4 Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root – RAM menjadi salah satu komponen penting pada sebuah perangkat android. RAM atau yang memiliki kepanjangan Random Access Memory berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. Data yang tersimpan di RAM tersebut merupakan data aplikasi yang berfungsi untuk mempercepat loading suatu aplikasi pada aktivitas kedua.

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root
Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Karena fungsi tersebutlah, RAM sangat berpengaruh terhadap kecepatan kinerja multitasking HP android. Semakin besar kapasitas RAM, pasti akan membuat pengguna lebih nyaman dalam menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu. Sebaliknya, kapasitas RAM yang tidak terlalu besar kemungkinan besar akan membuat performa kinerja HP menjadi lemot. Meski begitu, tidak sepenuhnya performa kinerja HP android tergantung pada RAM, tetapi juga komponen lain seperti dapur pacu, GPU dan memori internalnya.

Baca Juga:

Bagi kamu pengguna HP android dengan RAM kecil, pasti sangat jengkel ketika membuka suatu aplikasi malah keluar sendiri atau force close. Masalah ini memang sering terjadi, dikarenakan ruang RAM yang sudah penuh dan dipaksa harus menjalankan aplikasi lain. Ketika seperti ini, terkadang pengguna berpikir untuk menambah kapasitas RAM. Berikut ini adalah cara menambah RAM android tanpa root yang bisa coba kamu terapkan.

4 Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Menambah kapasitas RAM di android bisa dilakukan guna untuk mempercepat kinerja multitasking perangkat. Cara ini tidak hanya bisa dilakukan dengan melakukan root terlebih dahulu, HP android yang belum diroot pun bisa diperbesar kapasitas RAM-nya. Untuk melakukan cara ini tentu kamu membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Adapun cara menambah kapasitas RAM android tanpa root, di antaranya:

1. Cara Menambah RAM Android dengan Greenify

Cara Menambah RAM Android dengan Greenify
Greenify

Yang pertama kamu perlu menggunakan aplikasi bernama Greenify, di mana aplikasi ini bisa dijalankan HP android tanpa root ataupun yang sudah diroot. Tetapi memang untuk HP android yang sudah diroot akan lebih maksimal menggunakan aplikasi satu ini. Untuk langkah-langkah menambah RAM di android dengan Greenify, yakni:

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Greenify di HP android. Selain itu, install juga aplikasi Xposed Installer.
  • Sebelum menambah RAM, kamu perlu melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu di aplikasi Xposed Installer. Buka Xposed Installer tadi, kemudian klik pada menu Framework. Selanjutnya klik tombol Install/Update dan klik Reboot/Restart jika sudah.
  • Selanjutnya masuk ke menu Modules. Beri centang pada aplikasi Greenify, kemudian lakukan restart/reboot kembali.
  • Sekarang lanjut dengan membuka aplikasi Greenify yang sudah diinstall tadi.
  • Di halaman utama, kamu masuk ke opsi Experimental Features.
  • Pada halaman ini kamu klik Working Mode lalu rubah ke opsi Boost. Selain itu, beri centang pada Keep Notifications, Wake-up Tracker & Cutoff, dan Block App State Abuse.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu kembali ke halaman utama aplikasi. Sekarang klik tanda Plus (+) yang ada di bagian atas tampilan, kemudian kamu pilih aplikasi yang sekiranya tidak terpakai untuk dihibernasi. Dengan begitu ruang di RAM akan semakin besar.

2. Cara Menambah RAM Android dengan Smart Booster

Cara Menambah RAM Android dengan Smart Booster
Smart Booster

Selain menggunakan aplikasi Greenify, untuk menambah kapasitas RAM android juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Smart Booster. Caranya juga tidak begitu sulit, pengguna awam pun bisa melakukan. Langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Smart Booster.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, klik saja Start Now.
  • Berikutnya masuk ke menu Setting, kemudian klik opsi Boost.
  • Pada bagian Tingkatan Boost, kamu setting ke pilihan Agresif agar lebih maksimal. Selain itu, beri Centang pada opsi Boost saat layar mati dan Otomatiskan boost. Sementara pada opsi Waktu tenggang boost saat layar mati atur ke pilihan Seketika.
  • Sekarang kamu kembali ke menu utama aplikasi. Untuk membersihkan RAM kamu tinggal klik ikon Roket dan tunggu prosesnya hingga selesai. Sekarang ruang di RAM android akan jauh lebih besar dari sebelumnya.

3. Cara Menambah RAM Android dengan Swapper & Tools

Cara Menambah RAM Android dengan Swapper & Tools
Swapper & Tools

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi Swapper & Tools juga berfungsi untuk memperbesar ruang RAM dengan cara menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk langkah-langkah menggunakan aplikasi Swapper & Tools, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Swapper & Tools di HP androidmu.
  • Jika sudah, sekarang kamu langsung jalankan aplikasi tersebut. Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu kamu perlu mengaktifkan aplikasi tersebut dengan beri Centang pada opsi Active Swap on Boot.
  • Sementara pada bagian Swap File Size (in MB), kamu bisa mengatur sendiri berapa besar memori virtual yang diinginkan.
  • Selain itu, pada opsi Swap File Position kamu atur ke pilihan SD Card.
  • Selesai, aplikasi Swapper & Tools akan bekerja secara otomatis.

4. Cara Menambah RAM Android dengan RAM Control eXtreme Pro

Cara Menambah RAM Android dengan RAM Control eXtreme Pro
RAM Control eXtreme Pro

Cara menambah RAM android tanpa root yang terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama RAM Control eXtreme Pro. Aplikasi satu ini tidak kalah keren fungsinya dalam memperluas kapasitas RAM. Untuk langkah-langkah menggunakan RAM Control eXtreme Pro, sebagai berkut:

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi RAM Control eXtreme Pro di HP android.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Pada halaman utama kamu masuk ke menu RAM BOOSTER.
  • Untuk memulai prosesnya, tinggal klik tombol Start pada bagian Auto RAM Booster. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan atau mematikan beberapa aplikasi yang dirasa tidak diperlukan. Untuk melakukannya, kamu bisa menuju ke opsi Task Killer.
  • Sementara untuk beberapa aplikasi yang tetap ingin kamu aktifkan, masukkan aplikasi-aplikasi tersebut ke opsi White List.
  • Selesai, ruang RAM dalam sekejap akan lebih luas daripada sebelumnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menambah RAM android tanpa root yang paling ampuh dan mudah dilakukan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bis bermanfaat untuk orang lain.