Cara Mudah Menampilkan Layar HP di PC atau TV Tanpa Root

Cara Mudah Menampilkan Layar HP di PC atau TV Tanpa Root – Apakah anda merasa kalau layar smartphone android yang anda gunakan sekarang terasa sangat kecil ?, walau pun layar nya sudah terbilang Full HD atau bahkan HD+. Untuk ukuran fisik nya saja tidak lah lebih dari 6 inc, sedangkan untuk ukuran tablet sekali pun hanya sebesar 12 inc, masih kalah lega kalau kita bandingkan dengan menggunakan layar PC atau juga TV LED yang mana memiliki ukuran rata rata di atas 16 inc. Kabar baik nya di masa modern yang meliputi perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini kita telah bisa menampilkan layar hp kita ke dalam layar PC atau pun TV, dan bahkan proyektor juga. Tentu hal tersebut akan membuat kita sangat nyaman ketika sedang bermain game atau juga menonton video yang menuntut kita mempunyai layar lebih lebar agar bisa lebih puas.

Cara Mudah Menampilkan Layar HP di PC atau TV Tanpa Root

Bukan hanya mempermudah kita ketika bermain game dan menonton film, dengan menggunakan layar yang lebih lebar kita dapat melihat serta mencari file dokument dengan lebih mudah yang mana pasti nya akan sangat kalian butuh kan bila sedang lagi melakukan persentasi pekerjaan dan lain sebagai nya. Sayang nya tidak semua orang mengerti dan tahu bagaimana mengaplikasi kan hal tersebut, oleh karena itu lah pada artikel kali ini saya akan membagikan ke pada kalian beberapa cara jitu agar bisa menyambungkan layar smartphone ke dalam PC atau pun TV.

Pada dasar nya untuk bisa menampilkan layar smartphone android kita ke monitor PC atau laptop sebenar nya dapat kita lakukan dengan cukup mudah, dengan menggunakan kabel MHL atau juga HDMI Wireless seperti anycast dan ezcast. Akan tetapi sangat di sayang kan kedua alat tersebut tidak termasuk ke dalam paket pembelian pada semua mayoritas smartphone android sekarang ini, apa lagi wireless wifi yang harga mencappai ratusan ribu rupiah. Bagi kalian yang mau menampilkan layar android ke layar monitor PC atau pun laptop bisa mencoba menggunakan sebuah aplikasi yang mana akan kita bahas beberapa aplikasi yang dapat membantu dalam masalah kalian ini cukup dengan menggunakan kabel USB biasa.

Dan untuk menyambungkan layar handphone android ke dalam TV LED bisa dengan mudah di lakukan dan tidak banyak orang yang tahu bagaimana untuk menampilkan nya. Cara ini sendiri umum nya di gunakan sebagai Mirroring dan salah satu fitur sebagai alat bantu kerja yang biasa nya di sebut sebagai Miracast. Tetapi, aplikasi Miracast ini hanya bekerja kepada perangkat keras Display, yang mana artinya adalah ia tidak akan berfungsi pada perangkat Laptop atau pun PC. Tapi anda tidak usah khawatir, pada kesempatan kali ini saya juga akan membahas aplikasi berupa Miracast yang tetap bisa juga di hubungkan kepada PC dan Laptop.

Cara Mudah Menampilkan Layar HP di PC atau TV Tanpa Root

Sebelum anda melakukan beberapa cara yang telah saya ringkas di bawah, ada baik nya untuk menyiapkan terlebih dahulu alat alat yang mau kita gunakan, yaitu seperti menyiapkan kabel usb, hp dengan spesifikasi minimal mempunyai RAM 1 GB, PC atau TV yang mau kalian gunakan. Ok, selain menggunakan alat alat yang tadi, untuk bisa memunculkan layar hp android kita ke TV atau PC kita memerlukan aplikasi pihak ketiga yang akan kita pakai agar perangkat keras yang di gunakan dapat terhubung dengan baik. Tanpa basa basi lagi langsung saja ikuti tutor di bawah dan sesuaikan dengan alat yang akan kalian gunakan.

1. Menggunakan Aplikasi BBQ Screen

Aplikasi BBQScreen ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk anda gunakan, yang mana bisa kita instal di dalam pc atau langsung pada hp kita juga bisa, jadi pada inti nya aplikasi ini terbagi menjadi 2 jenis platform. Untuk versi android nya sendiri bisa kalian download melalui Play Store, dan penting kalian tau bahwa BBQScreen ini merupakan salah satu aplikasi berbayar, tetapi jangan kawatir sebab dengan melakukan pembayaran seperti ini maka kita tidak akan lagi merasa terganggu dengan ada nya iklan yang sering kali muncul pada aplikasi gratisan. Atau kamu bisa juga memiliki aplikasi BBQ Screen tersebut dengan cara mendownload apk nya dari Google. Untuk tutorial penggunaan nya sendiri bisa kalian baca beberapa langkah yang ada di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah menginstal aplikasi BBQScreen terlebih dahulu pada perangkat smartphone yang kamu punya.
  2. Setelah itu lanjut dengan mengunjungi situs BBQScreen melalui aplikasi browser pada perangkat keras PC kamu.
  3. Lalu download lah aplikasi tersebut dan sesuaikan terlebih dahulu dengan sistem operasi PC yang anda gunakan. Kalau PC anda menggunakan PC memakai Windows 64 bit, maka pilih lah yang bertipe 64 bit juga.

    Menggunakan Aplikasi BBQ Screen

  4. Setelah di download, maka langsung saja instal pada perangkat komputer atau pun laptop anda, lalu masukan IP config kamu.
  5. Untuk bisa mengetahui IP Config kamu sangat lah mudah, yaitu dengan cara menggunakan “Command Prompt” atau CMD, kemudian kalian ketik kan “ipconfig –a” (ingat copas tanpa tanda petik ya).
  6. Kemudian bukak aplikasi BBQScreen untuk android dan klik tombol ON.
  7. Selanjut nya silahkan kamu lihat IP Adress kamu di aplikasi tersebut.
  8. Kalau IP Adress nya tidak muncul, silahkan cek terlebih dahulu lagi jaringan koneksi internet kamu.
  9. Lihat IP Adress yang tampil pada aplikasi BBQScreen untuk android tadi.
  10. Jika sudah, silahkan tulis kan IP Adress tadi ke dalam aplikasi BBQScreen yang sudah kalian instal sebelum nya pada perangkat PC anda.
  11. Done, kini layar tampilan pada Smartphone kamu telah terhubung dengan layar PC.

2. Mengelola Dengan Aplikasi AirDroid

Tidak hanya menjadi sebuah aplikasi yang dapat menampilkan layar hp ke monitor PC, aplikasi AirDroid ini juga bisa berfungsi sebagai file manager yang di kontrol dan akses melalui PC walaupun fitur nya terbilang terbatas. Agar bisa menghubungkan HP ke PC dengan menggunakan aplikasi ini, kalian harus lah terlebih dahulu membuat mereka saling terhubung di satu jaringan wifi yang sama via local Connection Mode. Lalu masuk lah melalui web yang di sediakan oleh Airdrop pada komputer browser anda atau juga program AirDroid yang terinstal pada PC. Untuk tutor pemasangan lengkap nya kalian dapat membaca ringkasan kecil yang ada di bawah ini.

Mengelola Dengan Aplikasi AirDroid

  1. Download dan instal terlebih dulu aplikasi AirDroid tersebut di smartphone kamu, lalu download juga aplikasi AirDroid untuk PC.
  2. Pastikan kalau PC dan HP telah terkoneksi di satu jaringa wifi yang stabil.
  3. Setelah itu silahkan buka aplikasi AirDroid pada PC kamu, kemudian klik tombol bericon teropong yang berada di bagian kiri, lalu pilih smartphone android kamu, maka tidak lama dari itu akan muncul sebuah tampilan menu.
  4. Kalian bisa pilih Airmirror untuk mirroring dengan control penuh dan View Only Mode untuk screencast.
  5. Jika layar tampilan hp android kalian telah muncul, kalian bisa klik full screen agar bisa memperbesar layar tampilan nya.

3. Menggunakan Aplikasi Droid Screen

Cara lain agar bisa menampilkan layar hp ke PC adalah dengan cara menggunakan aplikasi DroidScreen. Bukan cuman untuk bisa menyambungkan HP ke PC, dengan menggunakan aplikasi ini juga bisa mempermudah kita yang mau menampilkan layar smartphone ke TV LED, mau pun Proyektor. Hanya saja untuk kekurangan nya sendiri aplikasi ini tidak cocok untuk kalian yang tidak mau ribet, sebab dalam penggunaan nya juga kalian akan di suruh banyak menginstal aplikasi dan melakukan Debuging USB. Salah satu yang paling ribet dalam penggunaan aplikasi ini adalah kalian nanti nya akan di suruh mendownload Android SDK yang jelas tidak semua kalangan orang mengenal software tersebut dan cara penggunaan nya. Tapi, jika kamu tidak masalah dengan hal ini, bisa lanjut membaca cara penggunaan nya lebih jelas di bawah berikut.

Menggunakan Aplikasi Droid Screen

  1. Buka aplikasi DroidScreen pada hp android kamu, gunakan bootable android yang di taruh di USB, kemudian tinggal anda colok maka akan langsung tampil sebuah layar smartphone kamu.
  2. Akan tetapi untuk proses penginstalan nya lumayan rumit, yang mana bisa kalian baca langsung melalui link alamat website nya disini.

4. Memakai Aplikasi Vysor

Vysor merupakan salah satu aplikasi yang sangat baik dalam hal menghubungkan layar smartphone ke PC. Untuk penggunaan nya sendiri tergolong mudah, cara lengkap penggunaan nya bisa kalian baca di bawah.

Memakai Aplikasi Vysor

  1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan USB Debugging terhadap handphone yang akan kita gunakan.
  2. Agar bisa mengaktifkan fitur USB Debugging ini, kita hanya perlu masuk ke dalam Developer Mode.
  3. Pada setiap merk smartphone pasti lah berbeda beda dalam hal mengaktif kan nya, yang mana bisa kalian tanya lengkap melalui Google nanti nya dengan menyesauikan nya dengan merk hp yang anda gunakan, akan tetapi pada umum nya akan terlihat sama. Pertama setelah masuk ke dalam menu Developer Mode, lalu pilih info Buil Number, atau bisa juga kalian temukan opsi Build Number tersebut di Pengaturan hp anda. Nah di sini kalian hanya perlu melakukan tap sebanyak 7 kali, lalu tidak lama kemudian akan muncul sebuah pemberitahuan kalau HP kalian sudah masuk ke dalam Mode Developer.

    Memakai Aplikasi Vysor

  4. Apabila anda telah masuk ke dalam Developer Mode tadi, maka akan secara otomatis aktif USB Debugging.
  5. Langkah selanjut nya yaitu mendownload aplikasi Vysor di smartphone kalian.
  6. Lalu kalian buka browser Chrome di PC.
  7. Kemudian pasang lah extension Vysor di browser Chrome kalian tersebut dan jalankan aplikasi Vysor.

    Memakai Aplikasi Vysor

  8. Berikut nya ialah membuka aplikasi Vysor yang ada pada HP dan PC kamu tadi, kemudian nanti nya kamu akan di minta menghubungkan kedua perangkat keras tersebut dengan menggunakan kabel USB.
  9. Setelah terhubung, maka secara otomatis aplikasi Vysor yang terdapat di extension browser tadi akan mendeteksi dan memuncul kan tampilan android ke PC secara otomatis.

Apabila sudah terhubung, maka kini kalian sudah dapat bernavigasi melalui perangkat PC anda. Dalam penggunaan nya nanti akan sama persis dengan kita menggunakan hp android seperti biasa nya, jika anda mau merasakan sensasi fitur yang lebih lengkap, maka bisa membeli nya dengan versi yang berbayar.

Penutup

Baik lah sekian dari saya pada artikel kali ini, selalu teliti ketika mempraktekkan setiap instruksi yang telah saya berikan di atas. Jangan lupa share artikel ini, dengan cara menekan salah satu opsi share di bawah ini.