Cara Mempercepat Download di Telegram HP Android

6
Cara Mempercepat Download di Telegram
Cara Mempercepat Download di Telegram

Cara Mempercepat Download di Telegram – Chattingan online di android sekarang ini sudah menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna smartphone. Mereka memilih untuk meninggalkan layanan SMS yang diklaim ribet dan tentunya butuh pulsa untuk pengirimannya. Meskipun sudah ada layanan paket SMS murah, namun chattingan online di aplikasi masih diklaim lebih praktis dibandingkan SMS. Pengguna hanya perlu memiliki paket data untuk bisa chattingan dengan lancar dan nyaman.

Cara Mempercepat Download di Telegram
Cara Mempercepat Download di Telegram

Berbicara mengenai aplikasi chatting online, saat ini sudah ada banyak pilihannya. Salah satunya yang cukup populer digunakan yakni bernama Telegram. Telegram sendiri sudah sejak lama hadir sebagai aplikasi untuk chattingan online. Bahkan bukan hanya chattingan saja, melalui Telegram kita juga memungkinkan untuk melakukan panggilan suara atau panggilan telepon. Yang pasti aplikasi Telegram ini bisa diinstall secara gratis, baik di perangkat HP android maupun iPhone. Kamu hanya perlu menggunakan nomor HP untuk mendaftar akun Telegram. Jika tidak, kamu bisa menggunakan akun Facebook atau email untuk pendaftarannya.

Baca Juga:

Satu lagi hal yang menarik dari Telegram yang membuat banyak pengguna beralih kepadanya, yakni kita dimungkinkan untuk menonton berbagai film terbaru. Di Telegram banyak channel atau grup yang menyediakan film-film terbaru yang bisa ditonton secara gratis, baik itu film Indonesia maupun luar negeri. Kamu bahkan bisa mendownloadnya ke memori HP untuk kemudian ditonton secara offline. Untuk urusan download, terkadang kecepatannya sangat lambat sehingga butuh waktu lama. Lantas, bagaimana cara mempercepat donwload di Telegram tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Download di Telegram Sangat Lambat

Sebelum lanjut ke cara mempercepat proses pengundhan di Telegram, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Mengetahui penyebabnya ini tentunya akan mempermudah kamu untuk melakukan perbaikan. Adapun beberapa penyebab proses download di Telegram sangat lemot selengkapnya, sebagai berikut:

  • Banyak grup yang diikuti. Penyebab utama download di Telegram yang lambat yakni karena kamu mengikuti banyak grup di dalamnya. Selain grup, mengikuti banyak channel di Telegram juga menjadi alasan lain melambatnya proses download ini.
  • Koneksi internet yang bermasalah. Selain karena grup dan channel di Telegram, proses downloading yang lambat juga dikarenakan koneksi internet yang digunakan. Bisa jadi karena provider bermasalah, sinyal lemah atau error pada router jika menggunakan wifi.
  • Penggunakan aplikasi yang usang. Aplikasi Telegram yang tidak pernah diupdate ke versi baru juga menjadi penyebab lain melambatnya proses download di Telegram. Selain itu, hal ini juga menjadi penyebab banyaknya error atau bug lain di Telegram.
  • Data cache yang menumpuk. Cache merupakan file yang tersimpan secara otomatis oleh sistem, di mana fungsinya untuk mempercepat loading aplikasi saat digunakan di momen kedua. Meskipun bermanfaat, terkadang file cache yang menumpuk dalam waktu lama dapat menyebabkan aplikasi error, termasuk proses download sangat lambat.

Cara Mempercepat Download di Telegram Android

Cara Mempercepat Unduhan di Telegram
Cara Mempercepat Unduhan di Telegram

Sekarang lanjut ke pembahasan cara untuk mempercepat proses download video di Telegram. Melihat dari beberapa penyebab di atas, terdapat trik mudah dan ampuh untuk mengatasi permasalahan download yang lambat tersebut. Adapun cara mempercepat download di aplikasi Telegram selengkapnya, sebagai berikut:

1. Perika Koneksi Internet

Cara yang pertama untuk memperbaiki Telegram yang proses downloadnya lama yakni dengan memeriksa koneksi internet di HP. Jika kamu menggunakan data seluler, pastinya sinyal yang diterima dalam keadaan stabil. Pastikan juga koneksinya berada di mode jaringan 4G LTE. Jika masih tetap, gantilah kartu provider seluler lain yang punya koneksi data lebih cepat, Telkomsel misalnya.

Sementara jika menggunakan koneksi jaringan wifi, pastikan tidak banyak perangkat yang terhubung ke jaringannya tersebut. Atau kalau tidak, lakukan restart pada router wifi untuk memperbaiki jaringannya. Jika masih tetap, cobalah untuk melakukan reset router wifi tersebut.

2. Lakukan Restart HP Android

Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba melakukan restart pada HP android. Bisa jadi proses download yang lama ini dikarenakan file cache yang penuh di RAM. Dengan melakukan restart maka file cache yang tersimpan otomatis tersebut akan dihapus secara permanen, sehingga performa kinerja HP menjadi lebih cepat dan responsif.

Untuk melakukannya sangatlah mudah, cukup menekan dan tahan tombol Power hingga muncul beberapa opsi di layar. Lanjutkan dengan pilih Restart atau Mulai Ulang. Cara ini juga diklaim bisa mengatasi berbagai masalah error ringan pada sistem android.

3. Keluar dari Grup atau Channel Telegram

Banyaknya grup atau channel yang kamu ikuti di Telegram memang bisa membuat proses download semakin melambat. Untuk itu, kamu cari dan pilih grup atau channel yang jarang digunakan untuk interaksi, kemudian keluar dan hapus.

Alasan kenapa grup dan channel bisa membuat proses download melambat, yakni karena penggunaan data yang besar. Apalagi jika grup dan channel tersebut sering mebagikan file dengan ukuran yang besar. Download otomatis di Telegram tentunya akan membuat penggunaan data internet semakin besar dan melambat.

4. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi Telegram

Selain file cache yang tersimpan di RAM, melambatnya proses download file di Telegram juga bisa disebabkan karena cache aplikasi yang menumpuk. Untuk itu, kamu perlu melakukan penghapusan atau pembersihan pada file cache tersebut. Bukan dengan melakukan restart, melainkan dengan menghapus secara manual melalui Pengaturan.

  1. Pertama kamu buka menu Pengaturan di perangkat HP android.
  2. Kemudian masuk ke ospi Aplikasi Terinstall.
  3. Lanjutkan dengan mencari dan pilih aplikasi Telegram.
  4. Lalu klik pada opsi Penyimpanan.
  5. Kemudian klik tombol Hapus Cache.
  6. Selesai.

Sekarang coba ulangi proses download di aplikasi Telegram tersebut. Jika masih tetap, maka kamu bisa lanjut menghapus data aplikasi. Namun, cara ini akan menghapus semua data dan pengaturan di dalamnya. Kamu bahkan perlu login ulang ke akun Telegram jika melakukan penghapusan data.

  1. Lakukan seperti cara nomor 1 – 4 di atas.
  2. Kemudian Anda klik tombol Hapus Data.
  3. Konfirmasi penghapusan data aplikasi.
  4. Selesai.

Dengan cara ini biasanya masalah error pada aplikasi Telegram akan teratasi, termasuk masalah download yang lama.

5. Lakukan Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu penyebab proses download lama di Telegram dikarenakan aplikasi yang belum diupdate. Mungkin kamu telah mematikan fitur update aplikasi otomatis di HP sehingga update hanya bisa dilakukan secara manual. Menggunakan aplikasi versi lama biasanya memang terdapat banyak bug dan error di dalamnya.

Untuk melakukan update aplikasi Telegram ke versi terbaru sangat mudah. Cukup kunjungi Google Playstore, kemudian cara aplikasi Telegram dan klik tombol Update atau perbarui. Jika sudah, cobalah untuk mengulang proses download di Telegram.

6. Menggunakan Aplikasi Downloader

Layaknya di perangkat PC, kamu juga memungkinkan untuk menggunakan aplikasi downloader untuk mempercepat proses download di HP, termasuk di Telegram. Ada banyak jenis aplikasi download di Google Playstore yang bisa kamu gunakan secara gratis. Penggunaannya ini memang diklaim bisa mempercepat proses download, bahkan hingga berkali-kali lipat dari kecepatan biasanya.

Beberapa pilihan aplikasi downloader terbaik di android yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mempercepat download di Telegram android beserta penyebabnya yang perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Berbagi Kuota Telkomsel yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Melihat Status WA yang Sudah Dihapus
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini