Cara Memperkecil Ukuran File PDF di HP Android

88
Cara Memperkecil Ukuran File PDF
Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Cara Memperkecil Ukuran File PDF – Dewasa ini hampir semua orang sudah memiliki yang namanya perangkat smartphone, khususnya smartphone android. HP android hadir dengan berbagai dukungan fitur canggih di dalamnya, di mana fitur-fitur tersebut dihadirkan untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Baik itu aktivitas di kantor, sekolah, rumah atau yang lain sebagainya. Selain itu, HP android juga bisa menjadi sarana hiburan terbaik, misalnya saja dengan bermain game, menonton film ataupun sekedar memutar musik.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF
Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Selain fitur-fitur bawaan, di HP android pengguna juga memungkinkan untuk memasang aplikasi baru di dalamnya. Berbagai jenis aplikasi bisa digunakan, di mana masing-masing aplikasi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Salah satu jenis aplikasi yang cukup dibutuhkan oleh pengguna android yakni aplikasi pengolah file dokumen. Aplikasi semacam ini ada banyak pilihannya di android dan tentunya bisa kamu unduh dan install secara gratis. Namun, pada beberapa aplikasi terkadang tersedia fitur khusus yang hanya bisa diakses oleh pengguna premium alias berbayar.

Baca Juga:

Aplikasi pengolah dokumen yang ada di android ini memungkinkan untuk membuka berbagai format file dokumen. Baik itu file PDF, Word, Excel, Power Point, TXT dan masih banyak lagi yang lainnya. Khususnya untuk file PDF, bisa dibilang ini merupakan salah satu format file berkas yang paling banyak digunakan sekarang ini. Mungkin karena banyak objek yang ditambahkan membuat ukuran file PDF menjadi besar. Hal ini tentu akan memakan banyak ruang di memori, apalagi jika jumlahnya banyak. Untuk lebih menghemat ruang, kamu perlu memperkecil ukuran PDF tersebut. Mengenai cara memperkecil ukuran file PDF di HP android bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF di HP Android

Untuk memperkecil ukuran file PDF lewat HP android, setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan. Kedua metode mengecilkan ukuran PDF tersebut yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga dan tanpa aplikasi tambahan. Kamu bisa memilih cara yang mana saja, keduanya sama mudahnya untuk diterapkan.

Adapun cara memperkecil ukuran file PDF melalui smartphone android yang mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kompres File PDF dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara yang paling mudah untuk mengompres file PDF di android yakni dengan menggunakan aplikasi khusus. Di Google Play Store kita bisa menemukan banyak sekali pilihan aplikasi compress PDF terbaik dengan keunggulannya masing-masing. Hampir semua aplikasi tersebut bisa kamu pasang atau install secara gratis di smartphone android.

Salah satu aplikasi untuk memperkecil ukuran PDF di android tersebut yakni bernama SmallPDF. Aplikasi SmallPDF ini sendiri pertama kali hadir dalam versi website, dan seiring berjalannya waktu juga dihadirkan versi aplikasi mobilenya. Dikembangkan oleh Smallpdf, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Mengenai cara kompres file PDF lewat aplikasi SmallPDF selengkapnya, yakni:

Kompres File PDF dengan Aplikasi Pihak Ketiga
Kompres File PDF dengan Aplikasi Pihak Ketiga
  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi SmallPDF di HP android.
  2. Jika sudah, sekarang kamu buka aplikasi tersebut.
  3. Di sini kamu bisa membuat akun SmallPDF terlebih dahulu dengan cara klik Create Account. Atau jika memang sudah pernah membuat akun sebelumnya, maka pilih Login.
  4. Jika memang kamu tidak ingin membuat akun SmallPDF, maka bisa melewati langkah ini dengan klik Skip for Now.
  5. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik masuk ke menu Files yang ada di bagian bawah. Kemudian klik tombol Tambah (+) untuk menambahkan file PDF. Kamu cari dan pilih file PDF yang ingin diperkecil kapasitas atau ukurannya.
  6. Nantinya file PDF akan langsung diunggah dan ditampilkan di halaman aplikasi tersebut. Untuk memperkecil ukuran file, kamu klik ikon tiga titik vertikal yang ada di sebelah kanan file PDF yang diunggah tadi. Kemudian klik pada opsi Compress…
  7. Ada dua pilihan yang disediakan, yakni Strong Compressoin (-75%) dan Basic Compression (-40%). Jika kamu pengguna gratis, maka bisa pilih opsi kedua yakni Basic Compression (-40%).
  8. Tunggu sampai Compressing File PDF selesai. Jika sudah, hasil kompres file PDF akan langsung ditampilkan di halaman utama aplikasi SmallPDF, tepatnya di baris paling atas.
  9. Untuk menyimpannya, kamu klik ikon tiga titik vertikal di sebelah kanan file hasil kompres tersebut. Kemudian pilih opsi Save to Device dan pilih lokasi untuk menyimpan file tersebut. Kamu juga bisa mengubah nama file jika memang diperlukan, kemudian klik Simpan.
  10. Selesai.

Selain menggunakan aplikasi SmallPDF, masih ada banyak jenis aplikasi lain yang juga punya fungsi sama. Beberapa pilihan aplikasi untuk mengecilkan ukuran file PDF di android tersebut, di antaranya:

Catatan: Semua aplikasi kompres file PDF di atas bisa kamu download dan install secara gratis melalui Google Play Store. Cara ini bisa digunakan bagi kamu yang ingin memperkecil ukuran PDF secara offline di HP.

2. Kompres File PDF Tanpa Aplikasi Tamabahan

Alternatif lain untuk mengurangi ukuran file PDF agar lebih kecil yakni dengan memanfaatkan situs online yang ada di internet. Tidak jauh berbeda dengan cara di atas, hanya saja di sini kamu bisa mengaksesnya dalam versi website. Langkah-langkah menerapkannya pun terbilang sangat mudah, yakni:

Kompres File PDF Tanpa Aplikasi Tamabahan
Kompres File PDF Tanpa Aplikasi Tamabahan
  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di smartphone androidmu.
  2. Kemudian kunjungi situs iLovePDF melalui LINK INI.
  3. Pada halaman situs tersebut, kamu klik pada tombol Select PDF Files. Kemudian cari dan pilih file PDF yang ingin diperkecil ukurannya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai file PDF berhasil diunggah ke situs tersebut. Selanjutnya kamu pilih metode kompres file PDF sesuai keinginan, baik itu Extreme Compression, Recommended Compression ataupun Less Compression. Lanjutkan dengan klik tombol Compress PDF.
  5. Proses kompres file PDF akan berjalan dan tunggu sampai selesai.
  6. Biasanya file PDF yang sudah dikompres akan langsung tersimpan di perangkat. Jika tidak, maka kamu bisa klik tombol Download Compressed PDF.
  7. Selesai.

Ada beberapa pilihan situs kompres file PDF lain yang bisa kamu temukan di internet, di mana untuk fungsinya tidak berbeda jauh dengan situs iLovePDF.com di atas. Beberapa situs kompres PDF online tersebut, antara lain:

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memperkecil ukuran file PDF di HP android yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Memperbesar Ukuran File PDF di HP Android
Artikel SelanjutnyaKumpulan Istilah di Mobile Legends yang Wajib Gamer Tahu
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini