2 Cara Ampuh Membuka PIN Kunci Pola Layar Android yang Terblokir

Cara Membuka Kunci Pola PIN Layar Android yang Terblokir atau Lupa Password – Lock Screen atau Kunci Layar android merupakan fitur bawaan pabrik pada smartphone, rata-rata semua smartphone keluaran terbaru memiliki fitur paten ini. lock screen berfungsi untuk menjaga privasi penggunannya, dengan mengaktifkan fitur kuci layar android dapat menjaga smartphone dari jangkauan orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau orang yang kepo akut. mereka tidak akan bisa membuka hp sobat tanpa PIN yang terdaftar.

Memang sih dengan mengaktifkan fitur lock screen ini data pada hp android bisa aman dari gangguan orang lain, namun apakah sobat tahu dampak negatif mengaktifkan fitur ini? jika belum tau, biar saya jelaskan sedikit. jadi fitur kunci pola layar pada android ini hanya memiliki 10 kali kesempatan untuk memasukan kombinasi PIN, jika lebih dari 10x sobat masukan PIN yang salah, maka smartphone dapat dipastikan tidak dapat dibuka kembali, inilah yang menyebabkan fitur ini sangat berbahaya. nah jika sobat sudah mengaktifkan fitur lock screen ini lebih baik jauhkan dari jangkauan anak kecil atau orang-orang sekitar, karena jika mereka memasukan PIN Pola secara asal sampai 10x berturut-turut maka hp android sobat dapat dipastikan mati.

Cara Ampuh Membuka Kunci Pola Layar Android yang Terblokir

Cara Ampuh Membuka Kunci Pola Layar Android yang Terblokir

Eits, mati yang saya maksudkan bukan mati total loh ya, hp android akan tetap menyala namun tidak dapat masuk ke menu layar android . alhasil hp android sobat tidak dapat digunakan karena pin pola yang sudah dimasukan 10x namun gagal akan terblokir secara otomatis, jika sudah begini akan benar-benar rumit untuk membuat hp sobat kembali normal seperti sedia kala.

Jika sobat sudah mengalami masalah pin pola yang terblokir, maka tidak perlu cemas dan khawatir. karena masalah ini dapat diatasi dengan sangat mudah. dengan cara yang akan saya berikan ini, sobat tidak perlu repot-repot membawa hp android ke tukang service, karena itu akan membuang-buang biaya saja. ada pepatahkan mengatakan “jika ada yang gratis kenapa harus memilih yang bayar“, memang dengan cara ini kita sendiri yang akan bertindak sebagai tukang service nya, jadi sobat akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.

Cara Membuka Kunci Pola Layar yang Terblokir

Cara yang saya berikan ada 2 macam, masing-masing cara sudah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah pin pola yang lupa password. memang banyak sekali di internet artikel yang membahas tentang cara membuka kunci pola yang lupa password, namun 2 cara yang akan saya berikanlah yang terbaik, gak percaya? praktekin sendiri deh, selamat mencoba 😀

1. Dengan Menggunakan Recovery Account

Cara pertama yang akan saya bahas ini merupakan cara paling simple, mudah dan pastinya work 100% asal sobat memiliki account gmail yang terdaftar pada smartphone sobat. hal ini sangat penting, karena ini sebagai pemulihan pin lock screen sobat nantinya. untuk lebih jelas, silahkan simak tutorialnya berikut ini:

Membuka kunci layar android

Membuka kunci layar android

Pertama sobat hanya perlu menyiapkan account gmail (playstore) untuk syarat utama merecovery account pada smartphone android. saya jamin 100% cara mereset pin pola yang terblokir dengan cara recovery account ini sangat aman dan jangan kawatir data-data yang ada di ponsel akan hilang.

Baca Juga:

Caranya yaitu dengan menekan tombol “Forgot Patern” ketika muncul pada saat salah memasukan PIN kombinasi Layar Android sampai 10 kali secara berturut-turut. kemudian akan muncul menu untuk memasukan email dan password, pastikan isi data login dengan benar sesuai dengan akun google yang terhubung dengan smartphone sobat. selesai deh, mudah kan?

Nah bagaimana jika sobat tidak memiliki account google untuk merecovry? tenang saja, jika cara diatas ditidak berhasil, saya masih punya cara cadangan, yap benar sekali cara cadangan. kenapa saya katakan cara cadangan? karena cara ini sangat beresiko, jadi sobat simak baik-baik ya.

2. Dengan Cara Hard Reset Android

Seperti yang saya katakan, cara ini sangat beresiko karena akan mereset file-file dan akun penting yang ada di smartphone android akan kembali seperti  bawaan pabrik.

Note: Sebelum melakukan cara yang kedua ini, sebaiknya sobat membackup data-data penting yang ada pada ponsel android, hal ini untuk mengamankan file dari penghapusan masal saat melakukan hard reset.

Sebaiknya sobat ikuti langkah dibawah ini dengan benar ya, hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, silahkan simak tutorial dibawah ini:

  1. Hal yang pertama yang perlu perhatikan yaitu pastikan baterai hp sobat tidak dalam keadaan “low”.
  2. Setelah itu, matikan hp android yang akan di hard reset.
  3. Lalu lepaskan sdcard dan simcard pada hp android.
  4. Langkah selanjutnya, sobat tekan dan tahan tombol kombinasi “Tombol Home + Power + Volume Atas” secara bersamaan dan tahan terus sampai muncul logo dan merk hp android yang sobat gunakan.
  5. Kemudian akan muncul menu beberapa pilihan seperti gambar dibawah

    Menggunakan Hard Reset Android

    Menggunakan Hard Reset Android

  6. Lalu pilih menu “Recovery“. sobat bisa menggunakan tombol volume untuk scroll keatas dan kebawah.
  7. Kemudian pilih menu “Wipe Data / Factory Reset” lalu tekan tombol “Home” untuk perintah Yes.
  8. Selanjutnya pilih menu “For All User“.
  9. Lalu pilih menu “Reboot Now“.
  10. Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga sistem android selesai melakukan reboot.
  11. Nah, langkah terakhir ini sobat hanya perlu memasukan account google (gmail) baru untuk mengaktifkan smartphone android.
  12. Selesai deh, selamat ya sekarang hp android sobat sudah kembali normal seperti sedia kala 😀

Dari kedua cara yang saya tuliskan diatas, sebenarnya cara ke satu lah yang sangat mudah, namun jika tidak bisa melakukan cara yang kesatu ya apa bolehb buatkan? terpaksa deh pakai cara nomor dua, yang penting kan berhasil :D.

Oke untuk artikel cara membuka kunci pola yang lupa password saya akhiri sampai disini dulu sob, jika sobat mengalami kendala saat melakukan cara ini, jangan sungkan untuk tanyakan kepada admin ya. tunggu juga artikel saya selanjutnya, sekian dan terimaaksih banyak.