Cara Memindahkan Aplikasi ke MicroSD Terbaru 2020

Cara Memindahkan Aplikasi ke MicroSD – HP android sekarang ini menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar pecinta gadget. Selain harganya yang relatif murah, HP android juga dibekali dengan beragam fitur canggih yang pastinya sangat memuaskan para penggunanya. Selain itu, dukungan spesifikasi unggulan mampu menghasilkan performa kinerja yang mumpuni. Hal ini tentunya akan membuat pengguna sangat termanjakan dan nyaman mengoperasikan HP android.

Cara Memindahkan Aplikasi ke MicroSD
Cara Memindahkan Aplikasi ke MicroSD

HP android sendiri terdiri dari berbagai macam tipe dan variasi. Varian HP android tersebut akhirnya terbagi ke dalam 3 segmen, yakni mulai dari segmen low end, mid end hingga high end alias HP flagship. HP dari segmen low end biasanya dibekali dengan spesifikasi rendah sehingga membuatnya hanya bisa menjalankan perintah ringan-ringan saja. Misalnya hanya untuk keperluan chatting, telepon, browsing atau juga bermain game ringan.

Baca Juga:

Berbicara HP low end, umumnya dibekali dukungan memori internal yang tidak terlalu besar. Hal ini tentunya akan membatasi pengguna dalam hal penyimpanan file, baik itu file media ataupun file sistem. Jika memori internal HP penuh, hal yang mungkin terjadi salah satunya performa kinerja HP menjadi lemot bahkan mengalami hang. Tidak ada cara lain untuk mengembalikan performa HP kembali maksimal selain memperbesar ruang kosong di memori internal. Salah satunya dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau microSD. Lantas, bagaimana cara memindahkan apliaksi ke MicroSD tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Memindahkan Aplikasi ke MicroSD Terbaru 2020

Untuk memindahkan aplikasi android ke memori eksternal, umumnya mengharuskan pengguna melakukan rooting HP android terlebih dahulu. Cara ini mungkin cukup sulit dilakukan oleh beberapa pengguna awam. Apalagi jika salah dalam melakukan rooting, tentunya bisa membuat HP android bermasalah.

Selain itu, melakukan rooting HP android akan memperbesar celah keamanannya. Hal yang mungkin saja terjadi yakni HP lebih mudah terserang virus atau malware. Dan yang lebih parahnya lagi, HP androidmu bisa saja dihack dengan mudah oleh hacker untuk diambil datanya.

Tetapi, ternyata ada lho cara memindahkan aplikasi terinstall di android ke memori eksternal. Di sini bahkan kamu tidak perlu melakukan yang namanya root android. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengubah MicroSD Menjadi Memori Internal

Cara yang pertama yang penting untuk dilakukan yakni dengan menjadi microSD sebagai memori internal. Namun yang perlu kamu tahu, microSD yang akan digunakan untuk menyimpan aplikasi harus sudah bersih. Artinya kamu perlu melakukan format microSD sehingga semua isi di dalamnya dihapus secara permanen. Cara memindahkan aplikasi ke microSD ini sendiri hanya berlaku untuk HP android dengan OS Android Marshmallow ke atas.

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android. Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Kamu perlu memastikan kalau microSD berhasil terdeteksi oleh sistem HP android. Jika memang sudah terdeteksi, selanjutnya kamu klik pada microSD yang ditampilkan di layar.
  • Selanjutnya kamu klik ikon tiga garis horizontal yang ada di bagian pojok kanan atas untuk melihat opsi lain. Akan muncul beberapa opsi di sana, kamu klik pada opsi Setelan Penyimpanan.
  • Sekarang kamu sudah bisa memulai langkah pemformatan microSD. Klik opsi Format kartu SD, kemudian konfirmasi tindakan dengan klik tombol FORMAT KARTU SD pada tampilan notifikasi pop up yang muncul.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu bisa mulai menjadikan microSD sebagai memori internal. Caranya dengan klik tombol Format Sebagai Internal dan proses format akan dimulai.
  • Tunggu sampai proses format kartu SD hingga selesai. Jangan pernah melakukan restart atau mencabut kartu SD sebelum proses format benar-benar selesai.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya kamu klik pada tombol Pindahkan konten nanti. Jika kamu tidak klik pada tombol ini, maka semua aplikasi secara otomatis dipindahkan ke memori eksternal atau microSD.

Sekarang kamu sudah berhasil mengubah kartu SD sebagai memori internal yang siap diisi dengan aplikasi terinstall.

2. Memindahkan Aplikasi Android ke MicroSD

Setelah berhasil menjadikan microSD sebagai memori internal, sekarang lanjut ke cara memindahkan aplikasi ke microSD. Aplikasi yang sebelumnya tersimpan di memori internal, sekarang bisa kamu pindahkan ke memori eksternal. Dengan cara ini, memori internal HP akan kembali luas ruang kosongnya.

Tidak hanya membuat performa HP menjadi cepat kinerjanya, juga memungkinkan kamu menginstall aplikasi baru lainnya. Adapun langkah-langkah memindahkan aplikasi terinstall ke microSD selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Selanjutnya klik pada opsi Aplikasi atau Apps.
  • Sekarang kamu pilih salah satu aplikasi atau game yang ingin kamu pindahkan ke memori eksternal yang diset menjadi memori internal tadi.
  • Untuk mulai memindahkan aplikasi, kamu klik pada tombol Ganti. Akan muncul notifikasi pop up untuk mengganti lokasi penyimpnan aplikasi. Di sini kamu bisa pilih opsi Ganti Penyimpanan di Kartu SD. Konfirmasi pemindahan aplikasi dengan klik tombol Pindahkan
  • Proses pemindahan aplikasi akan dimulai dan tunggu prosesnya hingga selesai. Lakukan langkah pemindahan yang sama pada aplikasi dan game lain yang ingin kamu pindah.

Meski terbilang mudah, namun ternyata tidak semua aplikasi dan game bisa dipindahkan ke memori eksternal alias microSD. Jadi, kamu bisa memilih aplikasi dan game yang bisa dipindahkan saja untuk kamu pindah ke microSD.

Penutup

Itulah tadi cara memindahkan aplikasi ke MicroSD yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.