Cara Memperbaiki Error Kamera Tidak Terhubung Di HP Oppo

Cara Memperbaiki Error Kamera Tidak Terhubung Di HP Oppo – Di antara kalian mungkin banyak yang bertanya – tanya bagaimana sih cara memperbaiki kamera error tidak terhubung pada smartphone Oppo ? Ya mengatasi masalah tersebut sangat lah penting mengingat fitur dan fungsi dari kamera itu sendiri yang sangat berguna sekali untuk menunjang aktifitas kita sehari – hari di massa kini. Selain biasa nya di gunakan untuk berselfie, kamera android itu juga berfungsi untuk menunjang jalannya suatu aplikasi tertentu yang membutuhkan derma dari si kamera android tersebut. Bagi pengguna smartphone Oppo tak sedikit mengalami error pada kamera mereka, yang terkadang muncul pesan error yang mengatakan “Can not Connect to Camera” atau bisa di artikan “Tidak Bisa Terhubung ke Kamera”.

Cara Memperbaiki Error Kamera Tidak Terhubung Di HP Oppo

Yang menyebalkan nya lagi, ketika muncul pesan error “Tidak Bisa Terhubung ke Kamera” pada saat membuka kamera di hp Oppo akan membuat layar menjadi hitam yang menandakan error tersebut mengakibatkan blank dan lag. Jadi, bagaimana cara kita mengatasi kamera Oppo error tidak dapat terhubung seperti itu ? Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips & trick untuk bisa kamu terapkan agar dapat menyelesaikan error pada kamera Oppo tersebut dengan cepat. Tapi sebelum kita membahas solusi cara mengatasi nya, anda juga perlu tahu bahwa kesalahan pada kamera itu pasti lah memiliki penyebab nya tersendiri, bisa saja ada nya crash pada sistem operasi, memory penyimpanan foto & video sudah sangat sempit, dan aplikasi kamera yang mengalami crash.

Baca Juga :

Jika sebelumnya kamu melakukan installasi custom room sendiri, maka kemungkinan besar error pada hp kamera oppo kamu di sebabkan oleh hal tersebut, dimana crash yang di alami terjadi karena kompatibilitas dari aplikasi dengan hardware kamera hp sehingga mengakibatkan kamera error di sertai pesan error tersebut. Kalau anda sebelumnya melakukan update firmware pada smartphone android juga berkemungkinan besar mengakibatkan crash sistem seperti custom room tadi. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika crash pada saat membuka kamera terjadi di karenakan hardware yang bermasalah yang mengakibatkan kegagalan fungsi ketika camera di jalankan. Jadi, kalau sudah pasti penyebab nya di karenakan hardware bermasalah, satu – satu nya jalan yang bisa kamu lakukan adalah membawa nya ke tukang service smartphone.

Cara Memperbaiki Error Kamera Tidak Terhubung Di HP Oppo

Agar bisa memperbaiki error kamera tidak terhubung di HP Oppo, anda bisa mencoba beberapa tips – tips di bawah ini yang sudah saya rangkum sedemikian rupa supaya mudah untuk kalian mengerti dan praktikkan. Tips yang sudah saya rangkum di bawah memang tidak dapat di katakan 100% berhasil, tapi jika anda belum yakin kerusakan yang terjadi tersebut di sebab kan oleh hardware yang rusak, maka beberapa langkah di bawah wajib untuk kamu praktikan.

1. Menghapus Data dan Menghentikan Paksa Aplikasi

Pada langkah pertama saya sarankan anda melakukan penghentian paksa dan menghapus data pada aplikasi kamera hp Oppo, yang mana cara ini sangat simple untuk kita lakukan dan tentu juga sangat ampuh menyelesaikan masalah error pada sistem suatu aplikasi yang bermasalah. Penghapusan data apl akan mengakibatkan hilang nya seluruh data yang ada pada sistem apl tersebut, seperti halnya dengan file history, cache, setting kamera, basis data, dan masih banyak lagi.

Menghapus Data dan Menghentikan Paksa Aplikasi

Untuk langkah – langkah penghapusan data dan penghentian paksa aplikasi kamera itu sendiri bisa kamu simak di bawah ini :

  1. Masuk lah ke dalam Settings pada HP kamu.
  2. Pilih Pengaturan Apps.
  3. Cari dan buka aplikasi Kamera.
  4. Lalu klik tombol Paksa Berhenti.
  5. Setelah itu segera tekan tombol Hapus Data.
  6. Kemudian biasa nya akan tampil suatu notifikasi yang menyatakan kalau anda telah yakin mau melakukan penghapusan file data atau tidak.
  7. Kalau pop up tersebut telah muncul, tekan saja tombol pilihan YES atau OK.

2. Melepas Semua Komponen Eksternal

Cara simpel kedua kamu dapat melakukan pelepasan komponen eksternal terlebih dulu pada smartphone Oppo sebelum melakukan cara rumit di bawah ini nanti. Hal ini terbukti ampuh mengatasi banyak masalah yang serupa, sebab dengan melakukan langkah ini akan membuat sistem android menjadi segar kembali layak nya manusia yang di tidurkan dengan pikiran yang tenang.

Melepas Semua Komponen Eksternal

Untuk langkah – langkah melepas semua komponen eksternal dan mereboot ponsel bisa kamu simak di bawah ini :

  1. Matikan ponsel seperti biasa dengan cara menekan tombol Power.
  2. Kemudian lepas semua komponen eksternal yang terdapat pada hp seperti halnya dengan Baterai, Sim Card, dan MicroSD.
  3. Lalu biarkan sejenak semua komponen terlepas selagi ponsel tadi mati hingga beberapa menit.
  4. Setelah itu baru lah pasang kembali semua komponen eksternal yang kamu lepas tadi, dan kemudian hidupkan kembali ponsel seperti biasa.
  5. Sampai disini kalian sudah selesai, tinggal tunggu saja proses booting selesai, dan coba lah untuk membuka aplikasi kamera anda kembali.

3. Memakai Aplikasi Kamera Lain

Memakai Aplikasi Kamera Lain

Jika dengan cara melakukan kedua cara di atas tapi masih belum bisa menunjukkan hasil yang nyata maka kalian dapat melakukan penginstallan aplikasi kamera yang ada di dalam Play Store. Akan tetapi sebelum anda melakukan penginstallan apl kamera lain ada baik nya untuk anda coba terlebih dulu untuk menginstall ulang apl kamera Oppo tersebut. Jika belum menunjukkan hasil maka baru lah kamu coba menginstall aplikasi kamera seperti Camera 360, Camera MX, Camera XOOM FX, Open Camera, Camera FV – 5, dan masih banyak lagi yang dapat kalian download secara gratis melalui Google Play Store.

4. Melakukan Factory Reset

Jika menggunakan ketiga cara di atas namun belum juga membuahkan hasil, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menyetel kembali smartphone Oppo ke setelan awal pabrik atau lebih di kenal dengan istilah factory reset. Factory Reset ini berfungsi agar semua keadaan sistem pada ponsel kembali semula seperti pada saat kita baru membeli nya , dimana dengan memakai cara ini jelas akan menyelesaikan semua masalah yang ada pada perangkat lunak smartphone Oppo. Sebelum kalian melakukan langkah ini, ada baik nya untuk terlebih dulu melakukan backup terhadap file – file yang di anggap penting, karena seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa dengan menggunakan cara ini akan mengembalikan semua sistem hp ke awal setelan pabrik.

Melakukan Factory Reset

Untuk langkah – langkah melakuakn factory reset pada smartphone Oppo bisa kamu simak di bawah ini :

  1. Buka Settings pada ponsel kalian. Kemudian pilih Setelan Tambahan.
  2. Lalu tekan menu Buat Cadangan & Setel Ulang.
  3. Lanjut dengan mengklik Kembali ke Setelan Pabrik.
  4. Setelah itu pilih menu Setel Ulang Telepon, dan juga jangan lupa untuk konfirmasi pilihan dengan cara memilih opsi Hapus.
  5. Tunggu proses factory reset tersebut sampai selesai, kalau sudah selesai maka sistem akan langsung melakukan reboot secara otomatis.

Penutup

Semoga dengan ada nya tutorial ini dapat membantu mengatasi masalah kalian, dan jangan lupa jika anda merasa terbantu alangkah baiknya untuk mengeshare artikel ini ke dalam akun sosial media kamu, agar dapat lebih banyak membantu orang lain.