplikasi lain bisa coba kamu jadikan pilihan. Beberapa aplikasi mungkin dibekali dengan fitur yang lebih lengkap sehingga lebih memanjakan pengguna saat menonton video. Adapun jenis aplikasi video player lain di android yang support subtitle, antara lain:

1. KMPlayer

Sebagian besar dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi pemutar film terbaik di android satu ini. KMPlayer terlebih dahulu hadir untuk perangkat PC atau laptop, namun sekarang juga dihadirkan versi androidnya. Tidak jauh bebeda dengan KMPlayer di PC, KMPlayer di android ini juga punya banyak sekali fitur menarik yang pastinya akan sangat memanjakan para peminatnya.

Menggunakan aplikasi KMPlayer ini memungkinkan kamu menonton video atau film dengan kualitas super HD yang nyaman dipandang mata. Selain itu, pastinya aplikasi KMPlayer juga support dengan subtitle yang dipasang secara manual. Aplikasi besutan PANDORA.TV ini juga support dengan berbagai format subtitle dan video. Kapasitasnya juga terbilang ringan yakni hanya 24MB saja, sehingga akan tetap lancar meskipun dijalankan di HP berspesifikasi standar.

2. BSPlayer FREE

Aplikasi bernama BSPlayer FREE ini juga memungkinkan kamu menambahkan subtitle Bahasa Indonesia secara manual. Cara untuk menambahkan subtitle film di BSPlayer FREE ini juga sangat mudah, bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya dengan tanpa ditemukannya kesulitan sama sekali. Aplikasi BSPlayer FREE ini juga sudah mendukung berbagai format video, mulai dari MP4, MKV, AVI, FLV, DIVX, MPG, MOV, M4V, MTS dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi pemutar video besutan BSPlayer Media ini dibekali dengan user interface yang sederhana, sehingga cukup mudah digunakan. BSPlayer FREE juga termasuk aplikasi video player yang cukup populer digunakan. Terbukti sudah ada lebih dari 10 juta pengguna yang menginstall aplikasi satu ini. Ukurannya juga terbilang ringan sehingga akan tetap lancar meskipun dijalankan di HP berspesifikasi standar.

3. Pemutar Video Semua Format – Xplayer

Dan jenis aplikasi untuk memutar video di android yang support subtitle terakhir yakni Xplayer. Aplikasi satu ini juga memungkinkan kamu menambahkan subtitle film secara manual, bahkan subttile yang kamu unduh melalui internet. Sama seperti aplikasi sebelumnya, menambahkan subtitle pada file melalui Xplayer ini juga sangat mudah dan simple.

Aplikasi besutan InShot Inc. ini juga sudah mendukung berbagai format video, mulai dari AVI, MP4, 3GP, MKV, MOV, M4V, WMV, FLV, TS, RMVB dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan menariknya lagi, melalui Xplayer ini memungkinkan kamu memutar video hingga beresolusi 4K.

Penutup

tulah tadi cara menampilkan subtitle film di android yang paling mudah dan simple bisa coba kamu terapkan. Salah satu aplikasi di atas bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan keinginan. Jangan lupa juga share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.