Cara Ampuh Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca Pada HP Android

Cara Ampuh Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca Pada HP Android – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan menyelesaikan permasalahan terhadap kasus yang kerap kali terjadi kepada kartu SIM hp kita. Masalah yang sering terjadi pada kartu SIM hp yaitu tidak terdeteksi nya kartu tersebut kedalam sistem smartphone, seperti munculnya notif “SIM Card Not Inserted” atau “Kartu SIM Tidak Ada Layanan”. Sedikit info bagi kalian agar lebih memahami apa itu SIM Card, yaitu adalah salah satu jenis Micro SIM yang berguna sebagai alat pemancar sinyal agar kita bisa berkomunikasi kepada orang lain dan terhubung kedalam dunia maya. Dimana artinya tanpa ada nya karu SIM ini kita tidak akan dapat terhubung ke jejaring sosial internet melalui smartphone kita terkecuali menggunakan layanan jaringan Wifi.

Cara Ampuh Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca Pada HP Android

Seperti yang kalian ketahui bahwa pada jaman modern sekarang ini perangkat hp semakin hari semakin menipis dan canggih, yang mana artinya perangkat tersebut sudah memakai komponen – komponen yang cukup kecil dalam menunjang aktifitasnya. Sedikit contohnya saja bisa anda lihat pada produk smartphone Xiaomi, Samsung, dan lain sebagainya telah banyak melakukan penyempitan ruang untuk penyimpanan kartu SIM, sehingga kita tak jarang harus melakukan pemotongan secara manual pada SIM Card tersebut supaya pas di pasang. Secara tidak langsung dan tanpa kita sadari pula, dengan melakukan pemotongan tersebut bisa menjadi sumber masalah yang dapat mengakibatkan suatu kartu SIM tidak terbaca dengan sempurna oleh sistem android. Karena mungkin saja penempatan dan pemotongan nya yang kurang tepat, dan akhir nya memunculkan permasalahan – permasalahan yang ada.

Baca Juga :


Ada pun penyebab lainnya yang mengakibatkan tidak terdeteksi nya SIM Card di dalam hp, seperti keadaan SIM Card yang memang sudah tidak layak untuk di pakai karena memang mungkin sudah berumur sangat lama. Selain itu bisa juga di sebabkan oleh kondisi fisik kartu SIM pada jalur kuningan nya sudah tidak sempurna lagi atau rusak, smartphone yang sering panas juga bisa menyebabkan suatu SIM Card meleleh secara perlahan melihat bahannya sendiri plastik dan berupa kuningan. Nah, namun untuk kalian para pembaca bukandroid, tidak usah khawatir serta panik lagi, sebab pada kesempatan kali ini bukandoroid akan memberikan beberapa tips jitu untuk bisa kalian coba mengatasi masalah – masalah tersebut.

Cara Ampuh Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca Pada HP Android

Setelah mengetahui dengan pasti dengan membaca faktor faktor penyebab di atas tadi, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan masalah ini. Di bawah ini sudah saya rangkum beberapa metode yang dapat dengan mudah untuk kamu praktekkan agar bisa mengatasi SIM Card tidak terbaca pada hp android.

Cara Ampuh Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca Pada HP Android

1. Membersihkan Tray Kartu SIM

Cara pertama yang wajib anda lakukan adalah membersihkan serta mengecek apakah terdapat debu yang menumpuk pada tray SIM Card anda. Untuk cara nya sendiri cukup lah gampang, pertama kalian harus mematikan perangkat smartphone terlebih dulu, lalu mengeluarkan tray beserta kartu SIM dari hp. Jika sudah maka lanjut dengan membersihkan tray SIM dengan cara meniup nya atau di lap dengan halus tanpa merusak bagian – bagian tertentuk dari tray maupun SIM Card kamu.

Langkah ini penting di lakukan sebab kemungkinan besar penyebab kartu SIM tidak terbaca terjadi oleh ada nya penumpukan debu pada tray tersebut. Sudah di rasa cukup bersih ? Kemudian masukkan lah lagi tray beserta SIM Card kamu ke dalam smartphone, dan coba nyalakan kembali. Setelah itu silahkan di periksa apakah sudah terdeteksi ? Kalau belum lanjut ke tahap berikutnya.

2. Beralih Kedalam Mode Pesawat

Baiklah, tadi kita sudah memastikan kalau tidak ada masalah terhadap tray SIM Card kamu, maka cara jitu kedua yaitu dengan mengalihkan dan menyegarkan jaringan data internet dengan cara memanfaatkan mode pesawat. Memang cara ini cukup simple banget dan juga tidak banyak orang yang sempat kepikiran untuk melakukan hal ini, tapi percaya atau tidak, saya pribadi juga pernah melakukan hal ini dan terbukti banget sangat jitu dalam hal mengatasi tidak terbaca nya kartu SIM pada ponsel android.

Untuk langkah – langkah nya sendiri bisa kalian simak ya, yaitu pertama tap opsi Mode Pesawat atau Airplane Mode pada smartphone anda, kemudian diam kan sesaat selama 30 detik misalnya, dan setelah itu silahkan tap kembali Mode Pesawat tersebut. Sampai tahap ini kita sudah berhasil menyegarkan kembali jaringan data internet provider tersebut, dan besar kemungkinan nya kalau memang masalah itu bukan di karenakan oleh kerusakan fisik SIM Card, maka dapat saja terselesaikan hanya dengan menggunakan langkah satu ini.

3. Mencoba SIM Card Lain

Jika sudah menggunakan kedua cara di atas masih saja tidak membuahkan hasil yang memuaskan bagi anda, maka anda perlu melakukan langkah ini. Yaitu dengan cara mencoba memakai kartu SIM lain ke dalam hp kamu, dan juga pasang kartu SIM yang bermasalah tadi ke dalam hp lain. Dengan menggunakan cara ini kita akan mengetahui dengan pasti kerusakan tersebut sebenarnya terjadi terhadap perangkat hp kita atau malah si kartu SIM tadi memang sudah rusak.

4. Mengatur Jaringan SIM Card

Namun permasalahan kartu SIM tidak terbaca oleh hp ini juga terkadang terjadi karena adanya masalah terhadap jaringan provider itu sendiri yang sedang error, sehingga kartu SIM yang anda pakai seolah – olah tidak terbaca oleh perangkat smartphone. Agar dapat mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan reset ulang jaringan secara manual hp android tersebut. Yaitu melalui menu Setting > klik Network & Internet > kemudian tap Mobile Network > dan isi kolom Access Point Names sesuai dengan APN provider kamu.

5. Tanyakan Kepada Pihak Provider

Langkah terakhir yang cukup jitu untuk kalian coba adalah dengan cara mendatangi outlet dari customer service dari provider yang di gunakan pada kota kamu. Tanyakan lah kepada customer service nya perihal masalah yang kamu alami ini, supaya nanti nya mereka akan memberikan solusi yang terbaik untuk anda gunakan. Dimana jika memang kartu tersebut meamng telah rusak, maka biasa nya pihak provider akan mengganti kartu tersebut dengan yang baru tapi juga memakai nomor yang sama dengan sebelumnya. Dan kamu juga nanti bisa mengetahui kalau memang jika masalah tersebut bukan berasal dari SIM Card yang digunakan, maka perangkat smartphone kalian sedang bermasalah dan harus di antarkan ke tukang service hp.

Penutup

Sekian dari mimin kali ini, semoga dengan ada nya artikel ini akan bisa memecahkan masalah yang sedang kalian hadapi perihal tidak terbaca nya karu SIM di dalam hp smartphone. Seperti biasa jangan lupa share artikel ini ke dalam akun sosial media kamu, supaya banyak orang – orang yang memiliki problem yang sama dan bisa mengatasinya dengan mudah.