Cara Menambahkan Musik di Instagram Storie

Cara Menambahkan Musik di Instagram Storie – Di era modern seperti sekarang ini, media sosial sudah menjadi dunia kedua bagi banyak orang. Khususnya bagi mereka yang ingin selalu eksis di dunia maya yang jangkauannya lebih luas. Berbicara mengenai media sosial, ada banyak platform yang populer digunakan. Salah satu platform media sosial yang paling populer digunakan adalah Instagram. Sejak diakuisisi oleh perusahaan Facebook Inc, Instagram semakin berkembang dengan sangat pesatnya.

Cara Menambahkan Musik di Instagram Storie
Cara Menambahkan Musik di Instagram Storie

Instagram hadir dengan fitur yang semakin kaya, tentunya membuat minat pengguna gadget semakin bertambah. Buktinya, sekarang ini sudah ada lebih dari 1 miliar pengguna yang menginstall aplikasi Instagram di smartphone mereka. Salah satu fitur Instagram yang membuat banyak pengguna tertarik adalah fitur Insta Story atau Instagram Storie. Fitur satu ini memungkinkan pengguna berbagi momen atau cerita dalam bentuk foto ataupun video. Menariknya, cerita yang sudah diunggah di InstaStory tersebut akan otomatis terhapus jika sudah lewat waktu 24 jam.

Baca Juga:

Saat awal mula diluncurkan, fitur Instagram Storie hanya bisa mengunggah foto dan video. Tetapi, sekarang ini ada yang baru yakni fitur Instagram Music. Fitur ini sebenarnya sudah lama ada, namun untuk pengguna di Indonesia belum bisa menggunakannya. Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan musik atau lagi di Instagram Stories mereka. Penasaran dengan cara menambahkan musik di Instagram sotire tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Cara Menambahkan Musik di Instagram Storie Paling Mudah

Untuk menambahkan lagu di InstaStory, setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu terapkan. Cara pertama dengan memanfaatkan VPN dan kedua menggunakan bantuan aplikasi alternatif untuk menambahkan musik. Informasi selengkapnya mengenai cara menambahkan musik di Instagram Storie, sebagai berikut:

Menggunakan Filter Instagram Music Secara Resmi

Menggunakan Filter Instagram Music
Menggunakan Filter Instagram Music

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fitur Instagram Music ini hanya tersedia untuk pengguna di beberapa negara saja. Negara yang dimaksud yakni Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis, Swedia, Australia, dan Selandia Baru. Untuk wilayah Indonesia belum bisa mendapatkan fitur tersebut di aplikasi Instagram. Namun tidak perlu berkecil hati, ada kok cara lain agar bisa menggunakan filter Instagram Music yakni dengan memanfaatkan aplikasi VPN.

Kamu tinggal menginstall aplikasi VPN di HP androidmu, kemudian setting ke server negara yang mendapatkan fitur Instagram Music. Cara selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi VPN di HP androidmu. Banyak sekali aplikasi VPN yang bisa kamu temukan di Google Play Store, salah satunya adalah TunnelBear VPN. Install aplikasi tersebut, kemudian buat akun TunnelBear dan hubungkan ke server negara yang mendapatkan fitur Instagram Music seperti yang sudah disebutkan di atas.
  • Jika sudah berhasil, selanjutnya buka aplikasi Instagram dan login ke akun Instagram pribadimu seperti biasa.
  • Untuk mulai membuat storie atau cerita, kamu klik ikon Instagram Storie dan pilih foto atau video yang ingin diunggah di Storie Instagram-mu.
  • Selanjutnya klik ikon Stiker atau dengan mengusap layar ke atas hingga keluar beberapa pilihan opsi stiker.
  • Sekarang kamu pilih opsi Music, maka nanti akan muncul halaman opsi lagu yang bisa kamu pilih. Pilih musik atau lagu yang ingin kamu jadikan stiker atau musik latar di Storie Instagram.
  • Sebelum mengunggah, kamu juga bisa mengatur terlebih dahulu bagian musik mana yang ingin dijadikan stiker musik, caranya dengan menggeser slider. Selain itu, bisa juga mengatur durasi lagu yang kamu inginkan dengan cara klik ikon Durasi.
  • Jika semua dirasa sudah pas, selanjutnya klikĀ  tombol Done yang ada di sebelah kanan atas.
  • Sekarang kamu tinggal mengatur posisi stiker musik pada storie, kemudian pilih opsi bagikan storie yang diinginkan. Baik itu membagikan untuk publik melalui opsi Your Story ataupun hanya ke teman-teman terdekat melalui opsi Close Friend.

Musik atau lagu sudah berhasil kamu tambahkan ke Instagram Storie yang kamu bagikan. Perlu di ingat, stiker musik yang kamu tambahkan tersebut ternyata tidak bisa diputar oleh pengguna lain yang tidak menggunakan VPN atau yang tidak berada di negara  dengan fitur Instagram Storie.

Menggunakan Aplikasi Alternatif Pebambah Lagu Instagram Storie

Menggunakan Aplikasi Alternatif Pebambah Lagu Instagram Storie
Menggunakan Aplikasi Alternatif Pebambah Lagu Instagram Storie

Selain menggunakan filter Instagram Music, ada cara lain untuk menambahkan musik di InstaStory. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi alternatif bernama  Storybeat. Untuk fungsinya masih sama, yakni menambahkan lagu pada Instagram Storie. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi Storybeat melalui Google Play Store.
  • Beri izin aplikasi dengan klik tombol Allow.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu pilih opsi Add music to photos or video untuk mulai menambahkan musik.
  • Sekarang kamu pilih foto atau video yang ingin ditambahkan musik atau lagu, lalu klik tombol Next.
  • Selanjutnya yakni menambahkan musiknya dengan cara klik ikon + yang ada di bagian bawah tampilan, lalu pilih salah satu opsi menambah musik yang diinginkan. Opsi Search Music untuk mencari musik secara online,opsi Add song from your library untuk menambahkan musik melalui library (offline), dan opsi Add sound effect untuk menambahkan sound effect.
  • Jika sudah memilih musik yang diinginkan, selanjutnya klik tombol Add.
  • Untuk menyimpan kamu klik tombol Save. Selanjutnya klik ikon Download yang ada di bagian bawah, lalu pilih opsi Free dengan Watermark dan klik tombol Continue untuk melanjutkan.
  • Sekarang kamu bisa membagikannya di Instagram Storie dengan cara klik Share video, kemudian pilih opsi Storie Instagram. Selanjutnya kamu tinggal lakukan pengaturan seperti saat mengunggah storie Instagram biasanya.

Berbeda seperti cara yang pertama, menggunakan cara kedua ini memungkinkan semua pengguna Instagram bisa mendengarkan musik yang kamu gunakan dalam storie. Hanya saja, musik tersebut akan secara otomatis diputar layaknya pada video.

Penutup

Itulah tadi dua cara menambahkan musik di Instagram Storie paling mudah bisa coba kamu terapkan. Untuk cara yang pertama, mungkin hanya bisa work pada beberapa tipe smartphone saja. Jika memang fitur Instagram Music tidak muncul, kamu bisa mengatur zona waktu sesuai di jaringan VPN atau bisa juga dengan menguninstall dan menginstall ulang aplikasi Instagram.