Cara Membuat Voice Note WA Menjadi Video di HP

133
Cara Membuat Voice Note WA Menjadi Video
Cara Membuat Voice Note WA Menjadi Video

Cara Membuat Voice Note WA Menjadi Video – WhatsApp merupakan aplikasi chatting online terpopuler yang hadir untuk perangkat smartphone. Khusus pengguna android, kita bisa mengunduh dan menginstall aplikasi WhatsApp tersebut melalui Google Play Store. Selain bisa diakses lewat HP android, WhatsApp sekarang ini juga bisa dipasang di perangkat Windows. Pada Windows 11 misalnya, kita memungkinkan untuk menginstall aplikasi WhatsApp dan menyambungkannya ke akun WhatsApp yang ada di HP. Jadi, kita tidak perlu WhatsApp Web lagi untuk bisa mengakses akun WhatsApp via perangkat PC atau laptop. Bahkan mengakses WA di PC Windows tersebut kita hanya perlu sekali login saja dan data WhatsApp terus tersinkronisasi.

Cara Membuat Voice Note WA Menjadi Video
Cara Membuat Voice Note WA Menjadi Video

Pada WhatsApp kita tidak hanya bisa saling berkirim pesan teks saja, melainkan dapat mengirimkan file media, emoji, berbagi lokasi hingga mengirim pesan suara. Untuk file media, beberapa jenis file dapat dikirimkan dengan mudah, seperti gambar, video, audio / musik, dokumen dan lain sebagainya. Namun, terdapat batasan ukuran file yang dapat dikirim di WhatsApp ini. Untuk file video misalnya, ukuran maksimal file video yang dapat dikirim lewat WhatsApp adalah 100MB. Selain itu, semua jenis file media yang dikirim lewat WhatsApp akan dikompres otomatis oleh sistem. Proses ini terkadang akan membuat kualitas file media yang dikirim akan menurun, bahkan ukuran file juga menjadi lebih kecil dibandingkan file asli.

Baca Juga:

Pembatasn juga diberikan pada Voice Note atau VN WhatsApp yang dapat dikirimkan oleh pengguna. Awalnya, durasi voice note WhatsApp ini maksimal hanya sampai 30 detik saja. Namun, setelah update baru dihadirkan pada beberapa waktu lalu, durasi voice note ini memiliki durasi yang lebih panjang. Bahkan ada pengguna yang menyatakan voice note WA bisa mencapai durasi 2 jam 30 menit dalam sekali kirim. Tidak hanya itu saja, voice note WhatsApp yang dikirim oleh teman atau pengguna lain juga dapat kita simpan menjadi sebuah file. Baik itu, menjadi voice note WA menjadi file audio maupun video, tergantung kita inginnya format file apa. Dan pada artikel kali ini akan dijelaskan cara membuat voice note WA menjadi video dengan format Mp4 atau yang lainnya. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Membuat Voice Note WA Menjadi Video di HP

Untuk bisa menyimpan kiriman VN WhatsApp menjadi file video, terdapat 2 langkah yang bisa dilakukan. Cara yang pertama yakni dengan mengambil file VN yang tersimpan otomatis di memori internal HP, lalu mengubah format filenya menjadi video. Di sini kita bebas memilih format video yang ingin digunakan untuk file voice note WA-nya, baik itu Mp4, 3GP, MPEG, AVI atau format video lainnya. Namun, format video yang paling umum digunakan saat ini adalah format MP4.

Adapun langkah-langkah untuk cara membuat voice note WA menjadi video di HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Menyimpan File Voice Note WhatsApp

Menyimpan File Voice Note WhatsApp
Menyimpan File Voice Note WhatsApp

Sebelumnya pastikan kamu sudah menemukan dan mendownload (memutar) voice note dari teman atau orang lain hingga selesai. Dalam hal ini voice note akan secara otomatis tersimpan di memori internal HP. Kamu tinggal mencari file VN tersebut kemudian memindahkannya ke folder lain yang mudah untuk diakses.

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi File Manajer atau Pengelola File di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan Internal atau Penyimpanan Ponsel.
  3. Gulir ke bawah kemudian masuk ke folder WhatsApp.
  4. Kemudian masuk ke folder Media.
  5. Lalu masuk lagi ke folder WhatsApp Voice Notes.
  6. Sekarang kamu cari file voice note yang ingin diubah menjadi file video. Biasanya file tersebut berformat .opus dan tidak dapat diputar menggunakan Media Player bawaan HP.
  7. Tekan dan tahan pada file VN berformat OPUS tersebut, kemudian pilih Pindahkan. Lalu Paste di memori internal maupun memori eksternal, yang pasti kamu dapat menemukan file tersebut dengan mudah.

Sampai di sini kamu telah berhasil menyimpan file voice note WA yang nantinya akan dijadikan file video.

Langkah 2. Mengubah Format File Voice Note (.opus) WhatsApp Menjadi Video

Mengubah Format File Voice Note (.opus) WhatsApp Menjadi Video
Mengubah Format File Voice Note (.opus) WhatsApp Menjadi Video

Selanjutnya kita akan mengubah format dari file voice note WhatsApp yang disimpan tadi menjadi file video dengan format mp4 atau yang lainnya. Simak terus langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP androidmu.
  2. Kemudian kunjungi halaman situs converter file bernama FreeConvert.com dan pilih menu convert OPUS to Mp4 atau lebih mudah dengan klik LINK INI.
  3. Pada halaman situs yang ditampilkan, sekarang kamu klik Choose File. Kemudian cari dan pilih file voice note berformat .opus tadi.
  4. Setelah file berhasil dipilih dan diupload ke situs tersebut, kamu pilih format file output yang ingin digunakan. Misalnya saja, di sini saya pilih format Mp4 sebagai file outputnya.
  5. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Convert dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Untuk menyimpan hasil file voice note yang sudah diubah menjadi file video, selanjutnya kamu klik Download. Maka file video hasil convert voice note tadi akan disimpan ke memori HP.
  7. Selesai.

Selain menggunakan situs FreeConvert.com di atas, kamu juga bisa memilih situs file converter lain yang tersebar di internet.

Penutup

Itulah tadi cara membuat voice note WA menjadi video di HP android yang mudah dan praktis bisa kalian terapkan sendiri. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu.  

Artikel SebelumnyaBerapa Full Size PUBG Mobile Terbaru? Ini Jawabannya!
Artikel SelanjutnyaKenapa Chat IG Tidak Bisa Dihapus? Ini Jawabanya!
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini