5 Cara Membuka Pola HP Android yang Lupa

Cara Membuka Pola HP Android – Semua HP android pasti dilengkapi dengan fitur keamanan atau privasi terbaik. Hal ini bertujuan untuk melindungi data pengguna agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Salah satu fitur kunci smartphone yang paling baru dan tercanggih sekarang ini adalah fingerprint (pemindai sidik jari) dan pemindai wajah. Selain itu, ada pula fitur kunci smartphone lain yang sejak lama hadir yakni kunci pola dan kata sandi.

Cara Membuka Pola HP Android

Khususnya kunci smartphone menggunakan pola adalah yang cukup banyak digunakan. Selain mudah saat akan membukanya, juga kunci semacam ini cukup sulit ditebak oleh orang lain. Dengan begitu, HP akan tetap aman dari tangan-tangan jahil dan tidak bertanggung jawab. Akan tetapi, kadangkalanya pengguna lupa dengan pola kunci yang sudah ia atur sendiri.

Baca Juga:

Lupa pola kunci smartphone memang tidak jarang dialami oleh banyak pengguna dan hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena terlalu sering mengganti pola kunci, punya HP lebih dari satu atau yang lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara membuka pola HP android yang lupa tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

5 Cara Membuka Pola HP Android yang Lupa

Saat lupa kata sandi atau pola kunci HP android, beberapa pengguna mungkin akan langsung melakukan reset HP untuk mengatasinya. Cara membuka pola HP android dengan meresetnya memang sudah benar, tapi cara ini justru akan menghapus semua file dan data yang tersimpan di memori internalnya. Bagaimana jika data dan file di dalam HP termasuk sangat penting?

Tenang saja, ada kok cara membuka pola HP android yang lupa tanpa harus melakukan reset. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Gunakan Fitur Lupa Forgot Pattern

Cara membuka pola HP android paling mudah yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur Lupa Sandi atau Forgot Pattern. Fitur ini biasanya tersedia di bagian bawah pola atau sandi. Caranya sangat mudah, kamu hanya harus memastikan HP tersambung ke internet. Selain itu, pastikan juga kamu mengingat akun Google yang digunakan dalam HP terkunci tersebut. Jika sudah, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama kamu hidupkan HP android, pastikan sudah terhubung ke jaringan internet.
  • Jika sudah, kamu langsung klik Forgot Pattern atau Lupa Sandi yang berada di bagian bawah sendiri.
  • Pada halaman yang muncul, kamu masukkan nama email beserta password yang digunakan dalam HP tersebut. Jika sudah, kamu klik Sign In.
  • Setelah itu, Google akan memberikan 2 opsi buka pola kunci yang bisa kamu pilih. Opsi pertama adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang memang hanya diketahui oleh kamu sendiri. Sementara opsi kedua adalah Google akan mengirim pola kunci ke alamat email kamu.
  • Agar lebih mudah, sebaiknya pilih opsi kedua. Cek kotak masuk di email kamu melalui laptop atau PC.
  • Di sana akan tertera pola kunci dari smartphone, segera terapkan pada smartphone yang lupa pola kunci tadi.

2. Masuk ke Safe Mode

Cara membuka pola HP android paling ampuh selanjutnya adalah dengan cara masuk ke Safe Mode. Safe Mode ini sendiri merupakan suatu kondisi di mana OS Android hanya menjalankan fungsi utama dan yang paling dasar saja. Mengakses Safe Mode memungkinkan kamu melakukan aktivitas layaknya tampilan HP android biasanya.

Untuk bisa masuk ke Safe Mode berbeda-beda untuk setiap tipe dan merek HP android. Setelah masuk ke Safe Mode, kamu bisa menonaktifkan fitur kunci keamanan smartphone. Untuk cara mengaktifkan Safe Mode ini sendiri, sebagai berikut:

  • Pada kondisi HP aktif, kamu tekan tombol Power hingga muncul opsi Power Off dan Restart.
  • Setelah itu, tekan agak lama pada opsi Power Off hingga muncul pop up Reboot to Safe Mode.
  • Pilih Ok untuk masuk ke Safe Mode.
  • Dari sini kamu tinggal non-aktifkan fitur pola sandi smartphone. Untuk keluar dari Safe Mode tinggal tekan tombol Power seperti biasa.

3. Menggunakan Fitur Find My Device

Find My Device merupakan salah satu layanan dari Google yang difungsikan untuk mencari atau melacak keberadaan sebuah perangkat android. Selain itu, melalui Find My Device ini kamu bisa mengendalikan smartphone dengan memasukkan berbagai perintah dari jarak jau, seperti menderingkan HP, mengunci HP, hingga menghapus data atau file yang ada di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, Find My Device ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk cara membuka pola HP android yang lupa. Caranya sangat mudah, yakni:

  • Pertama kamu akses situs Find My Device melalui PC atau perangkat lain melalui Link ini. Atau bisa juga menginstall terlebih dahulu aplikasi Find My Device di android, klik di sini.
  • Setelah itu kamu peli login ke akun Google yang sama dengan yang ada di HP lupa pola tersebut.
  • Nantinya akan tersedia 3 opsi yang bisa dipilih. Untuk membuka pola kunci, kamu klik pada opsi kedua yakni Amankan Perangkat (Lock).
  • Selanjutnya masukkan kata sandi baru sesuai keinginan. Jika sudah, langsung saja klik Kunci.
  • Pada HP android, kamu masukkan kata sandi baru yang sudah dibuat tadi.
  • Selesai, HP sudah bisa diakses kembali.

4. Menggunakan HP Lain

Cara membuka pola HP android yang lupa selanjutnya bisa juga dengan memanfaatkan HP lain. Cara ini dianggap yang paling mudah dan efektif untuk membuka kunci smartphone yang lupa. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  • Pertama kamu gunakan HP lain untuk melakukan panggilan ke nomor kamu yang ada di HP terkunci tadi.
  • Setelah itu, terima telefon di HP terkunci lalu langsung klik tombol Home untuk mengakses menu utama HP.
  • Sekarang kamu bisa kamu ke menu Pengaturan lalu non-aktifkan pola kunci yang sudah diatur tadi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membuka pola HP android yang lupa bisa coba kamu terapkan. Tidak perlu bingung saat HP lupa kata sandi atau pola kuncinya. Buka dengan reset, cara di atas bisa dibilang lebih mudah dan efektif untuk membuka HP terkunci.