Cara Memotong Video di Android untuk Pemula

Cara Memotong Video di Android – Di era moder seperti sekarang ini, mengedit video tidak hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC atau laptop saja. Hanya dengan bermodalkan smartphone android kita sudah bisa mengedit video dengan lebih mudah dan cepat. Bahkan jika dibandingkan dengan menggunakan perangkat PC atau laptop, mengedit video melalui smartphone android jauh lebih praktis. Kamu yang masih pemula sekalipun bisa melakukannya dengan tanpa menemui kesulitan.

Cara Memotong Video di Android
Cara Memotong Video di Android

Sama seperti di perangkat PC atau laptop, mengedit video di smartphone android kamu juga masih membutuhkan aplikasi tambahan. Ada banyak sekali jenis aplikasi untuk edit video yang bisa kamu temukan dan gunakan di HP android. Di dalamnya disediakan berbagai fitur menarik, mulai dari memotong video, menggabungkan beberapa video, mengganti musik latar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:

Khususnya untuk memotong video melalui HP android bisa dibilang sangatlah mudah. Selain menggunakan aplikasi khusus, kamu juga memungkinkan untuk memotong video tanpa aplikasi tambahan. Di sini kamu akan menggunakan fitur bawaan yang disematkan di masing-masing smartphone. Atau bisa juga dengan memanfaatkan situs khusus yang menyediakan layanan untuk memotong video. Adapun cara memotong video di android yang mudah selengkapnya bisa di simak di bawah ini.

Cara Memotong Video di Android untuk Pemula

Cara Memotong Video di Android untuk Pemula
Cara Memotong Video di Android untuk Pemula

Bagi seorang editor pemula, memotong video merupakan tutorial dasar yang harus dipahami. Seperti yang disebutkan di atas, memotong video paling mudah dilakukan melalui perangkat smartphone. Kamu yang masih pemula tentunya sangat mudah menerapkan cara satu ini.

1. Memotong Video Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama ini paling cocok diterapkan bagi kamu yang tidak ingin repot menginstall aplikasi tambahan untuk sekedar memotong video. Hampir semua HP keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur untuk memotong video, seperti Samsung misalnya. Namun, fitur ini umumnya hanya bisa digunakan pengeditan dasara video saja. Tidak ada yang spesial seperti memberi stiket atau animasi, filter, transisi atau yang lainya.

Berikut cara memotong video di Android melalui fitur bawaannya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu cari video yang ingin dipotong melalui menu Galeri HP.
  • Jika sudah ketemu, kamu klik video tersebut.
  • Selanjutnya klik ikon seperti pensil yang ada di bagian bawah video.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke tampilan trim atau pemotongan video.
  • Pada bagian trim selector kamu bisa menggeser bagian ujung atau akhir video sesuai keinginan.
  • Jika dirasa sudah, sekarang klik tombol  Simpan yang ada dibagian pojok kanan atas tampilan.
  • Selesai. Video sudah berhasil kamu potong.

Cara ini mungkin berbeda untuk masing-masing tipe atau brand HP. Meskipun demikian, langkah-langkahnya masih tidak berbeda jauh dengan yang sudah dijelaskan di atas. Sebagai informasi, cara di atas saya terapkan pada HP Samsung J3 Pro 2018.

2. Memotong Video Melalui Situs Online

Selain menggunakan fitur bawaan HP, cara lain untuk memotong video yang mudah dan praktis berikutnya yakni melalui situs khusus. Ada beberapa situs yang memang menyediakan layanan untuk memotong video dengan cepat dan mudah. Salah satu situs yang paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi yakni Online Video Cutter.

Berikut langkah-langkah selengkapnya mengenai cara memotong video melalui website khusus, yakni:

  • Langkah yang pertama silahkan kamu kunjungi situs Online Video Cutter melalui browser.
  • Pada halaman utama situs, kamu klik tombol Pilih File lalu cari video yang ingin dipotong di memori internal maupun eksternal. Tunggu beberapa saat hingga video berhasil ditampilkan di layar browser.
  • Di bawah video yang ditampilkan trim selector, kamu geser bagian ujung atau akhir video ke kanan atau ke kiri sesuai yang diinginkan. Bagian video yang tidak terpilih nantinya akan secara otomatis dipotong atau dihapus. Pastikan kamu mengingat di menit atau detik ke berapa awal dan akhir video yang diinginkan.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Simpan yang ada di bagian pojok bawah tampilan situs.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pemotongan video selesai dilakukan. Nantinya akan muncul tombol Unduh atau Download video. Klik tombol tersebut untuk menyimpan video yang sudah dipotong tadi ke memori internal atau eksternal HP.
  • Selesai.

3. Memotong Video dengand Aplikasi

Cara yang terakhir ini masih membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Meskipun cukup merepotkan harus menginstall aplikasi tambahan, namun cara ini tidak kalah mudah. Selain itu, kamu tidak hanya bisa melakukan pemotongan video saja, melainkan juga hal lain. Dengan aplikasi tambahan memungkinkan Anda menggabungkan beberapa video menjadi satu, menambahkan filter, memberi efek slow motion dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari sekian banyaknya aplikasi untuk memotong video, salah satu yang paling direkomendasikan yakni aplikasi InShot. Untuk langkah-langkah memotong video dengan aplikasi InShot selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi InShot di HP android, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik menu Video. Selanjutnya kamu pilih video yang ingin dipotong di aplikasi tersebut.
  • Jika video sudah berhasil ditampilkan, selanjutnya kamu klik ikon Trim (gunting) untuk mulai memotong video.
  • Di sini kamu akan diberikan 3 pilihan untuk memotong video, yakni  TRIM (untuk memotong video dari bagian ujung atau akhir video, sisanya yang tidak dipilih akan dibuang), CUT (untuk memotong bagian tengah video dan menggabungkan secara langsung bagian video yang tidak terpilih) dan SPLIT (untuk memotong video menjadi beberapa bagian sesuai yang diinginkan). Pilih salah satu metode pemotongan video tersebut sesuai kebutuhanmu.
  • Jika sudah, klik ikon Ceklis untuk menyelesaikan pemotongan video.
  • Selanjutnya kamu bisa langsung menyimpan hasil pemotongan video dengan dara klik tombol SIMPAN yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Klik SIMPAN lagi, lalu pilih kualitas video yang diinginkan. Beberapa pilihan kualitas video yang disediakan, mulai dari 640p, 720p, dan 1080p. Semakin besar resolusi video maka akan besar pula ukuran hasil editing videonya.
  • Kamu perlu menunggu proses penyimpanan video. Lama waktu proses penyimpanan tergantung besar tidaknya ukuran video.
  • Selesai.

Penutup

Mudah sekali bukan cara memotong video di android di atas? Pilih salah satu cara yang kamu anggap paling mudah. Jangan lupa juga untuk meng-share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar bermanfaat untuk orang lain.