Cara Memindah Aplikasi ke SD Card di Xiaomi, 100% Work!

Cara Memindah Aplikasi ke SD Card di Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu brand yang punya tingkat penjualan yang cukup tinggi. Hal ini tidak terlepas dari usaha Xiaomi dalam menghadirkan inovasi-inovasi baru dari setiap produk smartphone android yang dibesutnya. Terlebih lagi dengan banderol harga murah membuat HP dari Xiaomi banyak menjadi buruan para pengguna.

Cara Memindah Aplikasi ke SD Card di HP Xiaomi

Harga untuk setiap seri dari Xaiomi  berbeda-beda, meskipun masih satu tipe. Variasi harga ini sendiri biasanya disebabkan oleh sematan RAM dan memori internal di dalamnya. Khususnya untuk memori internal, berfungsi untuk menyimpan data dan file sistem, seperti aplikasi, foto, video dan jenis file lainnya.

Baca Juga:

Kapasitas memori internal yang tidak terlalu besar menjadi kendala tersendiri bagi beberapa pengguna. Banyak cara yang dilakukan untuk memperluas ruang di memori internal, salah satunya dengan memidah aplikasi ke microSD atau memori ekternal. Cara memindah aplikasi ke SD Card di Xiaomi mungkin mengharuskanmu melakukan root dan unlock bootloader. Hal tersebut tentu sangat merepotkan. Tapi tenang saja, ternyata ada lho cara memindah aplikasi ke microSD di Xiaomi tanpa harus rooting smartphone. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini!

Cara Memindah Aplikasi ke SD Card di Xiaomi

Untuk HP android keluaran lama mungkin akan sangat mudah untuk memindahkan aplikasi ke microSD. Tapi khusus HP android keluarab baru sekarang ini, fitur tersebut sudah tidak tersedia lagi. Karena kebanyakan HP android terbaru dibekali dengan kapasitas memori internal cukup luas. Tetapi terkadang, meskipun kapasitasnya terbilang luas tetap saja masih butuh banyak ruang lagi untuk penyimpanan file lainnya. Sehingga mau tidak mau pengguna harus memperlega ruang memori internal dengan cara apapun, salah satunya adalah memindah aplikasi ke microSD.

Cara Memindah Aplikasi ke SD Card di Xiaomi

Untuk melakukan cara memindahkan aplikasi ke SD Card, ada beberapa bahan dan alat yang perlu kamu persiapkan. Beberapa bahan dan alat tersebut, diantaranya:

Semua bahan dan alat di atas harus kamu persiapkan agar cara memindah aplikasi ke SD Card di Xiaomi berjalan lancar. Namun sebelum benar-benar memulai langkah-langkah memindah aplikasi ke SD Card, kamu perlu mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu di HP Xiaomi. Jika tidak diaktifkan tentu cara ini tidak bisa dijalankan. Selain itu, file atau data yang ada di microSD sebaiknya kamu backup terlebih dahulu. Karena saat prosesnya, microSD akan diformat sehingga semua file di dalamnya akan terhapus secara otomatis.

Adapun langkah-langkah dalam cara memindah aplikasi ke SD Card di Xiaomi, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu perlu menghubungkan HP Xiaomi dengan PC atau laptop. Pastikan kamu sudah mengaktifkan USB Debugging dan USB Driver di HP Xiaomi. Selain itu, kamu juga perlu menginstall ADB Driver dan Fasboot Windows ini PC atau laptop.
  2. Jika sudah terhubung, selanjutnya kamu jalankan Auto-formatting SDCard to Internal and SDCard yang sudah kamu unduh sebelumnya di PC atau laptop. Ekstrak file tersebut dan letakkan di Drive D:, kemudian klik kanan pada file aftiss.cmd dan klik Run as Administrator untuk menjalankannya sebagai admin. Nanti di tampilan CMD akan muncul beberapa pilihan yakni angka 1-3. Untuk melanjutkan sebaiknya kamu pilih nomor 2 lalu klik Enter. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan biasanya ditandai dengan muncul tulisan Done.
  3. Jika sudah, kamu cabut sambungan kabel dari dari PC atau laptop ke HP android. Sekarang kamu bisa melanjutkan langkah-langkahnya di HP android.
  4. Aplikasi Activity Launcher yang sudah kamu install sebelumnya, sekarang bisa kamu jalankan. Pada halaman awal kamu bisa klik menu All activities. Scroll ke bawah lalu pilih opsi Setelan atau Settings. Setelah itu, cari dan klik opsi Aplikasi Terinstall atau Manage App. akan ada sekitar 3-4 opsi yang sama, kamu pilih yang terdapat tulisan “com.android.settings.applications.ManageApplications”. 
  5. Di sini kamu bisa menemukan semua aplikasi yang terinstall di HP Xiaomimu. Tinggal cari dan pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke microSD. Jika sudah, klik pada opsi Penyimpanan. Selanjutnya klik tombol Ganti dan pilih microSD. Dan langkah terakhir klik pada tombol Pindahkan, tunggu hingga proses pemindahan selesai.

Cara memindah aplikasi ke SD Card di Xiaomi sudah selesai kamu lakukan. Perlu kamu tahu, tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal. Aplikasi bawaan atau aplikasi yang ada bloatware tidak bisa dipindah kecuali dengan cara melakukan root terlebih dahulu.

Jika aplikasi sudah dipindah, apakah bisa dikembalikan lagi seperti semula? Tentu saja bisa, dan caranya lebih mudah dari yang kamu pikirkan. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu simak di bawah ini:

  1. Langkah pertama kamu perlu melakukan backup data yang penting di microSD, karena cara ini akan menghapus semua data di dalamnya.
  2. Selanjutnya masuk ke menu Setelan smartphone Xiaomi.
  3. Setelah itu, pilih opsi Penyimpanan.
  4. Dilanjut dengan klik opsi Hapus Penyimpanan USB.
  5. Setelah itu, pilih Hapus & Format.
  6. Tunggu proses penghapusan hingga selesai.

Melakukan cara ini tentu akan menghapus semua data yang ada di dalamnya, termasuk juga aplikasi yang sudah kamu install sebelumnya. Jadi, kamu perlu melakukan install ulang aplikasi yang sudah terlanjur kamu pindah ke microSD dan diformat tadi.

Penutup

Itulah tadi cara memindah aplikasi ke SD Card di Xiaomi yang paling mudah bisa kamu terapkan sendiri. Caranya memang terkesan rumit, karena masih perlu menggunakan bantuan PC atau laptop. Penggunaan PC atau latop ini sendiri untuk membagi ruang di microSD agar bisa difungsikan sebagai memori internal HP Xiaomi.  Jika tidak, maka microSD juga tidak bisa kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan aplikasi android. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?