Cara Menampilkan Nama Kontak WhatsApp yang Hilang

Cara Menampilkan Nama Kontak WhatsApp yang Hilang Kini, siapa yang tak tahu aplikasi perpesanan WhatsApp? Ya, aplikasi yang biasa disebut WA ini sangatlah populer digunakan oleh banyak pengguna HP di seluruh dunia, mau itu pada smartphone Android ataupun iPhone. Beberapa tahun terakhir ini WA telah populer melalui layanannya yang simple dan gampang dipakai. Berbeda sama BBM yang booming pada tahun 2010 lalu, dimana ia memakai PIN sebagai kode antar usernya, pada WA ini sudah terintegrasi langsung sama nomor telepon. Jadi, jika kita sudah menyimpan nomer HP seseorang yang sudah memakai aplikasi WA, maka kontak WAnya secara otomatis sudah terdaftar pada perangkat ponsel pintar.

Cara Menampilkan Nama Kontak WhatsApp yang Hilang

Nah pada umumnya ketika nomer seseorang yang memakai WhatsApp sudah kita save ke aplikasi Kontak HP, maka biasanya akan tampil nama kontak sesuai sama yang kita tentukan. Dengan kata lain yang tadinya cuma tertera nomornya saja sebagai identitas, pada saat sudah di save maka akan otomatis menampilkan nama kontak. Akan tetapi, ada sebagian pengguna mungkin juga kalian salah satunya, yang mengalami error pada nama kontak WA mereka. Error tersebut terletak pada nama suatu kontak WA yang hilang secara tiba-tiba. Tentu saja, dengan munculnya masalah ini akan membuat sebagian pengguna merasa kesal untuk mengalaminya. Sebab, kalau ada suatu pesan atau telepon masuk dari WA maka nama si penelpon tidak hadir dan membuat bingung.

Baca Juga:

Jika anda sudah mengalami masalah ini, agar tidak membuat jengkel, segeralah untuk mencoba memperbaikinya ya. Ini akan sangat disarankan sekali, sebab saya pribadi sudah pernah mengalami hal ini. Untuk bisa menyelesaikan error sistem ini sendiri tentunya terdapat beberapa cara yang bisa kalian gunakan ya. Tenang, gak usah bingung, sebab pada artikel kali ini Bukandroid sudah berhasil merangkum beberapa Cara Menampilkan Nama Kontak WhatsApp yang Hilang. Tentu tak semua metode yang akan saya bagikan ini langsung saja berfungsi kepada HP anda ya, karena setiap error terkadang juga memiliki penyebab yang berbeda. Jadi, pastikan untuk mencoba semua langkahnya terlebih dulu.

Cara Menampilkan Nama Kontak WhatsApp yang Hilang

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan dalam menampilkan nama kontak WA seperti sediakala. Dimana semua metode tersebut sudah terangkum dengan lengkap pada isi artikel kita dibawah ini.

1. Teliti Mengisi Nama Kontak

Teliti Mengisi Nama Kontak

Langkah ini wajib kamu lakukan pertama kali sebelum serius melangkah ke cara berikutnya. Karena bisa saja secara tidak sengaja di saat kita menyimpan nomer kontak WA tersebut lupa mengisi bagian kolom Nama. Hal ini sendiri pribadi saya rasakan 2 atau 3x secara tidak sadar, yang mana saya menyimpan kontak WA lupa memberinya nama. Alhasil kontak masih terlihat nomernya ketika menelpon atau mengirim pesan WA kepada saya. Nah yang perlu kamu lakukan cukup lah mudah ya jika memang hal semacam ini terjadi juga kepada kalian. Cukup kamu cek pada Aplikasi Kontak HP, dan Cari nama yang berisikan nomer saja, maka itulah kontak WhatsApp yang kamu simpan tapi belum terisi namanya.

2. Periksa Daftar Block WhatsApp

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada perangkat lunak perpesanan WA ini mempunyai sebuah fitur blokir kontak yang berfungsi sebagai pembatasan suatu tindakan yang tidak kita inginkan kepada orang tertentu. Wajar saja, kalau sering kali kita pergunakan fitur tersebut untuk memblokir seseorang bukan? Namun, bagaimana kalau kasusnya kita tidak sengaja atau lupa untuk membuka block kontak itu lagi. Yang mana secara tidak sadar mengakibatkan kita tidak dapat menemui kontak WAnya. Oleh karena itu, untuk mengatasi kontak WhatsApp yang hilang, cobalah untuk memeriksa pada bagian daftar blockir milikmu. Yang barangkali tiadk sengaja atau lupa sebelumnya telah di blok.

Periksa Daftar Block WhatsApp

Berikut dibawah ini langkah-langkah dalam memeriksa kontak terblokir :

  1. Buka app WhatsApp anda
  2. Setelah itu klik Setelan yang terletak pada opsi titik tiga sudut kanan atas
  3. Kemudian klik menu Akun, tekan juga menu Privasi
  4. Dan buka Kontak Terblokir
  5. Lalu periksalah, apakah terdapat nama yang kamu cari disana
  6. Jika berhasil menemukannya, cukup pilih Kontak tersebut dan tekan tombol Buka Blokir.

3. Izinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Yang perlu kamu periksa lagi ketika mengalami daftar nama kontak WA yang hilang yaitu, pastikan bahwa WA yang terinstall pada HP kamu telah mendapatkan izin mengakses kontak nomer. Walaupun, secara default sewaktu pertama di install WA sudah otomatis mengaktifkan mode permission dalam mengakses kontak. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan kalau ada terjadi kesalahan secara tidak sengaja maupun sengaja yang mengakibatkan izin akses tersebut ternonaktifkan. Jika WA tidak diberikan izin tersebut, maka ia tidak akan dapat menampilkan daftar nama kontak pada WA. Maka dari itu penting untuk melakukan langkah dibawah ini dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Izinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Berikut dibawah ini langkah dalam memastikan izin akses WhatsApp terhadap nomer kontak HP :

  1. Buka terlebih dulu menu Pengaturan pada smartphone milikmu
  2. Klik opsi Apps & Notifications
  3. Lalu ketik menu Manage Apps
  4. Jika sudah, maka gulir sedikit kebawah dan pilih WhatsApp
  5. Selanjutnya tekan App Permissions dan pilih Contact
  6. Pastikan sudah mengaktifkan aksesnya dengan memilih Allow atau Mengizinkan.

4. Mengatur Sinkronisasi WhatsApp

Pada situs resmi WhatsApp sendiri menyarankan pengguna untuk melakukan pengaturan ulang dalam sinkronisasi data Pada aplikasi WA jika mengalami masalah, seperti penampilan nama kontak yang berupa angka. Sebab, bisa saja sinrkonisasi pada sistem HP kepada WA mengalami kendala atau kesalahan sistem yang mengakibatkan nama daftar WA kita hilang tergantikan nomornya saja. Maka dari itu, kalau 3 cara di atas belum berhasil juga kamu lakukan dalam menyelesaikan masalah ini, cobalah untuk mempraktikan langkah satu ini ya.

Mengatur Sinkronisasi WhatsApp

Berikut ini cara bagaimana melakukan sinkronisasi WA terhadap kontak HP :

  1. Pertama-tama masuk kedalam menu Pengaturan HP
  2. Dan gulir sedikit kebawah klik menu Account atau Akun
  3. Pilih WhatsApp, lalu pastikan bahwa Sync Contacts telah aktif yang biasanya bewarna biru
  4. Kemudian tekan opsi More dan klik Sync Now
  5. Dengan begitu maka kalian sudah Berhasil melakukan sinkronisasi.

5. Update WhatsApp

Pastikan juga kalau aplikasi WhatsApp milik kalian sudah dalam keadaan terupdate ya. Karena pada setiap update yang dilakukan oleh developer selain menambahkan fitur ialah tentu melakukan perbaikan pada setiap masalah pada aplikasi mereka. Oleh sebab itulah, penting untuk mengupdate sebuah perangkat lunak yang mana updatenya sudah tersedia pada Google Play Store.

Penutup

Cukup sekian isi dari pembahasan kita kali ini ya, di harapkan setelah membaca artikel ini dapat membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut. Jangan lupa juga untuk share artikel kita ke temen-temen, sampai jumpa di lain waktu yaa, terimakasih.

Jimi Mandara
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Mandara, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini