Cara Memperbaiki 4G Xiaomi Redmi 3 Hilang Setelah Update MIUI 8

Cara Memperbaiki 4G Xiaomi Redmi 3 Hilang Setelah Update MIUI 8 – Sebagian para pengguna dari smartphone Xiaomi redmi 3 atau MIUI 8 sekarang ini sudah susah untuk mendapatkan jaringan sinyal 4G, sebab hal ini di karenakan telah ada nya peraturan TKDN / Tingkat Kandungan Dalam Negeri yang memang telah lama di keluarkan sejak 2016 lalu, sehingga membuat kita para pengguna Xiaomi redmi 3 berbasis MIUI 8 sulit untuk bisa mengaktifkan sinyal jaringan 4G. Yang mana dengan ada nya peraturan TKDN tadi berimbas pada pada pihak Xiaomi juga yang mau tidak mau mereka harus mematikan pilihan sinyal LTE / 4G agar tidak muncul di dalam pengaturan jaringan Xiaomi ROM MIUI 8 terbaru mereka.

Cara Memperbaiki 4G Xiaomi Redmi 3 Hilang Setelah Update MIUI 8

Jadi yang menjadi pertanyaan adalah apakah masih bisakah kita mengunci jaringan 4G di hp Xiaomi dengan ROM MIUI 8 sekarang ini ? karena kalau tidak bisa lakukan lock jaringan 4G LTE tersebut pada smartphone maka kalian juga tidak dapat menikmati kecepatan jaringan internet 4G di semua jejaring sosial pada hp tersebut. Dimana seperti yang sudah anda ketahui mungkin untuk bisa menggunakan sinyal LTE tanpa melalui menu pengaturan hp adalah dengan cara memasukkan dial *#*#4636#*#* dan tinggal ganti pilihan jaringan menjadi LTE Only, namun sekarang cara yang satu ini tidak lagi bisa digunakan, kecuali hp merk lain yang tidak menggunakan basis android MIUI 8 Xiaomi.

Baca Juga :

Oleh sebab itu lah pada artikel kali ini bukandroid akan membagikan beberapa tips & trick yang bisa kamu gunakan agar dapat memakai jaringan internet 4G LTE kembali. Namun masalah terberat nya memang untuk memperbaiki masalah ini kalian tidak bisa sembarang menggunakan cara, yang mana jika ponsel kalian tersebut bergaransi distributor maka sinyal 4G akan hilang kalau melakukan sembarang custom ROM dari MIUI 7 ke MIUI 8. Apa lagi kalau menggunakan factory reset, yang mana malah akan membuat sinyal 4G di hp tetap tidak akan muncul. Jadi berikut beberapa ulasan di bawah ini cara ampuh untuk mengembalikan sinyal jaringan LTE yang hilang pada update MIUI 8.

Cara Memperbaiki 4G Xiaomi Redmi 3 Hilang Setelah Update MIUI 8

Untuk kamu yang sudah telanjur melakukan update MIUI ke versi 8, jangan lagi khawatir akan hilang nya jaringan LTE, sebab masih terdapat sedikit cara yang bisa untuk kamu lakukan agar masalah tersebut bisa teratasi. Tanpa basa – basi lagi silahkan gunakan beberapa cara yang sudah saya rangkum di bawah.

Cara Pertama

Cara pertama yang akan saya beritahu kepada kalian dan jelas terbukti akan keampuhan nya yaitu adalah dengan cara melakukan downgrade versi MIUI 8.1.4.0 pada hp Xiaomi anda kembali ke versi terakhir sebelum di nonaktifkan nya jaringan LTE, yaitu MIUI versi 8.1.1.0. Baiklah berikut di bawah ini tutorial bagaimana melakukan downgrade MIUI agar dapat kembali mengaktifkan jaringan 4G.

Sebelum kamu melakukan downgrade versi MIUI penting untuk terlebih dulu kamu memastikan jika fitur Update Automatically di aplikasi Updater sudah di mati atau nonaktifkan. Kalau tidak, maka pada saat anda sudah melakukan downgrade sistem akan melakukan update secara otomatis. Jadi berikut di bawah ini bagaimana cara menonaktifkan fitur Update Automatically :

  1. Buka aplikasi Updater.
  2. Pilih opsi yang berbentuk Titik Tiga pada sudut kanan atas, lalu klik Settings.
  3. Kemudian lanjut dengan memilih opsi Nonaktifkan Update Automatically.

Jika sudah, lanjut dengan melakukan downgrade veri MIUI 8 :

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengunduh MIUI 8.1.1.0 dari situs resmi Xiaomi di en.miui.com, klik opsi bertuliskan Downloads, lalu cari dan pilih HP Xiaomi tipe apa yang kamu gunakan, seperti redmi Note 3 misalnya.
  2. Perhatikan versi MIUI yang mau kalian download tersebut benar, dapat di lihat jelas seperti yang sudah terlingkar hitam pada gambar di bawah. Kalau sudah yakin dan benar bahwa yang kamu pilih sudah sesuai dengan tipe hp dan versi MIUI 8.1.1.0, maka lanjut dengan klik opsi Download Full ROM. Karena ukuran file itu sendiri sebesar 1 GB lebih dan jika kalian salah unduh sangat di sayangkan kuota tersebut telah habis sia – sia.

    Cara Pertama

  3. Jika file ROM tadi sudah kamu download, pindahkan lah ke dalam folder baru di memori internal smartphone kalau sebelum nya berada di memori eksternal.
  4. Sebelum lanjut ke langkah berikut nya pastikan lah terlebih dulu kalau daya baterai yang terdapat pada ponsel tersebut sudah terasa cukup, yaitu minimal terisi 60%. Hal ini penting di lakukan untuk mencegah hal yang tidak di inginkan ketika melakukan proses berikutnya.
  5. Setelah semua proses yang saya sarankan di atas tadi telah anda terapkan, maka lanjut dengan membuka aplikasi Updater, kemudian pilih opsi bergambar Titik Tiga di sudut atas kanan, lalu klik pilihan Choose Update Package.
  6. Pilih dan cari file ROM MIUI 8.1.1.0 yang sudah di download tadi, pilih OK. Maka akan memulai proses update, yang mana sebenarnya kita melakukan downgrade.
  7. Ketika muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, tap Reboot and Update. Kemudian setelah itu proses downgrade ke versi MIUI 8.1.1.0 akan berjalan dan kamu hanya tinggal proses tersebut selesai.

    Cara Pertama

Cara Kedua

Trick kedua yang dapat mengembalikan ponsel Xiaomi kembali support jaringan 4G LTE adalah dengan cara menerapkan sistem cabut SimCard dengan sedikit trick. Yang mana untuk langkah – langkah lebih jelas nya bisa kamu lihat di bawah ini :

  1. Langkah awal yang harus kamu lakukan ialah melepas tray kartu SIM ketika smartphone masih menyala, dan jangan lupa melepas MicroSD juga sebelum melakukan cara ini jika kamu menggunakan MicroSD pada tray yang sama.
  2. Lalu setelah kartu SIM tercopot, ketik lah dial number *#*#4636#*#* agar masuk ke dalam menu setting rahasia khusus jaringan internet.
  3. Tap opsi pilihan Phone Information 1 dan setelah itu akan tampil halaman baru seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

    Cara Kedua

  4. Di bagian yang bertuliskan set preferred network type, klik drop-down atau seperti yang terlingkar merah pada gambar di atas. Lalu nanti akan muncul beberapa pilihan opsi jaringan internet yang dapat kita gunakan.
  5. Sampai disini jangan dulu memilih opsi jaringan yang mau anda pakai !! Masukkan lah terlebih dahulu kartu SIM yang kamu copot tadi ke dalam hp, tunggu sesaat sampai sinyal bar muncul.
  6. Jika sinyal bar telah muncul lanjut dengan memilih opsi jaringan LTE/WCDMA atau LTE. kalau sudah maka keluarlah dari aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol back atau pun home pada touch screen.
  7. Sampai di sini telah selesai, silahkan cek jaringan anda apakah sudah berubah menjadi 4G LTE. Dan perlu di ingat, kalau smartphone Xiaomi kalian di matikan atau restart maka sinyal LTE tersebut akan hilang kembali ke H+, kalau sudah hilang maka silahkan lakukan kembali cara di atas.

Penutup

Demikian lah postingan kali ini, jika anda merasa sangat terbantu dengan ada nya artikel ini, maka silahkan tekan tombol share di bawah, supaya lebih banyak orang yang akan terbantu dengan ada nya artikel ini.