3 Cara Menampilkan Layar HP Ke Laptop atau PC

Cara Menampilkan Layar HP Ke Laptop atau PC – Smartphone android sudah menjadi salah satu gadget paling banyak diminati sekarang ini. Apalagi dengan semakin ramainya vendor smartphone yang berlomba-lomba menghadirkan HP android terbaru mereka. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ada beberapa smartphone yang dibekali dengan spek dewa layaknya sebuah laptop. Meski begitu, tetap saja ukuran layarnya masih jauh lebih kecil daripada laptop.

Cara Menampilkan Layar HP Ke Laptop

Terkadang beberapa pengguna juga merasa kurang puas dengan tampilan layar smartphone android yang terlalu kecil. Akhirnya mereka berpikir bagaimana cara agar layar smartphone bisa terlihat lebih jelas dan luas. Salah satu caranya adalah dengan menghubungkan layar android ke layar laptop atau PC. Emang bisa? Tentu bisa dong, mudah lagi!

Baca Juga:

Bagi kamu yang masih pemula mungkin belum terlalu percaya kalau layar android bisa ditampilkan di layar laptop atau PC. Untuk melakukannya kamu butuh yang namanya aplikasi pihak ketiga yang memang difungsikan untuk aktivitas tersebut. Daripada semakin penasaran, berikut ini adalah cara menampilkan layar HP ke laptop atau PC yang mudah bisa kamu terapkan.

Cara Menampilkan Layar HP Ke Laptop atau Komputer

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara menampilkan layar HP ke PC atau laptop bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini memang khusus diciptakan untuk memudahkan pengguna menghubungkan HP android dengan PC atau laptop. Adapun langkah-langkah menghubungkan layar android ke PC atau laptop, di antaranya:

1. Menggunakan Aplikasi AirDroid

Cara menampilkan layar HP ke laptopa atau komputer yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama AirDroid. AirDroid ini sendiri merupakan aplikasi khusus yang difungsikan untuk menghubungkan perangkat android dengan PC melalui jaringan nirkabel. Ya, di sini kamu tidak perlu menggunakan kabel data untuk bisa menghubungkan kedua perangkat tersebut.

Aplikasi AirDroid ini juga bisa digunakan sebagai aplikasi file manager dengan mengaksesnya melalui PC atau laptop. Mengenai cara menghubungkan perangkat android ke komputer juga terbilang sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pastikan kamu sudah memiliki akun AirDroid. Kalau belum kamu bisa membuatnya terlebih dahulu melalui link ini.
  • Pada HP android kamu juga perlu menginstall aplikasi AirDroid melalui link ini.
  • Setelah diinstall, langsung kamu jalankan aplikasi AirDroid tersebut. Selanjutnya login ke akun AirDroid yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Untuk menghubungkan HP android dengan PC atau laptop, kamu perlu mengakses web AirDroid di browser. Klik di sini.
  • Pastikan kamu sudah masuk ke akun AirDroid sama dengan yang ada di akun AirDroid HP. Perlu diingat juga, agar bisa terhubung pastikan kedua perangkat sudah terkoneksi pada jaringan yang sama via Local Connection Mode.

2. Menggunakan Screen Mirror

Screen Mirror juga bisa menjadi pilihan untuk menerapkan cara menampilkan layar HP ke laptop atau komputer. Sama seperti AirDroid, menghubungkan layar HP dengan komputer menggunakan Screen Mirror juga sangat mudah dilakukan. Bahkan bagi pemula sekalipun juga bisa melakukannya dengan mudah.

Aplikasi Screen Mirror ini sendiri dibuat oleh Smart Dato cGmBH yang mana sudah ada lebih dari 1 juta pengguna aktif yang menggunakannya. Adapun cara menghubungkan HP ke PC dengan Screen Mirror, di antaranya:

  • Pertama kamu perlu menginstall terlebih dahulu aplikasi Screen Mirror melakui link ini.
  • Setelah diinstall, selanjutkan kamu nyalakan Wifi Hotspot di smartphone android (tethering jaringan).
  • Jika sudah, kamu hubungkan laptop atau PC ke Wifi Hotspot smartphone yang dinyalakan tadi.
  • Pada laptop atau PC, kamu akses web Screen Mirror melalui browser. Klik link ini.
  • Buka aplikasi Screen Mirror yang sudah diinstall di HP android tadi, kemudian lakukan scan kode QR yang ditampilkan di web Screen Mirror di PC.
  • Secara otomatis layar HP android akan langsung ditampilan di layar laptop atau PC.

Agar cara ini berhasil, pastikan tidak ada perangkat lain yang terhubung dengan wifi hotspot dari smartphone yang dinyalakan tadi. 

3. Menggunakan Vysor

Cara menampilkan layar HP ke laptop berikutnya juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi Vysor. Aplikasi satu ini dibuat oleh ClockworkMod yang juga memungkinkan pengguna melihat dan mengontrol HP android melalui layar laptop atau PC. Cara penggunaannya juga sama mudahnya seperti yang di atas. Adapun langkah-langkah menghubungkan HP android ke laptop melalui Vysor, sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar layar HP bisa tampil di laptop melalui Vysor adalah dengan mengaktifkan USB Debugging android terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan USB Debugging sendiri berbeda-beda di setiap perangkat. Lebih jelasnya bisa kamu baca di sini. Cara Mengaktifkan USB Debugging Android
  • Jika USB Debugging sudah diaktifkan, selanjutnya kamu perlu menginstall aplikasi Vysor di perangkat android melalui link ini.
  • Lanjut ke perangkat laptop atau PC, kamu buka browser Chrome lalu pasang Ekstensi Vysor melalui link ini.
  • Jalankan Vysor di HP android dan juga laptop agar nantinya kamu bisa mengakses android melalui layar laptop. Hubungkan kedua perangkat tersebut dengan kabel data atau USB. Secara otomatis layar HP akan langsung tampil di layar smartphone.

Dengan cara ini kamu bisa melakukan hal apapun pada HP android melalui layar laptop atau PC. Mulai dari menghapus atau menginstall aplikasi, bermain game dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menampilkan layar HP ke laptop atau PC paling mudah bisa kamu terapkan. Ini juga bisa kamu jadikan alternatif jika ingin main game android namun dengan tampilan layar yang lebih luas yakni melalui layar laptop atau komputer.