Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung Yang Rusak

Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung Yang Rusak Sekarang ini, smartphone android sudah menjadi salah satu barang wajib yang di miliki setiap manusia. Mulai dari kalangan dewasa, orang tua dan bahkan anak-anak tingkat Sekolah Dasar sekalipun. Ya itu semua terjadi juga di karena dampak pandemi yang melanda dunia awal tahun 2020 kemarin ya khususnya di Indonesia. Dampak dari pandemi ini lah yang menjadikan semua kalangan sering menggunakan smartphone dan mewajibkan penggunaannya untuk pelajaran, pekerjaan kantor dan lain-lain secara darling.

Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung Yang Rusak

Seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa, HP di jaman sekarang ini sudah menjadi bagian sangat penting dari hidup manusia. Akan tetapi, di balik kemudahaan dan kecanggihan yang ia berikan, smartphone selayaknya benda lain khususnya benda elektronik pastikan sewaktu-waktu akan mengalami kerusakan. Nah jika sudah mengalami kerusakan pasti akan sangat ribet, entah itu pada layar dan tombol-tombol layaknya tombol power. Kerusakan pada tombol power ini sendiri merupakan hal yang wajar pada smartphone. Entah itu karena arus pendek ataupun bagian tombol yang lepas di sebabkan oleh pemakaian yang sudah lama.

Baca Juga:

Tapi tenang, apa lagi khususnya kalian pengguna smartphone Samsung. Anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru membawa ponsel pintar milikmu ke tukang servis apabila mengalami kerusakan pada tombol powernya. Sebab, pada artikel kali ini kita akan ngebahas lengkap seputar Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung Yang Rusak. Beberapa tips yang sudah Bukandroid rangkum di bawah ini tentunya akan bisa kalian praktikkan sendiri tanpa bantuan orang lain dan bahkan bantuan alat tambahan sekalipun. Dengan begitu maka, semua kalangan pengguna android dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung Yang Rusak

Tombol Power sendiri memiliki fungsi yang cukup penting dalam perangkat ponsel, yaitu menghidup dan matikan daya perangkat secara utuh. Namun, walaupun fisik tombolnya rusak, bukan berarti fungsinya tidak bisa kita gunakan lagi loh. Maka dari itu pada tutorial berikut ini kita akan mempelajari juga cara mengaktifkan fungsi tombol power dan cara memperbaikinya.

1. Mengaktifkan Fitur Scheduled Power ON

Akan sangat repot sekali kalau tombol yang satu ini bisa rusak ya, nah pada langkah awal ini Bukandroid akan sharing tutorial yang mudah untuk di pahami. Dan dapat di praktikkan oleh semua kalangan yang baru mengenal perangkat smartphone sekalipun. Pada cara pertama ini merupakan langkah awal jika HP Samsung anda mengalami kerusakan pada tombol power. Yaitu melalui pengaktifan fitur Scheduled Power yang berguna dalam menjalankan fungsi tombol power tanpa harus di tekan. Jadi, cara ini bisa menjadi alternatif pertama kamu untuk menunjang masalah tersebut sedikit lebih lama kalau belum sempat untuk memperbaikinya ke tukang servis.

Mengaktifkan Fitur Scheduled Power ON

Sudah penasaran dengan langkah-langkahnya? Yuk simak rangkumannya berikut ini:

  1. Buka menu Settings pada HP kamu dan klik opsi Developer Options, biasanya terletak di bagian bawah
  2. Lalu, pada Build Number kita klik Berkali-kali sampai tampil sebuah notifikasi seperti You are now a developer
  3. Setelah itu klik opsi Developer Options yang tadinya OFF Menjadi ON
  4. Dan pada opsi USB debugging kita klik ON juga
  5. Nah, jika sudah kita kembali lagi ke menu Settings
  6. Dan pilih opsi Scheduled power ON/OFF, pada pilihan Power ON kita klik menjadi bewarna biru yang menandakan aktif.

2. Aplikasi Screen Off and Lock

Aplikasi Screen Off and Lock

Kali ini kita akan masih mengalihkan fungsi dari tombol power dan bukan memperbaiki fisiknya. Yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Screen Off and Lock, yang dapat memungkinkan penggunanya untuk bisa mematikan dan mengunci perangkat HP. Screen Off and Lock tentu akan sangat berguna untuk menggantikan tombol power yang rusak. Melalui layanannya yang sempurna kita tidak perlu lagi membuka aplikasinya untuk mematikan handphone, sebab terdapat tombol mengambang yang siap di gunakan satu kali klik saja. Bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi ini bisa mengunduhnya secara gratis dari Google Play Store disini

3. Mengaktifkan Assistant Menu

Assistant Menu merupakan aplikasi bawaan HP Samsung seperti assistive touch pada brand ponsel lainnya. Assistant Menu ini memiliki fungsi utama sebagai pengganti peran suatu tombol fisik seperti volume, home, back dan power. Dalam penggunaannya pun tidak lah ribet, seba bakan tersaji tombol shortcut yang gampang sekali di pakai. Oleh karena itu untuk mengalihkan fungsi tombol Power kita akan mengaktifkan fitur Assistant Menu ini pada smartphone Samsung.

Mengaktifkan Assistant Menu

Ingin mengetahui bagaimana langkah dalam mengaktifkan Assistant Menu ini? Yuk simak rangkumannya berikut ini:

  1. Buka menu Settings pada HP milikmu
  2. Dan pilih opsi Accesbility, dan masuk ke menu Dexterity and interaction
  3. Dan selanjutnya kalian tekan Assistant Menu dan kita klik ON dengan cara geser ke kanan
  4. Selesai, selebihnya tinggal kamu atur sendiri tampilannya sesuai keinginan.

4. Aplikasi Power Button to Volume Button

Aplikasi Power Button to Volume Button

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Power Button to Volume Button. Sesuai sama namanya kalau perangkat lunak ini berguna untuk mengalihkan fungsi tombol Power ke dalam tombol Volume. Dengan begitu kamu akan tetap bisa memati hidupkan ponsel seperti biasanya dengan menekan tombol fisik. Dalam penggunaan aplikasi ini sangat gampang sekali, dan kalau anda bertanya apakah harus root terlebih dulu? Tidak perlu. Cukup download aplikasi dari Play Store dan lakukan pengaktifan dan centang opsi yang kamu mau.

5. Mengecek Tombol Power

Mengecek Tombol Power

Langkah yang satu ini merupakan tips untuk kamu sebelum membawanya ke tukang servis. Coba lah untuk melakukan pengecekan terhadap tombol fisk yang rusak. Karena, tak jarang suatu tombol tidak berfungsi di akibatkan adanya penyumbatan benda kecil di sekitar rongga-rongganya, sehingga fungsi dari tombol tersebut terganggu. Kalau smartphone mu masih model lama, di mana casing belakang bisa di buka, maka akan lebih muda untuk mengecek dan memperbaikinya. Selain itu, juga karena adanya benturan mau itu sengaja ataupun tidak yang mengakibatkan tombol power tidak berfungsi.

6. Aplikasi Button Mapper

Aplikasi Button Mapper

Melalui aplikasi Button Mapper ini akan memudahkan kita untuk merubah dan menambah fungsi tombol pada smartphone, dan tentu dapat mengatasi tombol power yang rusak. Dalam penggunaannya pun tidak di perlukan akses root, jadi akan sangat mudah di gunakan. Apabila terjadi kesalahan penyettingan tombol ketika anda menggunakannya, tidak usah panik. Sebab, ada fitur default yang akan mengembalikan fungsi tombol seperti semula.

Penutup

Baik, itulah tadi isi artikel kita kali ini yang berjudul Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung Yang Rusak. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini