Cara Membuat Website Gratis Lewat HP untuk Pemula

Cara Membuat Website Gratis Lewat HP – Di era modern seperti sekarang ini tampaknya tidak begitu sulit untuk memiliki sebuah website pribadi. Pasalnya sudah ada banyak platform yang memungkinkan kita membuat website atau situs pribadi secara gratis. Tidak hanya gratis, cara penggunaannya juga disesuaikan untuk yang masih awam sehingga mudah dipahami.

Cara Membuat Website Gratis Lewat HP
Cara Membuat Website Gratis Lewat HP

Memiliki sebuah website sendiri juga bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kita. Yang pertama dengan punya website sendiri kita bisa mengembangkan bakat kita dalam menulis sebuah karya atau konten. Yang kedua dari tulisan yang kita publiskasikan akan bermanfaat untuk orang banyak. Yang ketiga kita bisa memanfaatkan website pribadi untuk pengajuan beasiswa atau saat akan melamar pekerjaan. Dan lagi, lebih jauh website bisa mendatangkna pundi-pundi rupiah jika kita kaitkan dengan perusahaan periklanan, misalnya saja Google Adsense.

Baca Juga:

Tapi yang menjadi pertanyaan, bisakah membuat website hanya melalui layar HP? Mungkin selama ini kamu berpikir membuat sebuah website hanya bisa dilakukan melalui dekstop atau PC. Ternyata tidak, melalui HP android sekalipun kamu sudah bisa membuat website dengan mudah, bahkan gratis. Berikut ini adalah cara membuat website gratis lewat HP yang bisa kamu terapkan.

Cara Membuat Website Gratis Lewat HP Bagi Pemula

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk kita membuat website pribadi secara gratis. Salah satunya yang paling terkenal adalah wordpress. WordPress pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 dan terus berkembang hingga sekarang. WordPress menjadi pilihan banyak pengguna di seluruh dunia karena penggunaannya yang mudah. Selain itu, wordpress tersedia secara gratis dan sekarang juga tersedia aplikasinya di Google Play Store.

Selain wordpress, platform website lain yang juga tidak kalah populer adalah Blogger. Blogger sendiri lebih familiar diakses via dekstop atau. Tapi tahukah kamu, ternyata blogger juga ada versi aplikasinya? Hanya saja fitur yang tersedia di versi aplikasi tidak begitu lengkap, jauh dibandingkan dengan versi dekstopnya.

Cara membuat website gratis di Wordpress

Cara membuat website gratis lewat HP bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi Wordpress. Aplikasi wordpress punya banyak sekali fitur dan sama dengan versi dekstopnya. Penggunaannya juga bisa dibilang sangat mudah dan cocok untuk pemula. Tidak perlu kuliah jurusan informatika untuk bisa mengoperasikan aplikasi wordpress. Langkah-langkah selengkapnya simak di bawah ini.

  • Pertama kamu harus menginstall aplikasi WordPress terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  • Setelah berhasil diinstall, langsung saja jalankan aplikasinya di HP android. Pada halaman utama aplikasi, kamu akan diminta untuk mendaftar akun wordpress terlebih dahulu. Tidak perlu bingung, kamu bisa mendaftar akun menggunakan alamat email yang kamu punya. Masukkan juga password untuk akun wordpressnya dan keterangan yang dibutuhkan lainnya. Pastikan kamu menggunakan password dengan kombinasi angka, huruf besar dan huruf kecil.
  • Tetapi, jika sebelumnya kamu sudah punya akun wordpress, maka bisa langsung melanjutkan dengan klik Login. Masukkan email dan password yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Langkah selanjutnya yaitu menambahkan Nama Tampilan dan Nama Pengguna untuk akun wordpress kamu. Isilah sesuai dengan keinginanmu, tapi biasa nama akan langsung tersedia secara default dengan mengambil dari alamat email yang didaftarkan.
  • Sekarang waktunya kamu mulai membuat situs atau website untuk yang pertama kalinya. Pada halaman ini kamu tinggal klik opsi TAMBAHKAN SITUS BARU. Nantinya akan muncul notif pop up untuk opsi pembuatan website. Disana ada pilihan Buat situs WordPress.com dan Tambahkan situs mandiri (self-hosted). Karena disini kita tujuannya membuat situs gratis, maka bisa pilih opsi yang pertama yakni Tambahkan situs WordPress.com. Untuk opsi kedua hanya diperuntukkan untuk kamu yang sudah punya domain dan hosting sendiri.
  • Selanjutkan kamu akan disuruh memilih jenis situs apa yang ingin kamu buat. Ini nantinya akan mempengaruhi jenis template wordpress yang diterapkan di situs kamu. Untuk versi umum, sebaiknya kamu memilih opsi Blog saja.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk menjawab apa isi dari situs yang akan dibuat. Bebas ingin menjawabnya atau melewatinya.
  • Inilah bagian paling penting, kamu diminta untuk memberi Nama Situs beserta Slogan-nya. Sesuaikan nama situs dengan tema atau isi yang akan ditulis di dalamnya nanti. Jika sudah, langsung saja klik BUAT SITUS.
  • Sekarang kamu bisa mulai mengisi website kamu dengan tulisan karya kamu sendiri.

Cara membuat website gratis di Blogger

Selain wordpress, blogger juga menjadi platform untuk membuat website gratis bisa kamu manfaatkan. Keunggulan dari blogger sendiri adalah fiturnya yang lengkap dan tidak perlu menyewa hosting jika kamu menautkannya dengan domain berbayar. Untuk langkah-langkahnya sendiri, antara lain:

  • Pertama install aplikasi Blogger melalui Google Play Store.
  • Setelah berhasil, langsung jalankan aplikasinya.
  • Sampai disini kamu bisa memilih untuk mendaftar akun baru atau menggunakan akun google yang kamu punya. Loginlah dengan alamat Gmail dan password yang kamu punya.
  • Buat situs baru dengan nama domain sesuai yang kamu inginkan.
  • Mulailah menulis konten artikel sesuai dengan skill kamu. Tambahkan pula gambar sesuai dengan isi artikel yang ditulis.

Meskipun gratis dan mudah digunakan, fitur dari aplikasi Blogger ini ternyata tidak selengkap versi dekstopnya. Inilah yang membuat banyak pengguna mengeluh kepada pihak Google untuk memperbaikinya.

Penutup

Itulah tadi 2 cara membuat website gratis lewat HP paling mudah dan cocok untuk kamu yang masih pemula. Jangan lupa share ke akun media sosial kamu agar bisa bermanfaat untuk orang lain.