Cara Mudah Menambah RAM HP Realme 2021

Cara Mudah Menambah RAM HP Realme 2021 Seiring dengan berkembangnya jaman, kini banyak aplikasi android yang membutuhkan penggunaan RAM yang cukup besar. Dengan kata lain, pada smartphone yang memiliki RAM dengan ukuran 1 GB hingga 2 GB saja sudah cukup kecil untuk sekarang. Yang mana seperti yang kita tahu bahwa, tak cukup hanya satu aplikasi atau game yang terinstall ke dalam HP. Oleh karena itu pastinya aplikasi ataupun game akan cukup berat untuk di jalankan pada smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil. Ya walaupun sekarang telah hadir banyak ponsel pintar dengan jumlah RAM yang lebih besar, terkadang masih tak cukup menarik minat pengguna untuk mengganti HPnya.

Cara Mudah Menambah RAM HP Realme 2021

Tapi tenang, bagi kamu yang mempunyai RAM dengan kapasitas yang kecil tidak perlu risau, terutama pada pengguna HP Realme. Sebab sekarang terdapat beberapa cara yang bisa untuk kamu lakukan agar dapat menambah kapasitas RAM smartphone milik kamu. Ya walaupun pada dasarnya RAM yang merupakan perangkat keras android, yang tidak mampu untuk di otak atik kapasitas jumlahnya karena tertanam di sirkuit perangkat. Namun, seiring berkembangnya jaman hal itu sudah tidak lagi mustahil untuk di lakukan ya. Karena, sudah banyak developer aplikasi yang menghadirkan layanan berupa penambah jumlah RAM melalui pengguna perangkat keras MicroSD atau Memory Eksternal.

Baca Juga:

Kini sejumlah developer aplikasi telah merampungkan project mereka mengenai layanannya yang berupa penambahan RAM Android melalui MicroSD. RAM tambahan ini tentunya akan memakan sejumlah kapasitas dari kartu eksternal tersebut ya. Jadi pastikan MicroSD yang kamu punya setidaknya minimal memiliki 10 Gb ruang kosong. Dan tentu dengan penambahan kapasitas RAM tersebut juga akan membantu kinerja prosesor kamu menjadi lebih cepat. Sehingga di harapkan ketika membuka aplikasi yang tadinya berat menjadi cukup ringan melalui penggunaan metode ini. Khusus untuk kamu pengguna Realme, terdapat fitur lho yang dapat menambahkan kapasitas RAm tanpa mengunduh aplikasi tambahan.

Cara Mudah Menambah RAM HP Realme 2021

Terdapat banyak cara untuk bisa menambah RAM pada smartphone khususnya kamu para pengguna Realme. Supaya tidak bingung lagi langsung saja simak isi pembahasan kita berikut di bawah ini ya.

1. Menggunakan Aplikasi 6GB RAM Booster

Menggunakan Aplikasi 6GB RAM Booster

Adapun cara pertama yang akan kita bahas kali ini yakni melalui penggunaan aplikasi pihak ketiga, yang bernama 6GB RAM Booster. Tentunya 6GB RAM Booster ini dapat kalian unduh secara gratis melalui google Play Store. Dan dalam penggunaannya tidak memerlukan akses root, dengan begitu maka dapat di pastikan cara yang satu ini bisa di gunakan bagi kalian semua. 6GB RAM Booster sendiri adalah aplikasi berupa alat utilitas terbaik dalam mengoptimalkan kinerja dari memori RAM. Nah 6GB RAM Booster ini sangat baik di gunakan dalam meningkatkan kinerja kamu ketika bermain game.

Bagi anda yang ingin mencoba menggunakan aplikasi 6GB RAM Booster ini, bisa menyimak tutorialnya di bawah ya:

  1. Pastikan terlebih dulu kamu memiliki aplikasi ini, dengan mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store disini
  2. Selanjutnya buka aplikasi 6GB RAM Booster yang sudah berhasil terpasang pada HP Realme kamu
  3. Lalu setelah aplikasi tadi terbuka, maka akan tambil tombol besar di tengah layar ponsel kamu yang bertuliskan Boost RAM. Dan pada bagian bawah ada informasi tentang daya baterai. Kemudian di atas ada jumlah kapasitas RAM yang sedang di pakai dan jumlah RAM yang kamu punya
  4. Langsung saja kita klik tombol Boost RAM tadi untuk menyegarkan kapasitas RAM pada HP Realme tersebut, tunggu beberapa saat otomatis sistem akan bekerja
  5. Setelah itu maka, kapasitas dari penggunaan RAM milik smartphone Realme punya mu akan bertambah.

2. Dengan Menggunakan Aplikasi Swapper

Karena pada nyatanya walaupun sudah sangat canggih pada teknologi smartphone sekarang, namun tetap saja belum memungkinkan untuk kita bisa menambah RAM layaknya komputer. Oleh karena itu hadirnya yang namanya Memory Virtual yang bisa di gunakan dalam menambah RAM Android. Bagi teman-teman yang sudah familiar dengan memory virtual ini pada PC maupun laptop pasti ya sudah paham ya cara kerjanya bagaimana. Yaitu dengan menggunakan memory penyimpanan pada hardisk, maka sebagian memory tersebut di kinerjakan untuk menambah kapasitas RAM, sehingga besar RAM akan bertambah.

Dengan Menggunakan Aplikasi Swapper

Begitu juga dengan memory virtual pada smartphone ini, dengan menggunakan ruang memory pada MicroSD, maka kita akan mampu menambah kapasitas RAM yang ada. Maka dari itu pastikan kamu sudah memilik memory eksternal sebelum mencoba langkah ini ya. Bagi anda yang sudah penasaran sama langkah-langkahnya, mari simak tutorialnya berikut ini:

  1. Pertama pastikan kamu telah menginstall aplikasi Swappernya melalui Play Store
  2. Jika sudah, langsung saja buka aplikasi Swapper yang telah berhasil terinstall tadi
  3. Pada halaman pertama kita pilih opsi Active Swap on Boot
  4. Kemudian klik Swap File Position, dan tekan opsi SDCard FAT Partition
  5. Selanjutnya kita tekan Swap File Size
  6. Setelah itu masukkan ruang memory yang ingin kamu jadikan memory virtual RAM. Contoh 1000 MB, yang berarti sama dengan 1 GB
  7. Kalau sudah tinggal klik Simpan Konfigurasi.

3. Menggunakan Teknologi DRE Pada Realme

Beruntungnya kamu yang memiliki smartphone Realme, walaupun tipe HP yang kamu punya mempunyai kapasitas RAM yang tidak terlalu besar, kamu masih bisa menambahnya lho. Melalui teknologi bernama Dynamic RAM Expansion atau DRE, yang di kenal juga dengan Virtual RAM ini. Kita akan mampu menggunakan ROM yang seolah-lah menjadi RAM ketika di perlukan. Untuk cara pemakaian dari fitur ini sendiri cukup tergolong mudah ya, karena kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lagi.

Ingin mencoba cara ini ke smartphone Relame milik kamu? Mari simak petunjuknya di bawah ini:

  1. Langkah awal yang perlu di lakukan ialah membuka Pengaturan HP
  2. Selanjutnya kita gulir sedikit ke bagian bawah dan tekan menu Tentang Ponsel
  3. Kemudian lanjut dengan memilih ikon RAM, tinggal di klik saja ya
  4. Jika sudah kita tekan tombol RAM expansion sehingga dia akan berubah warna menjadi hijau
  5. Liat pada bagian bawah yaitu EXPAND BY, di sana kalian akan meilih beberapa pilihan jumlah RAM yang bisa kalian tambahkan. Mulai dari 1.00 GB, 2.00 GB sampai dengan 3.00 GB
  6. Kalau sudah memilih jumlah RAM yang ingin di tambahkan tadi, segera lakukan restart HP
  7. Setelah HP kembali hidup, silahkan cek jumlah RAM HP mu, maka jumlahnya akan bertambah.

Penutup

Mungkin itu dia tadi isi dari artikel kita kali ini yang berjudul Cara Mudah Menambah RAM HP Realme 2021. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu teman-teman semua ya.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini