Cara Memperbesar Ukuran Foto di HP Android

Cara Memperbesar Ukuran Foto di HP Android – Mengedit foto di HP android sudah menjadi hal yang biasa sekarang ini. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi edit foto khusus di android yang bisa kita gunakan secara gratis. Meski begitu, beberapa aplikasi mungkin menyediakan juga fitu-fitur unggulan yang hanya bisa digunakan oleh pengguna premium alias yang membayar.

Cara Memperbesar Ukuran Foto di HP Android
Cara Memperbesar Ukuran Foto di HP Android

Mengedit foto di android tidak rumit, bahkan bagi para pemula sekalipun bisa melakukannya dengan mudah. Tujuan dari mengedit foto tidak lain untuk membuat tampilannya lebih unik dan menarik. Sehingga saat dibagikan di akun media sosial pribadi, foto tersebut bisa mendapatkan respon positif dari netizen. Selain membuat tampilan lebih menarik, terkadang para pengguna juga ingin melakukan perbesaran sebuah foto dari semula berukuran kecil.

Baca Juga:

Untuk memperbesar ukuran foto juga tidak sulit untuk dilakukan di HP android. Sama seperti di PC, kamu juga perlu bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal tersebut. Bagi kamu yang masih belum tahu, berikut ini sudah saya rangkumkan cara memperbesarkan ukuran foto di HP android paling mudah bisa coba kamu terapkan.

Cara Memperbesar Ukuran Foto di HP Android

Cara Memperbesar Ukuran Foto di Android
Cara Memperbesar Ukuran Foto di Android

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara memperbesar ukutan foto di HP android bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi edit foto khusus. Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa memanfaatkan situs atau website khusus yang memang menyediakan fitur memperbesar ukuran foto tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Menggunakan Aplikasi PicsArt Photo Editor

Cara memperbesar ukuran gambar atau foto di android yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi PicsArt Photo Editor. PicsArt Photo Editor merupakan aplikasi edit foto terbaik dan terpopuler sekarang ini. Dengan aplikasi PicsArt Photo Editor kamu tidak hanya bisa memperbesar ukuran foto, tetapi juga mengedit foto menjadi tampilan yang lebih keren. Ada banyak jenis filter di dalamnya, kamu juga bisa menambahkan teks atau bahkan stiker ke dalam sebuah foto melalui aplikasi ini.

Mengenai cara memperbesar ukuran foto di PicsArt Photo Editor juga tidak sulit. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi PicsArt Photo Editor melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut. Nantinya akan muncul beberapa notifikasi yang meminta izin akses aplikasi.
  • Untuk memulai, pada tampilan utama aplikasi kamu klik tombol +. Tombol ini tersedia di menu bagian bawah tampilan.
  • Selanjutnya kamu buka menu editor dengan cara klik opsi Edit.
  • Lanjut dengan mengambil gambar atau foto yang ingin diperbesar ukurannya.
  • Untuk memperbesar ukuran foto, kamu klik opsi Tools lalu pilih opsi Resize.
  • Sekarang kamu tentukan ukuran lebar dan tinggi gambar sesuai dengan keinginan. Jika sudah, langsung saja klik tombol RESIZE.
  • Foto sudah berhasil diperbesar ukurannya, sekarang kamu tinggal menyimpannya. Klik ikon anak panah yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih Save. Secara otomatis foto yang sudah diperbesar tadi tersimpan di memori HP.

2. Menggunakan Aplikasi Canva

Selain PicsArt Photo Editor, aplikasi lain yang juga bisa kamu gunakan untuk memperbesar ukuran foto adalah Canva. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer dengan nama yang sama yakni Canva. Aplikasi Canva sendiri sebenarnya merupakan aplikasi membuat desain di android, seperti membuat logo, banner, kartu nama dan jenis desain grafis lainnya.

Meski begitu, ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperbesar ukuran foto dengan salah fitur yang ada di dalamnya. Caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkah memperbesar ukuran foto di aplikasi Canva:

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Canva melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, pada tampilan utama aplikasi kamu klik tombol + untuk membuat dokumen baru.
  • Selanjutnya kamu pilih ukuran kertas yang ingin digunakan. Pada langkah ini pastikan kamu memilih ukuran ketas yang lebih besar dari ukuran gambar atau foto yang ingin diperbesar ukurannya.
  • Jika sudah, sekarang kamu bisa mengambil gambar atau foto yang ingin diperbesar ukurannya dan menaruhnya di dokumen baru tersebu. Caranya dengan klik tombol + yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan. Kemudian pilih menu Gambar, kemudian cari gambar yang ingin diedit.
  • Jika foto sudah tampil di dokumen baru tadi, selanjutnya kamu tarik titik yang ada di sudut foto hingga memenuhi bidang dokumen yang telah dibuat tadi. 
  • Foto sudah berhasil diperbesar ukuranya, sekarang kamu simpan foto tersebut dengan cara klik tombol Save (seperti tanda arah panah ke atas). Nanti akan muncul beberapa opsi, jika ingin menyimpan di memori HP kamu klik opsi Save as image. Secara otomatis foto sudah tersimpan di galeri HP.

3. Melalui Website Picresize

Selain menggunakan aplikasi, untuk memperbesar ukuran foto bisa juga dengan memanfaatkan sebuah situs yang menyediakan layanan tersebut. Salah satu situs mengubah ukuran foto terbaik adalah Picresize. Memperbesar ukuran foto melalui situs ini bisa kamu lakukan di HP maupun di PC. Pasalnya, situs tersebut sudah mendukung multiplatform sehingga tampilannya menyesuaikan ukuran perangkat.

Untuk langkah-langkah menggunakannya juga tidak begitu sulit, berikut ini caranya:

  • Langkah pertama kamu kunjungi situs Picresize melalui browser di HP.
  • Jika sudah tampil halaman utama, selanjutnya kamu klik pada bidang uploud gambar. Akan muncul beberapa opsi pengambilan foto, bisa langsung melalui kamera, file dan lain-lain. Pilih opsi File untuk mengambil foto yang ingin kamu perbesar ukurannya, lalu klik CONTINUE TO EDIT PICTURE.
  • Pada halaman edit foto, kamu scroll ke bawah kemudian klik opsi di bawah Select a new size for your picture dan pilih opsi Custom Size.
  • Atur ukuran Width dan Height foto sesuai keinginan, yang pasti ukurannya lebih besar dibandingkan dengan ukuran aslinya.
  • Jika sudah, scroll lagi ke bawah lalu klik tombol I’M DONE, RESIZE MY PICTURE! untuk menyimpan hasil foto yang diperbesar.
  • Pada halaman berikutny akan ada 4 opsi yang bisa dipilih yakni View Image, Resume Edit, Save to Disk, dan Buy PicResize a Coffe. Untuk menyimpan hasil editing foto kamu tinggal klik opsi Save to Disk.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memperbesar ukuran foto di HP android yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?