Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP Paling Mudah

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP – HP android menjadi salah satu perangkat gadget yang paling banyak diminati sekarang ini. Disamping semakin banyak tipe HP dengan keunggulan masing-masing, harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif. Bahkan ada beberapa vendor yang menawarkan produk HP andalannya dengan harga cukup murah.

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP

Tidak hanya harga, daya tarik lain dari sebuah HP android adalah spesifikasi komponen yang dibawanya. Salah satunya adalah kapasitas RAM dan ROM atau penyimpanan internal. Khusus untuk penyimpanan internal, kebanyakan HP android keluaran baru saat ini sudah mengusung kapasitas minimal 16GB ke atas. Kapasitas yang besar tersebut memungkinkan pengguna menyimpan berbagai jenis file dan data.

Baca Juga:

Beberapa pengguna juga berpikir lebih aman dan nyaman menyimpan file dan data pribadi di HP android. Selain itu, kemudahan saat mengaksesnya juga menjadi alasan lain melakukan hal tersebut. Ada juga yang akhirnya memindahkan file yang ada di laptop atau PC ke HP android. Sebagian dari kalian mungkin masih ada yang bingung mengenai cara memindahkan file dari laptop ke HP android. Tenang saja, di bawah ini saya sudah merangkumkan langkah-langkahnya untuk kalian semua.

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP Paling Mudah

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP Android

Menurut beberapa pengguna, khususnya mereka yang masih pemula mungkin akan bingung atau bahkan tidak tahu mengenai cara memindahkan file dari laptop ke HP android. Secara kedua perangkat tersebut berbeda, baik secara fisik ataupun penggunaannya. Karena itulah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara pindah file dari laptop atau PC ke HP android tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

1. Menggunakan Kabel Data

Cara memindahkan file dari laptop ke HP android yang pertama adalah dengan memanfaatkan kabel data atau kabel USB sebagai perantaranya. Kabel data akan berperan sebagai jembatan untuk pengiriman data dan juga file dari laptop ke HP. Cara satu ini dianggap yang paling simple dan mudah.

Namun yang perlu ditekankan, sebaiknya kamu menggunakan kabel data atau kabel USB original dari tipe HP yang kamu miliki. Ini bertujuan untuk mencegah beberapa hal negatif yang mungkin saja terjadi, misalnya saja merusak komponen HP karena aliran listrik yang tidak normal. Untuk langkah-langhnya sendiri juga terbilang simple, yakni:

  • Cukup kamu sambungkan laptop dan HP dengan kabel USB.
  • Pada HP android, kamu perlu mengaturnya ke mode Transfer File pada notifikasi yang muncul.
  • Jika notifikasi tidak muncul, kamu bisa mengaksesnya melalui Charging via USB pada bagian notif bar.
  • Cari file yang ingin dipindahkan, lalu klik kanan dan pilih Send to dan klik pada Drive memori HP.

2. Transfer File Melalui Bluetooth

Kebanyakan laptop keluaran terbaru sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur Bluetooth. Melalui fitur tersebut kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan transfer file dari laptop ke HP android. Hampir sama dengan saat kamu berkirim file sesama HP android, kamu perlu menyambungkan atau mem-pair Bluetooth laptop dan HP terlebih dahulu. Tandai file yang ingin dikirim, kamudian tingggal kirim file tersebut ke HP melalui Bluetooth.

Cara ini juga bisa dibilang sangat mudah dan efisien, file apapun bisa dikirimkan dengan mudah. Tapi sayangnya, mengirim file dari laptop ke HP android tidak disarankan untuk file yang berukuran besar. Ini karena kecepatan transfer file melalui Bluetooth tidak terlalu bagus.

3. Transfer File Melalui Aplikasi

Cara memindahkan file dari laptop ke HP android paling mudah berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan fitur transfer file antar perangkat satu dengan perangkat lainnya. Pengguna juga memungkinkan melakukan transfer file dari perangkat laptop ke perangkat android.

Salah satu aplikasi transfer file yang paling direkomendasikan adalah aplikasi ShareIt. Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk HP android saja, melainkan juga untuk perangkat PC atau laptop. Dengan aplikasi ini pengguna bisa memindahkan file dari laptop ke laptop, HP ke HP, dari laptop ke HP atau sebaliknya. Selain ShareIt, aplikasi lain yang bisa kamu manfaatkan untuk memindah file dari laptop ke HP adalah WhatsApp (WhatsApp Web), Gmail, dan lain sebagainya.

4. Memindah File Melalui Layanan Cloud

Di era modern seperti sekarang ini, layanan cloud bisa dibilang cukup populer dan sering dimanfaatkan banyak pengguna. Layanan cloud ini sendiri juga bisa diakses dari berbagai perangkat apapun, baik itu, smartphone, tablet atau juga PC/laptop.

Pengguna bisa menguploud berbagai jenis file di layanan cloud tersebut, dan nantinya ia bisa dengan bebas mengaksesnya dari perangkat apapun. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah berbagi file antar satu perangkat dengan perangkat lainnya. Adapun beberapa layanan cloud yang cukup favorit bagi banyak pengguna seperti, Google Drive, Dropbox, Mega, dan juga Microsoft OneDrive.

5. Menggunakan Card Reader

Cara memindahkan file dari laptop ke HP paling mudah dan cepat yang terakhir adalah dengan memanfaatkan Card Reader. Card Reader merupakan suatu alat yang bisa membaca file yang ada di dalam SD Card. Kamu bisa memanfaatkan alat tersebut untuk melakukan transfer file atau data.

Cukup membuka SD Card di HP dan memasangkannya ke Card Reader. Selanjutnya tancapkan Card Reader ke port di laptop. Ketika sudah terbaca, maka kamu bisa dengan mudah memindahkan berbagai file dari laptop ke HP androidmu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memindahkan file dari laptop ke HP android paling mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?