Cara Membuka HP Xiaomi Terkunci Paling Ampuh

Cara Membuka HP Xiaomi Terkunci – Sebagian besar dari kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan brand smartphone asal China satu ini. Ya, meskipun merupakan brand pendatang baru, namun Xiaomi mampu berkembang dengan pesat dan menarik banyak sekali peminat. Khususnya di Indonesia, peminat HP Xiaomi ini juga terbilang sangat banyak. HP Xiaomi ini sendiri hadir khusus untuk kalangan menengah ke bawah, pastinya dengan banderol harga lumayan murah. Meskipun demikian, HP dari Xiaomi ini punya kualitas unggulan yang mampu bersaing dengan HP dari brand lainnya.

Cara Membuka HP Xiaomi Terkunci
Cara Membuka HP Xiaomi Terkunci

HP Xiaomi juga dibekali dengan berbagai fitur canggih terbaru, yang pasti fitur-fitur tersebut dihadirkan untuk memanjakan para peminatnya. Salah satunya yakni dari segi fitur keamanan yang disediakan di dalamnya. Pengguna memungkinkan menerapkan kunci pada screen maupun aplikasi tertentu dengan mode perlindungan yang bervariasi, mulai dari password, PIN, pola dan juga fingerprint. Dengan cara ini tentunya HP tidak akan mudah diakses oleh sembarangan orang. Data-data penting dan privasi pengguna pun akan lebih aman.

Baca Juga:

Namun, terkadang sebagian dari kita sering lupa dengan kunci layar atau aplikasi yang sudah diterapkan sebelumnya. Kondisi ini membuat kita tidak bisa lagi mengakses HP Xiaomi terkunci tersebut. Jika sudah seperti ini, apakah masih memungkinkan untuk kita membuka kunci tersebut? Tentu bisa, ada beberapa cara membuka HP Xiaomi terkunci yang bisa coba kamu terapkan. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Membuka HP Xiaomi Terkunci Paling Ampuh

Cara Membuka HP Xiaomi Terkunci Paling Ampuh
Cara Membuka HP Xiaomi Terkunci Paling Ampuh

Melindungi HP dengan password atau PIN memang membuatnya lebih aman dari tangan-tangan jahil. Namun, bak senjata makan tuan cara ini justru membuat penggunanya tidak bisa membuka karena lupa dengan password atau PIN yang digunakan. Tetapi tenang saja, kamu masih bisa kok membuka kunci HP Xiaomi yang lupa tersebut.

1. Menggunakan Mode Lupa Password

Cara membuka HP Xiaomi terkunci yang pertama yakni dengan memanfaatkan fitur lupa password yang sudah disediakan. Namun, untuk menerapkan cara ini kamu diharuskan untuk mengingat alamat e-mail atau password yang digunakan untuk akun Xiaomi yang lupa kunci tersebut. Untuk selanjutnya kamu bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini, yakni:

  • Langkah pertama kamu perlu memindahkan kartu SIM yang nomornya digunakan untuk akun Xioami yang lupa password tersebut ke perangka HP lainnya. Ini bertujuan untuk mendapatkan kode atau password baru ketika melakukan forgot password nantinya.
  • Pada perangkat PC atau laptop, kamu akses situs Mi Cloud Xiaomi melalui browser. Untuk mempermudah forgot passwprd, silahkan kamu klik pada Link Ini.
  • Pada halaman yang muncul di browser, sekarang kamu masukkan nomor HP akun Xiaomi yang dipindahkan ke perangkat HP lain tadi. Masukkan nomor HP dengan menyertakan kode negara didepannya. Sebagai contohnya +6281123456789.
  • Sekarang kamu tinggal menunggu SMS dari Mi Cloud yang berupa password baru.
  • Kembali ke perangkat HP Xiaomi yang terkunci. Pastikan HP tersebut sudah terhubung ke jaringan internet. Jika belum maka kamu bisa mengaktifkan data internet dengan cara klik tombol Open Network Connection lalu aktifkan data seluler atau Wifi.
  • Setelah terhubung, sekarang kamu masukkan password atau pola yang salah sebanyak kurang lebih 5 kali. Nantinya akan muncul notifikasi yang memberitahukan kalau kamu tidak bisa memasukkan password lagi selama beberapa detik sesuai yang tersedia di notif.
  • Sampai di sini kamu klik tombol Forgot Password atau Lupa Password yang ada di bagian bawah.
  • Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman untuk masuk ke akun Xiaomi. Masukkan username atau email dan password akun Xiaomi yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Jika berhasil, nantinya HP akan langsung bisa dibuka kembali. Sekarang kamu bisa mengganti kunci layar atau membiarkannya tanpa adanya kunci.
  • Selesai.

2. Menggunakan CMD di PC atau Laptop

Cara yang kedua ini juga cukup mudah untuk dilakukan dan ampuh membuka HP Xiaomi yang terkunci. Namun, untuk melakukan cara ini kamu masih membutuhkan bantuan perangkat PC atau laptop. Selain itu, butuh juga kabel data atau kabel USB untuk menghubungkan perangkat Xiaomi dengan PC atau laptop.

Adapun cara membuka kunci HP Xiaomi yang lupa selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu matikan HP Xiaomi yang lupa password tadi. Selanjutnya masuk ke Fashboot mode dengan cara tekan dan tahan tombol Volume + tombol Power selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar atau terdapat notif getar.
  • Saat muncul logo fashboot di layar Xiaomi, sekarang kamu coba hubungakn perangkat HP ke PC atau laptop menggunakan kabel data.
  • Pastikan HP sudah terdeteksi oleh perangkat PC atau laptop. Jika sudah, sekarang kamu buka CMD di PC dengan cara ketik kombinasi tombol Windows + R lalu ketik cmd dan Enter.
  • Pada halaman CMD, kamu ketik perintah ini >> adb shell rm /data/system/gesture.key lalu tekan enter.
  • Jika sudah, lepaskan kabel data dari HP lalu lakukan Restart HP Xiaomi.
  • Selamat, HP Xiaomi yang terkunci sebelumnya sudah berhasil dibuka. Kamu bisa mengoperasikan HP Xiaomi seperti sedia kala.

3. Melakukan Reset HP Xiaomi

Dan cara terakhir untuk membuka kunci HP Xiaomi yang lupa yakni dengan factory reset. Cara ini akan membuat HP kembali ke pengaturan pabrik layaknya saat kamu pertama kali membelinya. Jadi, semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen. Jadi, kamu perlu berpikir 2 kali jika ingin menerapkan cara satu ini.

Untuk langkah-langkah membuka kunci Xiaomi dengan factory reset selengkapnya, sebagai berikut:

  • Matikan HP Xiaomi, lalu masuk ke factory mode dengan cara tekan dan tahan kombinasi tombol Volume Up + tombol Power selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada kedua tombol jika pada layar sudah muncul tampilan atau terdapat getaran di HP.
  • Sebelumnya pastikan daya baterai HP tersisa minimal 50%.
  • Pada halaman ini, kamu arahkan pilihan ke opsi Wipe data factory reset. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol Power untuk mengeksekusi pilihan.
  • Konfirmasi reset data dengan pilih Yes, – Delete all user data.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu pilih Reboot System Now.
  • Untuk loading pertama mungkin akan membutuhkan waktu yang agak lama, ini merupakan kondisi wajar.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membuka HP Xiaomi terkunci yang mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?