Cara Mempercepat Waktu Charging HP Paling Ampuh

Cara Mempercepat Waktu Charging HP – Smartphone android merupakan salah satu perangkat gadget yang paling banyak digandrungi di era modern sekarang ini. Smartphone android tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, fungsinya lebih fleksibel. Mulai dari sebagai sarana mencari informasi, sarana bisnis, hingga sekedar untuk bermain game.

Cara Mempercepat Waktu Charging HP

Smartphone android terdiri dari berbagai komponen yang mempunyai peranan penting masing-masing. Di dalamnya juga disematkan berbagai fitur canggih yang dihadirkan untuk mempermudah berbagai aktivitas penggunanya. Selain itu, fitur-fitur tersebut juga dihadirkan untuk semakin memaksimalkan kinerja dari smartphone andrid.

Baca Juga:

Salah satu fitur terbaru yang disematkan di HP android adalah fitur fast charging atau quick charging. Fitur ini memungkinkan waktu pengisian daya baterai smartphone menjadi lebih cepat dan efisien. Meski begitu, ternyata masih ada saja pengguna yang mengeluhkan waktu pengisian daya baterai yang terbilang lama. Tenang saja, di bawah ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara mempercepat waktu charging HP android meskipun sudah dibekali fitur quick charging. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mempercepat Waktu Charging HP Paling Ampuh

Cara Mempercepat Waktu Charging HP Android

1. Mengecas dalam Keadaan Mati atau Non-aktif

Cara mempercepat waktu charging HP android yang pertama adalah dengan mematikan atau menonaktifkan HP saat dilakukan charging. Cara ini diklaim sangat ampuh memperpendek waktu pengisian daya baterai hingga penuh. Selain itu, mengecas atau men-charge HP dalam keadaan mati juga diklaim lebih efektif serta efisien.

Membiarkan HP android tetap aktif saat dicas akan membuatnya terus menerus mengeluarkan daya, meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar. Apalagi jika kamu sambil memainkan HP, padahal  lagi dicas. Tentunya pengisian daya tidak lagi efektif dan efisien, justru membuat waktu charging semakin lama.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Jika kamu tidak ingin mengecas atau men-charge HP dengan keadaan dinonaktifkan, lebih baik mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode. Dengan mengaktifkan fitur ini memungkinkan waktu pengisian daya baterai menjadi lebih cepat. Ini karena saat mode pesawat diaktifkan maka semua aktivitas nirkabel di smartphone akan diblokir dan dihentikan.

Itu artinya semua layanan seperti SMS, panggilan, notifikasi dan juga data seluler akan non-aktif. Cara ini bisa kamu jadikan alternatif terbaik jika tidak ingin mengisi daya baterai HP dengan menonaktifkannya.

3. Menggunakan Charger Original

Cara mempercepat waktu charging HP android yang paling ampuh berikutnya adalah memastikan kamu menggunakan alat charging original alias bawaan dari merek atau tipe HP itu sendiri. Selain mempercepat waktu pengisian daya, men-charging HP dengan charge bawaan juga diklaim lebih aman dan memperpanjang masa pakai smartphone.

Lagi pula, men-charging HP bukan dengan alat charge bawaan bisa berdampak buruk terhadap HP itu sendiri. Ini karena umumnya setiap charger HP memiliki tingkat daya yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan HP itu sendiri. Vendor HP biasanya melakukan tes terlebih dahulu untuk menyesuaikan kapasitas charger dan HP-nya. Jadi, dengan perhitungan yang sudah tepat pastinya akan membuat kualitas charging HP lebih efektif dan efisien.

4. Hindari Kebiasaan Memainkan HP Sambil Dicas

Kebiasaan ini adalah yang paling sering dilakukan oleh banyak pengguna. Entah itu untuk sekedar membalas chat atau SMS atau menjalankan aplikai dan game. Kebiasaan ini ternyata bisa membuat waktu pengisian daya menjadi semakin lama. Terlebih lagi, kebiasaan memainkan HP sambil dicas juga membuat suhu HP menjadi panas. Jika terjadi overload maka memungkinkan terjadi hal buruk, misalnya saja baterai meledak.

Kemungkinan ini disebabkan oleh aktivitas daya yang keluar masuk sehingga menyebabkan overload. Karena itulah, sebaiknya kamu hindari kebiasaan buruk dalam mengoperasikan smartphone satu ini. Bukan hanya untuk mempercepat waktu pengisian daya, melainkan juga menghindari risiko berbahaya yang mungkin terjadi.

5. Menonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

Tujuannya hampir sama dengan cara menon-aktifkan mode pesawat, yakni meminimalkan aktivitas yang terjadi di smartphone. Beberapa fitur yang tidak terlalu penting sebaiknya kamu matikan, seperti fitur GPS, Bluetooth, NFC, Wifi dan lain sebagainya.

Selain itu, tutup juga semua aplikasi dan game yang sedang berjalan di latar belakang. Untuk menutupnya kamu bisa menggunakan fitur khusus di smartphone atau melalui aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, Greenify atau yang lain sebagainya.

6. Mengaktifkan Mode Battery-Saving

HP android keluaran terbaru sekarang ini umumnya dibekali dengan fitur baterai saver, fungsinya untuk menyimpan daya baterai agar lebih hemat. Cara kerjanya yakni dengan memblokir semua aktivitas yang tidak terlalu penting dan juga membatasi aktivitas di latar belakang. Dengan fitur ini tentu akan membuat performa kinerja HP bakal lebih meningkat.

Tidak hanya itu saja, mengaktifkan mode Battery-saving juga bisa membuat waktu pengisian daya menjadi lebih cepat dan efektif. 

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mempercepat waktu charging HP android paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.