Cara Memperbesar Ukuran File PDF di HP Android

2678
Cara Memperbesar Ukuran File PDF
Cara Memperbesar Ukuran File PDF

Cara Memperbesar Ukuran File PDF – Mengelola file dokumen sekarang ini tidak hanya bisa dilakukan melalui perangkat laptop atau PC saja. Di smartphone android kita memungkinkan untuk membuat ataupun mengedit file dokumen. Sama seperti di PC atau laptop, berbagai format dokumen sudah bisa diakses melalui perangkat HP android. Mulai dari format docx, pdf, txt, xlsx, ppt, atau yang lain sebagainya. Tentunya kamu juga membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang dipasang di HP android agar bisa membuka berbagai jenis file dokumen tersebut.

Cara Memperbesar Ukuran File PDF
Cara Memperbesar Ukuran File PDF

Berbicara mengenai file dokumen, salah satu format file dokumen yang paling banyak kita jumpai yakni PDF. Portable Document Format atau yang sering kita kenal dengan PDF merupakan salah satu format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems. Seiring berjalannya waktu, format file dokumen satu ini semakin populer dan banyak yang menggunakannya. Salah satu alasannya adalah soal keamanan berkas, di mana kita sebagai pengguna memungkinkan untuk menguncinya agar tidak diakses oleh orang lain. Tidak seperti format berkas lain, PDF memungkinkan untuk mempresentasikan dokumen dua dimensi di dalamnya.

Baca Juga:

File PDF yang sudah disimpan umumnya tidak bisa diedit lagi, kecuali mengonvertnya ke format file lain atau menggunakan aplikasi dari Adobe. Saat disimpan, terkadang ukuran file PDF terlalu kecil. Mungkin untuk keperluan tertentu pengguna membutuhkan ukuran file PDF yang lebih besar dari sebelumnya. Lantas, apakah bisa ukuran file PDF yang sudah disimpan tersebut diperbesar lagi? Jawabannya tentu bisa. Berikut ini cara memperbesar ukuran file PDF melalui HP android yang paling mudah bisa coba kamu terapkan.

Cara Memperbesar Ukuran File PDF di HP Android

Pada kondisi tertentu terkadang seseorang membutuhkan file PDF yang ukurannya cukup besar. Salah satunya untuk syarat mendaftar CPNS, di mana ukuran file PDF yang dibutuhkan sekitar 300kb hingga 800kb. Hal ini tentu akan cukup menyulitkan jika file PDF yang sebelumnya sudah dibuat dan disimpan, ternyata ukurannya lebih kecil dari ukuran yang ditentukan tersebut.

Tidak perlu bingung, ada kok cara mudah untuk menambah ukuran PDF yang terlalu kecil lewat HP android. Untuk melakukannya kamu juga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan yang hanya akan membuat memori HP menjadi cepat penuh. Adapun beberapa cara memperbesar ukuran file PDF lewat HP android selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Menambah Ukuran File PDF
Cara Menambah Ukuran File PDF

1. Menambah Ukuran File PDF via SodaPDF

Cara yang pertama untuk memperbesar kapasitas file PDF di HP android yakni dengan memanfaatkan situs bernama SodaPDF. Ini merupakan sebuah situs populer yang bisa digunakan untuk mengolah file PDF secara online. Di san disediakan banyak sekali fitur pengolahan file PDF, mulai dari kompres PDF, convert PDF, Edit PDF, hingga resize PDF.

Untuk keperluan memperbesar ukuran file PDF, kamu bisa memanfaatkan fitur resize PDF yang disediakan di situs SodaPDF tersebut. Cara melakukannya juga cukup sederhana dan mudah, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP androidmu.
  2. Kemudian kunjungi situs SodaPDF dan masuk ke menu Resize PDF. Untuk lebih mempermudah, kamu bisa langsung klik LINK INI.
  3. Pada halaman Resize PDF tersebut, kamu klik tombol Choose File. Kemudian cari dan pilih file PDF yang ingin diperbesar ukurannya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai file PDF berhasil diupload dengan munjukkan presentase 100%.
  5. Pada halaman baru yang ditampilkan, selanjutnya kamu tinggal mengubah Margins file PDF. Selain itu, kamu juga bisa mengubah Ukuran Kertas atau Page Size sesuai keinginan.
  6. Jika dirasa sudah pas, sekarang kamu klik tombol Resize dan konfirmasi pengubahan ukuran file dengan klik Yes. Tunggu sampai proses resize file PDF selesai dilakukan.
  7. Untuk menyimpan hasil resize, kamu tinggal klik tombol Download File. Secara otomatis file PDF yang sudah diresize akan langsung disimpan di folder Download di memori HP.
  8. Selesai.

Catatan: Selain bisa langsung mendownload hasil resize file PDF, untuk lebih meyakinkan kamu bisa lihat dulu tampilan filenya. Caranya klik tombol Preview File yang ada di bawah tombol Download File tadi.

2. Menambah Ukuran File PDF via PDF Candy

Selain situs SodaPDF, situs serupa lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengubah ukuran file PDF adalah PDF Candy. Tidak jauh berbeda dengan situs sebelumnya, PDF Candy juga punya segudang fitur yang berkaitan dengan pengolahan file PDF. Baik itu fitur convert PDF, kompres PDF, crop PDF, hingga resize PDF yang semuanya ini bisa digunakan dengan mudah dan praktis.

Mengenai cara memperbesar ukuran file PDF melalui situs PDF Candy selengkapnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di smartphone androidmu.
  2. Kemudian kunjungi situs PDF Candy dan pilih fitur Resize Pages in PDF.
  3. Pada halaman tersebut, kamu klik Add File. Kemudian cari dan pilih file PDF yang ingin kamu resize atau ubah ukurannya agar lebih besar.
  4. Tunggu beberapa saat sampai file PDF selesai diambil. Selanjutnya kamu klik tombol Resize.
  5. Proses resize file PDF akan berjalan dan kamu tinggal menunggu sampai prosesnya tersebut selesai.
  6. Jika sudah, hasil resize PDF bisa langsung kamu download dengan klik tombol Download File.
  7. Selesai.

Catatan: Menggunakan situs PDF Candy untuk memperbesar ukuran file PDF sayangnya hanya bisa kamu lakukan 1 kali dalam 1 jam. Jika ingin melakukannya berkali-kali, maka kamu perlu Register akun terlebih dahulu.

Selain kedua situs di atas, sebenarnya masih ada beberapa situs untuk memperbesar ukuran PDF lain yang bisa kamu gunakan, seperti PDFResizer.com, Docupub.com, SmallPDF dan lain sebagainya.

Trik Lain untuk Memperbesar Ukuran File PDF yang Praktis

Cara di atas mungkin dirasa kurang maksimal untuk memperbesar ukuran file PDF. Sebenarnya ada trik lain yang bisa kamu terapkan untuk penambahan ukuran PDF tersebut, yakni dengan menyimpan ulang file PDF. Di sini kamu membutuhkan perangkat PC atau laptop dan software Adobe Reader.

Buka file PDF yang ingin diperbesar ukurannya tersebut di software Adobe Reader dan lakukan editing file. Di sini kamu bisa menambahkan foto atau ojek lain untuk memperbesar ukuran hasil PDF-nya nanti. Atau bisa juga dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas gambar dan objek yang dimasukkan di PDF tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu mengubah ukuran kertas file PDF dengan yang lebih besar ukurannya. Misalnya jika sebelumnya file PDF menggunakan ukuran kertas A4, maka bisa ditingkatkan ke ukuran kertas Letter atau Legal. Jika sudah, kamu bisa menyimpan file PDF tersebut seperti biasa. Dengan cara sederhana ini file PDF ukurannya akan lebih besar dibandingkan yang sebelumnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memperbesar ukuran file PDF di smartphone android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Memperbesar Resolusi Foto Tanpa Pecah di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Memperkecil Ukuran File PDF di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini