Cara Memperbaiki Layar Rotasi HP Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Layar Rotasi HP Tidak Berfungsi Cara Memperbaiki Layar Rotasi HP Tidak Berfungsi- Di android pasti sudah memiliki fitur bawaan yang bisa di gunakan untuk merotasikan layar hp. Rotasi layar merupakan membalikan layar ketika melaksanakan tasking, kamu bisa mengubah dari potrait ke landscape, begitupun sebaliknya. Biasanya kamu yang sering mengetik dokumen atau bermain game akan tahu betapa pentingnya fitur rotasi layar ini di dalam smartphone. Dengan menggunakan fitur rotasi layar kita lebih gampang memindahkan posisi antarmuka pengguna. Memindahkan posisi antarmuka pengguna bisa di lakukan dengan cara memutarkan layar dari satu arah ke arah lainnya. Jika kita memutar layar ke arah baik itu ladscape maupun potrait maka layar akan mengikuti dengan sendirinya.

Cara Memperbaiki Layar Rotasi HP Tidak Berfungsi

Rotasi layar memang menjadi salah satu fitur yang umum sekali di smartphone, yang memiliki fungsi untuk penyesuaian layar. Dengan di lengkapi oleh sensor accelerometer yang berfungsi untuk mengetahui posisi atau membaca smartphone yang sedang di gunakan oleh pengguna. Maka dari itu sebagian orang menganggap kalau fitur rotasi layar ini menjadi hal yang sangat penting. Jika rotasi layar mengalami kerusakan atau error, akan membuat pengguna menjadi kebingungan atau merasa tidak nyaman. Karena tidak bisa mengatur layar menjadi landscape, contohnya ketika kita sedang menonton atau memutar video. Tanpa adanya fitur rotasi layar, maka posisi layar android tetap berdiri, dan itu akan membuat pengguna menjadi kurang nyaman.

Baca Juga :

Mengaktifkan fitur rotasi layar ini juga sangat gampang sekali, kamu cukup menggeser manu bar yang terdapat di bagian atas layar, lalu anda hanya perlu pilih tombol rotasi. Mengaktifkannya memang mudah sekali kan, tapi pasti di setiap pengguna mengalami masalah kalau rotasi layar yang tidak berfungsi. Hal ini bisa disebab kan oleh kamu lupa mengkatifkan rotasi, lalu ada aplikasi yang mengakibatkan layar terkunci, sehingga sistem mengalami bug. Tetapi kamu jangan langsung ambil keputusan karena ada beberapa peyebab lainnya kenapa rotasi tidak berfungsi. Sensor yang di gunakan pada fitur rotasi ialah accelerometer dan gyroscope. Apabila salah satu dari sensor itu mengalami masalah, makan posisi layar tidak akan bisa berubah.

Cara Memperbaiki Layar Rotasi HP Tidak Berfungsi

Banyak sekali peyebab kenapa rotasi layar tidak berfungsi, salah satunya karena kita sudah memasang cutom ROM yang tidak mampu begerak dengan spec smartphone. Dengan melakukan root sehingga terjadi kerusakan di sensor acclerometer. Di artikel ini akan memberikan solusi atau cara memperbaiki layar rotasi HP yang tidak berfungsi.

1. Kalibrasi Sensor

Jika kita mendengar kalibrasi, pasti yang kita pikirkan adalah sesuatu yang membuat sensor menjadi benar lagi. Karna kalibrasi adalah suatu proses yang bisa mengetahui kalau sensor itu masih benar atau tidak. Fitur rotasi layar akan aktif jika ada sensor Gyroscope dan Accelerometer di HP gang masih berfungsi dengan baik. Kedua fitur ini bisa menjadi error dan bisa tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik. Tapi tenang, ada solusi yang bisa kita lakukan dengan cara kalibrasi sensor.

Kalibrasi Sensor

Berikut dibawah ini beberapa langkah dalam melakukan solusinya :

  1. Buka di menu Setelan pada ponsel milikmu
  2. Lalu pilih Tentang Ponsel
  3. Jika sudah maka tap di kolom Versi Kernel
  4. Kemudian nanti muncul menu Tes
  5. Gulir ke bawah, lalu klik opsi Tes Sensor Gyroscope atau Accelerometer
  6. Selanjutnya di buka dan kamu bisa melakukan kalibrasi.

Jika cara diatas terdapat sedikit kesulitan sehingga tidak bisa kamu lakukan, maka masih ada cara lain. Simak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Pertama buka lah menu Dial Telephone pada smartphone
  2. Lalu ketikan *#0*# dan tekan Call atau Panggil
  3. Setelah itu akan tampil sebuah menu popup, dan tekan pilihan Sensor
  4. Jika sudah maka anda akan melihat Status Accelerometer dan Sensor Proximity yang sedang mengetest sistem
    Kalibrasi Sensor
    Kalibrasi Sensor
  5. Pada hasil tampilan grafik gambar tersebut jika hasil Tidak Sesuai maka akan terlihat kalau terdapat gangguan.

2. Restart HP

Cara kedua ini adalah merestart HP atau memulai ulang memang salah satu langkah yang paling ampuh untuk mengatasi rotasi layar yang terkunci. Ini adalah cara sudah umum sekali, jika melakukan restart HP semua permasalahan yang ada di HP menjadi teratasi dengan mudah. Untuk cara merestart HP kamu lakukan seperti biasa saja. Atau bisa dengan melakukan cara mematikan HP, kemudian anda tunggu sekitar beberapa 1 menit sebelum mengaktifkannya HP lagi. Kamu harus melakukan pengecekan ulang di rotasi layar, apakah sudah berfungsi seperti semula dan kembali efektif atau tidak.

3. Menghilangkan Root

Menghilangkan akses root merupakan solusi yang bisa kita lakukan untuk kondisi fitur rotasi layar. Melakukan root memiliki resiko salah satunya adalah bisa menonaktifkan suatu fitur yang ada di HP tanpa kita sadari. Makanya fitur rotasi layar pada HP sering sekali terkena dampaknya, karena sudah menjadi satu kesatuan bagian dari sistem. Caranya menghilangkan Root berbeda-beda, sesuai dengan jenis HP yang kalian pakai, dan bisa melihat cara menghilangkan root di Youtube. Nah untuk kalian yang belum melakukan akses root, coba lah untuk memikirkan resikonya lagi ya. Sebab tak hanya dapat mematikan rotasi saja, melainkan masih banyak lagi.

4. Aplikasi Penyebab Sensor Rotasi Terkunci

Aplikasi penyebab sensor rotasi mamang banyak sekali memiliki fungsi yang bermacam-macam salah satunya adalah bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem. Jenis aplikasinya adalah background service yang memiliki tipe aplikasi berjalan di latar belakang dan tetap terus berjalan tanpa di ketahui. Tetapi masih banyak bagian aplikasi dari jenis ini yang menjadikan sensor rotasi menjadi terkunci. Hal ini berakibat membuat layar kita tidak berubah arah walaupun sudah membolak-balikkan posisi HP. Maka dari itu di sarankan dengan cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi bisa di lakukan dengan mencari aplikasi yang menjadi penyebabnya kenapa rotasi layar tidak berfungsi. Jika sudah di temukan kamu tinggal menghapus aplikasi itu.

5. Ultimate Rotation Control

Ultimate Rotation Control merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengunci dan perubah rotasi tampilan smartphone. Jadi, ini bisa menjadi alternatif ampuh yang dapat anda lakukan dalam mengatasi masalah rotate yang tak berfungsi. Jangan ragu untuk tak bisa mengatasi rotasi yang rusak, sebab aplikasi ini akan memaksa mode landscape dan potret secara paksa. Keunggulan yang disajikan juga sangat beragam ya, seperti memaksa rotasi yang tadi saya jelaskan, mengunci rotasi, membuat pintasan ke mode tertentu, dan masih banyak lagi. Dalam penggunaannya tidak memerlukan akses root, jadi sangat simple mengaplikasikannya.

Penutup

Baiklah itu dia tadi pokok pembahasan kita kali ini yang membahas tentang Cara Memperbaiki Layar Rotasi HP Tidak Berfungsi. Diharapkan setelah membaca isi artikel kita tadi, dapat membantu dalam mengatasi masalah pada smartphone kamu ya. Oh iya, jangan lupa untuk share terlebih dulu artikel kita ke temen-temen ok, terimakasih.

Jimi Mandara
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Mandara, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini