Penyebab Dan Cara Memperbaiki HP Xiaomi Mati Total

Penyebab Dan Cara Memperbaiki HP Xiaomi Mati Total – Jika hp kita mengalami mati total secara tiba – tiba pasti lah akan membuat panik dan hal tersebut tidak dapat di pungkiri lagi. Oleh karena itu penting untuk kamu terlebih dulu mengetahui cara memperbaiki smartphone Xiaomi yang mengalami mati total agar dapat terhindar dari kepanikan. Akan tetapi, sebelum tau cara memperbaiki nya, anda juga perlu untuk mengetahui apa penyebab pasti hp tersebut bisa mengalami mati total secara tiba – tiba atau pun ada gejala sebelumnya. Smartphone yang mengalami mati total secara mendadak maupun tidak sebenarnya memang bukan hanya terjadi pada hp merk Xiaomi, namun pada kesempatan kali ini kita akan mengulas abis penyebab dan cara memperbaiki mati total pada hp Xiaomi.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki HP Xiaomi Mati Total

Ada pun masalah yang bernama bootloop, yaitu salah satu kasus dimana ponsel mati dengan sendiri walau hp itu dalam keadaan hidup seperti sedang asik nya melakukan aktifitas bersama smartphone tapi malah mati dan hanya nampak logo MI saja. Dengan munculnya masalah seperti ini dan tanpa mengetahui penyebab pastinya terkadang banyak orang menyebut produk tersebut tidak bagus serta mudah error, tetapi kalau anda salah satu orang yang berkata dan berpikir demikian, maka itu adalah kesalahan yang besar, sebab masalah seperti ini umumnya di sebabkan oleh human error atau kesalahan dari para pengguna, yang mana bukan berarti produk dari brand tersebut jelek.

Baca Juga :

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa sebelum kamu melakukan cara memperbaiki hp Xiaomi mati total ada baiknya untuk mengetahui terlebuh dahulu apa yang menyebabkan terjadi nya error tersebut. Hal ini penting sebab agar nanti nya kalian bisa mencari serta mengatasi masalah ini dengan baik dan benar tanpa harus ribet lagi kalau terjadi masalah ketika melakukan proses perbaikan. Tanpa basa – basi lagi silahkan simak ulasan nya di bawah ini.

Penyebab Xiaomi Mati Total

Sebelum kita membahas lebih dalam bagaimana cara memperbaiki smartphone android mati total itu, alangkah bagusnya jika menyimak terlebih dulu apa saja kemungkinan penyebab dari hp yang tidak bisa hidup normal secara umum berikut di bawah ini.

1. Kemasukan Air

Seperti yang kita tahu bahwa air sendiri adalah sebuah komponen konduktor yang bisa mengakibatkan ponsel mati total sebab terjadi nya konsel pada hardware pada perangkat. Oleh karena itu jika anda mengalami kejadian tersebut yang mana ponsel android kemasukan air maka langsung saja jemur kering di bawah sinar matahari serta membersihkan board PCB dengan memakai cairan khusus berupa bensi terlebih dulu sebelum kamu hidupkan kembali.

2. Baterai Kosong

Penyebab fatal yang kerap kali sering kita abaikan yaitu adalah membiarkan hp Xiaomi kita mati total di sebabkan oleh daya baterai yang kosong. Jadi, dalam kondisi ini smartphone android Xiaomi akan bisa hidup kembali normal kalau setidak nya minimal ia mempunyai tekanan arus sebesar 300mv dan tegangan kurang lebih 3.4 – 4V dalam proses pengisian daya baterai. Karena itu lah jangan sesekali membairkan hp Xiaomi kamu mati sampai kehabisan daya baterai, hal itu juga akan berdampak buruk pada usia si baterai yang tidak akan bertahan cukup lama.

3. Tidak Ada Sinyal

Kalian juga harus tahu dan memperhatikan masalah ini, kalau bahwasan nya ketika hp Xiaomi sedang dalam kondisi kurang sinyal atau yang selalu mencari sinyal sebab keberadaan tempat tersebut kurang akan jaringan dari SimCard anda untuk mendapatkan sinyal internet, maka hal tersebut juga bisa mengakibatkan smartphone Xiaomi mati secara dadakan. Sebab komponen IC PA pada hp akan sangat banyak menggunakan arus baterai yang mana ia bekerja lebih exstra sampai penggunaan baterai menjadi sangat membengkak.

Selain penyebab perangkat Xiaomi mati total tadi sebenarnya masih banyak lagi penyebab – penyebab lainnya, karena faktor tersebut pada dasar nya bisa kita deteksi dengan mudah jika memang kita perhatikan dengan seksama kondisi dan kejadian yang terjadi pada si perangkat keras itu, sehingga nantinya kamu akan mengetahui apa penyebab yang akhir nya menimbulkan masalah tersebut.

Penyebab Xiaomi Mati Total

Cara Memperbaiki HP Xiaomi Mati Total

Setelah mengetahui penyebab nya maka kini kalian harus tau cara bagaimana memperbaiki masalah tersebut dengan menggunakan beberapa metode yang sudah saya rangkum di bawah ini hanya untuk anda pembaca setia bukandroid.

1. Cek Memakai Baterai HP Xiaomi lain

Seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa baterai pada hp Xiaomi sendiri rentan akan kerusakan jika kamu menyepelekan masalah kecil dalam hal pemakaian nya. Hal pertama yang harus kita lakukan jika masih bingung penyebab pasti kenapa smartphone Xiaomi tersebut bisa mati total secara tiba – tiba, yaitu adalah dengan cara menguji coba nya terlebih dahulu memakai baterai hp Xiaomi lainnya, jika sudah coba nyalakan lagi. Dan untuk kalian pengguna Xiaomi yang memiliki baterai tanam atau non removable baterai, bisa melakukan cara restart / reboot dengan cara menekan tombol Power + Volume (-) secara berbarengan selama hp menyala kembali.

2. Melepas Semua Komponen HP

Ok, cara kedua saya sarankan adalah dengan menggunakan cara melepas semua komponen eksternal pada perangkat hp, yang mana apabila hp tersebut sedang mengalami botloop / kegagalan masuk ringan. Berikut di bawah ini tutorial lengkap nya :

  1. Copot semua komponen eksternal hp, seperti Micro SD, Baterai, Sim Card. Kemudian biarkan beberapa saat.
  2. Setelah itu pasang kembali semua komponen yang anda lepas tadi, dan cobalah hidupkan kembali ponsel.
  3. Lalu tekan tombol Power + Volume UP dan Volume Down sampai muncul suara “beep” pada hp. Atau tahan ketiga tombol tersebut selama 1 sampai 3 menit jika bunyi “beep” tidak terdengar.
  4. Maka smartphone akan hidup kembali kalau cara ini berhasil di lakukan.

3. Lakukan Flashing Ulang Menggunakan Laptop / PC

Kalau sudah mencoba kedua cara di atas untuk mengatasi masalah mati total hp Xiaomi kamu belum berhasil, maka coba lah untuk melakukan cara yang satu ini, yaitu dengan cara melakukan cara Flashing Ulang. Namun, perlu di ingat kalau kamu mau melakukan cara ini maka anda membutuhkan suatu alat tambahan sebagai pembantu proses perbaikan, tidak lain tidak bukan adalah Laptop / PC. Sebab kamu akan melakukan proses penghubungan USB smartphone ke dalam perangkat laptop tadi, yang mana kalau hp tersebut masih terbaca oleh sistem komputer artinya ponsel itu masih bisa di selamatkan oleh anda sendiri tanpa harus membawa nya ke konter service.

Akan tetapi proses untuk langkah – langkah melakukan proses flashing sendiri tidak akan saya terangkan di artikel ini, sebab untuk cara nya sendiri sangat lah panjang dan setiap hp memiliki cara nya berbeda – beda, saya sarankan untuk anda yang mau melakukan flashing hp Xiaomi dengan benar yaitu datang langsung ke forum nya. Yang saya maksud bukan hanya berbeda tipe hp, tapi juga mencakup luang lingkup chipset processor yang digunakan oleh perangkat handphone kamu. Saya beri contoh juga hp yang rusak tersebut memakai chipset processor mediatek maka harus menggunakan software yang bernama SPFlashtool, sedangkan untuk hp berchipset Snapdragon menggunakan software QPST yang harus sudah terinstall pada PC anda.

Penutup

Demikian lah artikel kali ini, semoga dapat membantu masalah anda, ingat lakukan lah semua tutor yang sudah saya terangkan di atas dengan benar agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan fatal. Jangan lupa share artikel ini juga yaa, dengan cara menekan tombol share di bawah artikel, thanks guys, see you next time.