Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO yang Mudah

20
Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO
Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO – VIVO merupakan satu dari sekian banyak brand smartphone android asal Tiongkok yang cukup populer di dunia, khususnya di Indonesia. HP VIVO terkenal dengan desainnya yang modis dan kekinian, sangat cocok dengan gaya anak muda jaman sekarang. Selain desain bodinya yang keren, HP VIVO juga dibuat dari material yang kokoh sehingga tidak mudah rusak. Beberapa ada yang menggunakan material plastik dan juga aluminium, sesuai tipe yang dihadirkan. Selain itu, harga banderolnya juga terbilang murah dan menjadi daya tarik lain dari HP ini.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO
Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO

Pada HP VIVO dibekali dengan beragam fitur canggih di dalamnya, pastikan akan sangat memanjakan para pengguna. Misalnya saja fitur untuk pengunci aplikasi dan menyembunyikannya supaya tidak ada orang lain yang bisa mengakses aplikasi tersebut. Aplikasi memungkinkan untuk kamu kunci menggunakan kata sandi, pola kunci ataupun fingerprint atau sidik jari. Selain itu, ada pula fitur yang memungkinkan pengguna memindahkan data aplikasi ke penyimpanan kartu SD.

Baca Juga:

Umumnya data sistem dan data aplikasi yang dipasang di HP VIVO akan disimpan di memori internal. Namun, untuk tujuan memperluas ruang di memori internal, pengguna bisa memindahkan data aplikasi tersebut ke SD card atau memori eksternal. Meskipun terbilang mudah, nyatanya masih banyak pengguna HP VIVO yang belum tahu cara memindahkan aplikasi ke kartu SD VIVO tersebut. Alhasil ruang memori internalnya semakin sesak seiring bertambahnya aplikasi yang diinstall di perangkat HP-nya tersebut. Mengenai cara memindahkan data aplikasi terinstall di HP VIVO ke kartu SD tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO yang Mudah

Cara Pindah Aplikasi ke Memori Eksternal di VIVO
Cara Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal di HP VIVO

Memindahkan data aplikasi di HP android bisa menjadi alternatif terbaik untuk memperluas ruang kosong di memori internal. Cara ini cocok diterapkan di HP android yang dibekali dengan kapasitas memori internal yang tidak terlalu besar. Di mana semakin banyak aplikasi yang diinstall di dalamnya, maka akan semakin banyak memakan ruang di memori internal tersebut.

Dan kamu sebagai pemilik HP VIVO, berbahagialah karena di dalam HP tersebut disediakan fitur yang memungkinkan kita memindahkan file aplikasi ke kartu SD atau memori eksternal. File aplikasi umumnya memiliki kapasitas yang lumayan besar, khususnya untuk game dengan dukungan grafik tinggi. Sebut saja game eFootball 2023 yang memiliki kapasitas aplikasi dan data sistem mencapai 5GB. Belum lagi game dan aplikasi berat lain yang diinstall di perangkat android.

Untuk soal pemindahan file aplikasi ke memori eksternal di HP VIVO, setidaknya ada 3 cara yang bisa digunakan. Ketiga cara tersebut pastinya cukup mudah untuk diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Adapun cara memindahkan aplikasi ke kartu SD VIVO yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal di VIVO Lewat Pengaturan

Untuk cara yang pertama ini kamu bisa melakukan pemindahan data aplikasi dan game di HP VIVO ke memori eksternal melalui menu Pengaturan atau Settings. Menggunakan cara ini, memang tidak semua jenis aplikasi dan game bisa dipindahkan. Ada beberapa aplikasi dan game yang sifatnya permanen di memori internal, sehingga tidak bisa dipindahkan. Misalnya saja aplikasi sistem yang bukan hanya tidak bisa dipindahkan, melainkan juga tidak bisa dipindah.

Adapun langkah-langkah memindahkan aplikasi ke memori eksternal di HP VIVO melalui menu Pengaturan tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP VIVO.
  2. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Lainnya.
  3. Lalu klik pada opsi Aplikasi atau Manajer Aplikasi.
  4. Di sana akan ditampilkan aplikasi yang terinstall di HP VIVO. Sekarang kamu cari dan pilih salah satu aplikasi atau game yang ingin dipindahkan datanya ke memori eksternal atau kartu SD.
  5. Pada halaman Info Aplikasi yang dipilih tadi, selanjutnya kamu klik opsi Ubah ke Kartu SD.
  6. Kemudian konfirmasi pemindahan file aplikasi dengan klik Ubah.
  7. Selesai.

Beberapa aplikasi tidak muncul opsi Ubah ke Kartu SD ini, khususnya aplikasi sistem atau aplikasi bawaan yang tidak bisa diuninstall.

2. Memindahkan Aplikasi di VIVO dengan Mengubah Fungsi Memori Eksternal

Sementara untuk cara yang kedua ini akan memindahkan game dan aplikasi secara otomatis di VIVO. Caranya yakni dengan mengubah fungsi dari memori eksternal sebagai memori internal. Memori eksternal tersebut akan secara default menjadi penyimpanan tambahan untuk file dan data sistem, termasuk data aplikasi.

Untuk langkah-langkah mengubah memori eksternal sebagai memori internal default tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP VIVO.
  2. Pada halaman pengaturan tersebut, kamu klik pada opsi Penyimpanan.
  3. Selanjutnya pilih opsi Kartu SD. Pada halaman pengaturan penyimpanan kartu SD, kamu klik ikon Tiga Titik yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  4. Ada beberapa opsi yang ditampilkan di sana, selanjutnya kamu pilih opsi Format Sebagai Internal.
  5. Jika memang sudah yakin, selanjutnya kamu klik Hapus dan Format.
  6. Dengan demikian fungsi dari memori eksternal akan menjadi memori internal atau penyimpanan default file dan data sistem, termasuk data aplikasi dan game. Tidak perlu melakukan tindakan lanjutan, karena aplikasi dan game yang terinstall datanya langsung dipindahkan ke memori eksternal tersebut.
  7. Selesai.

Untuk melakukan cara ini pastikan kamu sudah mengosongkan data di memori eksternal. Dikarenakan dalam proses ini memori eksternal akan diformat dan dihapus semua data yang tersimpan di dalamnya. File data penting sebaiknya kamu pindahkan terlebih dahulu agar tidak dihapus secara permanen.

Dan lagi, cara ini hanya bisa dilakukan pada beberapa tipe HP VIVO saja. Untuk HP VIVO keluaran terbaru mungkin sudah tidak disediakan lagi fitur ini. Pasalnya, kebanyakan HP VIVO terbaru dibekali dengan memori internal berkapasitas besar, sehingga tidak butuh ruang penyimpanan tambahan.

3. Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal di VIVO dengan Aplikasi

Dan cara yang terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu memudahkan pemindahan data aplikasi ke memori eksternal. Beberapa aplikasi membutuhkan akses root untuk bisa menjalankan fungsinya ini. Jadi, pastikan kamu sudah memikirkannya dengan matang sebelum menerapkan cara ini.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah fungsi memori eksternal sebagai penyimpanan file aplikasi dan game, yakni bernama Link2SD. Aplikasi ini memang bisa digunakan di HP VIVO yang belum diroot. Namun, fungsinya akan lebih maksimal jika HP VIVO milikmu sudah dirooting. Cukup mudah dan praktis memindahkan aplikasi ke memori eksternal menggunakan aplikasi Link2SD ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu SD VIVO yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes Paling Cepat
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini