Cara Memperbaiki Volume Speaker HP Yang Pecah 2021

Cara Memperbaiki Volume Speaker HP Yang Pecah 2021 Speaker HP yang rusak akibat terjatuh bisa menimpa kita kapan saja. Bisa jadi handphone yang terjatuh bisa disebabkan oleh kecelakaan atau kelakuan ceroboh pemiliknya. Ketika ponsel jatuh dan merusak audio, ada kemungkinan ponsel akan terkena pukulan yang cukup keras, sehingga perangkat audionya mengalami masalah. Fungsi audio pada ponsel memegang peranan yang sangat penting. Mulai dari mendengarkan musik, kebutuhan telepon dan lain-lain yang tentunya membutuhkan komponen ini. Tetapi bagaimana jika speaker HP rusak? Apakah Kamu menyukai suara berderak dan tidak jelas? Hhm, pasti akan sangat menghalangi pemakaiannya.

Cara Memperbaiki Volume Speaker HP Yang Pecah 2021

Permasalahan audio tersebut sangat mungkin terjadi pada semua merk ponsel Android, baik itu ASUS, Xiaomi, Samsung, maupun merk HP lainnya. Saat memperbaiki suara speaker HP yang rusak, tentunya harus mencari penyebabnya terlebih dahulu. Dimana setiap smartphone dengan suara letupan yang berisik dan tidak enak di dengar saat memutar musik, film atau bermain game pasti membosankan. Jadi oleh karena itu jangan terlalu cepat untuk mengantarkan HP anda ke konter smartphone, cari tahu penyebabnya dan cari solusi yang tepat. Smartphone yang suaranya pecah mungkin merupakan tanda membran buzzer mengalami kerusakan dan minta di ganti yang baru.

Baca Juga:

Namun, kalau belum pasti kerusakan tersebut di sebabkan oleh komponen audio yang rusak, kamu patut mencoba memperbaikinya sendiri. Penyebab lainnya bisa saja seperti kondisi lubang speaker yang sudah sangat berdebu, suhu ponsel yang terlalu panas. Atau juga di sebabkan oleh terkena air, entah itu ketika anda sedang terkena hujan, tersiram dan masih banyak lagi. Kalau kamu sudah memastikan penyebabnya, maka akan sangat mudah memperbaiki masalah ini melalui beberapa cara yang sudah kita rangkum di bawah.

Cara Memperbaiki Volume Speaker HP Yang Pecah 2021

Nah, berikut di bawah ini Bukandroid sudah berhasil merangkum beberapa Cara Memperbaiki Volume Speaker HP Yang Pecah 2021 yang dapat kalian gunakan. Melalui bermacam cara ini, kalian bisa menentukan cara terbaik dan sesuai sama penyebab dari audio yang pecah. Sudah penasaran dengan trik kita yang satu ini? Yuk simak rangkumannya berikut ini.

1. Rendam Smartphone ke Dalam Beras

Rendam Smartphone ke Dalam Beras

Langkah yang satu ini akan sangat tepat di lakukan apabila sebelumnya HP milikmu terjatuh terkena air. Tak hanya itu, sedikit saja air masuk ke lobang speaker dapat membuat kerusakan lho. Jadi, melalui perendaman ponsel ke dalam beras ini di yakini bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut, selama ponsel tersebut belum mati total. Beras merupakan media yang memang sudah sering di pakai oleh sebagian orang dalam mengeringkan smartphone yang terkena air. Sifatnya yaitu dengan penyerapan air yang di lakukan oleh sekumpulan beras tanpa merusak komponen lainnya.

Untuk tutorial bagaimana cara melakukan langkah ini sendiri bisa kamu simak langkah-langkahnya berikut:

  1. Apabila casing atau baterai smartphone kamu dapat di copot, alangkah baiknya di copot terlebih dulu. Tapi kalau tidak ya tidak apa-apa
  2. Siapkan Mangkuk atau Wadah yang cukup besar untuk menenggelamkan HP ke dalam mangkuk tersebut
  3. Jika sudah ada wadahnya, isikan Beras secukupnya
  4. Dan Rendamkan Smartphone milikmu ke dalam beras itu dan tunggu hingga 1 atau 2 hari
  5. Kalau sudah Selesai, maka HP mu sudah siap di nyalakan kembali.

2. Membersihkan Speaker HP

Membersihkan Speaker HP

Tentu, jika sudah terlalu banyak debu menempel hingga menumpuk pada speaker akan bisa sekali mempengaruhi kulitas suara yang ia hasilkan. Contohnya seperti audio yang memecah. Walaupun sekarang ini pada sebagian besar smartphone sudah di lengkapi dengan filter udara penghalau debu, tetap masih saja tak menjamin debu tidak masuk. Tapi anda tak perlu khawatir, kalau cuma masalah debu kita sendiri dapat membersihkannya dengan cukup mudah. Dan tentunya untuk melakukan pembersihan ini kita memerlukan alat bantu tisu, kuas kecil dan lain sebagainya yang di butuhkan.

Ada beberapa langkah untuk mengatasi masalah ini dengan maksimal, langkah-langkah tersebut dapat kamu simak di bawah ini:

  1. Pertama, siapkan Jarum dan Tisu
  2. Lalu buka Casing HP android milikmu
  3. Kemudian bersihkan bagian lobang speaker smartphone milikmu menggunakan Tisu terlebih dahulu
  4. Jika sudah di rasa cukup bersih, maka lanjutkan dengan membersihkan kotoran debu menggunakan Jarum pada bagian lobang speaker
  5. Lakukan secara perlahan agar tidak tergores
  6. Kalau sudah bersihkan lagi bagian speaker dengan Tisu untuk membersihkan sisa kotoran debu yang menempel
  7. Selesai, pasang kembali casing dan cobalah dengan memutar musik untuk mencoba audionya dengan jelas.

3. Menggunakan Aplikasi MX Player

Menggunakan Aplikasi MX Player

Suara smartphone yang terdengar pecah ternyata dapat di minimalisir dengan cara menggunakan sebuah aplikasi lho. Pada langkah kita yang satu ini akan memakai aplikasi bernama MX Player, yang tentunya dapat kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store. Cara satu ini akan sangat membantu kamu yang suka mendengarkan musik dengan suara maksimal tapi audio yang di hasilkan tidak halus. Memang ada baiknya jika memutar musik jangan mengatur volume hingga maksimal yang bisa mengakibatkan audio output menjadi cempreng.

Sudah penasaran ingin menggunakan MX Player ini? Mari simak tata cara penggunaannya berikut ini:

  1. Unduh dan Install terlebih dahulu MX Player melalui Google Play Store disini
  2. Kalau sudah maka langsung saja anda buka aplikasi MX Player
  3. Pada halaman pertama kita masuk ke menu Pengaturan
  4. Klik pilihan Audio, dan centang opsi Pemutar Audio
  5. Setelah cobalah untuk memainkan Musik melalui MX Player
  6. Lalu tekan logo Audio, dan lanjut mencentang pilihan Gunakan Dekoder Audio SW
  7. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan ialah mengatur Volume di kisaran 60% – 80% saja paling tingginya untuk meminimalisir suara yang samar.

4. Memindahkan Audio dari Speaker Utama ke Sekunder

Banyak dari pengguna smarphone tidak mengetahui bahwa speaker pada handphone tersebut tidak hanya ada satu speaker. Umunya yaitu memiliki 2 buah, di mana terbagi menjadi audio atas dan bawah. Nah, apabila kerusakan suara yang terjadi pada HP milik kamu hanya terdapat pada satu speaker saja. Maka dapat di alih fungsikan ke speaker satunya agar bisa mendapatkan suara yang jernih, tapi jelas audio yang di keluarkan tidak sekeras sebelumnya. Namun, untuk dapat menggunakan cara ini kita akan masih bergantung pada aplikasi tambahan, yaitu SoundAbout.

Aplikasi ini sendiri sudah tidak tersedia di Google Play store, maka dapat kamu unduh melalui banyak situs penyedia. Dan untuk langkah-langkah penggunaannya sendiri bisa kamu baca di bawah ini:

  1. Unduh dan Install aplikasi nya disini, atau melalui situs lain juga boleh
  2. Kemudian buka SoundAbout yang sudah berhasil terinstall tadi
  3. Lalu tekan menu SoundAbout Service dan tekan ON – With Status
  4. Jika sudah kita klik opsi Media Audio dan atur ulang pengaturan melalui Speaker ke Earpiece
  5. Selanjutnya cek kembali Audio HP milikmu apakah sudah benar dengan memutarkan sebuah musik.

Penutup

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai judul kita Cara Memperbaiki Volume Speaker HP Yang Pecah 2021. Jangan lupa untuk share artikel kita ke sosial media kamu, agar lebih bermanfaat bagi banyak orang.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini