Cara Membuat Video Slow Motion di TikTok yang Praktis

Cara Membuat Video Slow Motion di TikTok – Sebagian besar dari pengguna smartphone android pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang booming satu ini, TikTok. Menjadi salah satu aplikasi yang paling populer di kalangan pengguna mobile, TikTok menjadi hiburan tersendiri bagi pengguna. Sebagian dari mereka bahkan dinobatkan sebagai artis di TikTok dikarenakan banyaknya penggemar. Bukan hanya sekedar media hiburan saja, beberapa pengguna juga menjadikan TikTok sebagai ladang untuk menghasilkan cuan.

Cara Membuat Video Slow Motion di TikTok
Cara Membuat Video Slow Motion di TikTok

TikTok semakin populer berkat fitur-fitur yang dihadirkan di dalamnya yang semakin lengkap. Sebut saja fitur filter yang bisa membuat hasil video rekaman menjadi semakin keren dan unik, bahkan bisa digunakan secara instan tanpa editing yang ribet. Filter di TikTok ada banyak sekali pilihannya, bisa disesuaikan dengan keinginan dari pengguna. Bahkan ada filter yang memungkinkan wajah menjadi tampak glowing meskipun belum mengaplikasi skincare atau makeup.

Baca Juga:

Berbicara mengenai editing video di TikTok, ada satu fitur lagi yang sekarang ini lagi viral banget yakni membuat video slowmo. Video slow motion di TikTok membuat hasilnya tampak keren dan aesthetic banget. Ditambah dengan backsound yang khas, membuatnya semakin unik. Sayangnya, masih belum banyak pengguna TikTok yang tahu cara membuat video slow motion di TikTok tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu kamu wajib membaca ulasan ini sampai selesai.

Cara Membuat Video Slow Motion di TikTok yang Praktis

Cara Edit Video Slow Motion di TikTok
Cara Edit Video Slow Motion di TikTok

Setidaknya ada 2 metode untuk membuat video slowmo di TikTok yang paling mudah dan cepat. Bahkan di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, cukup menggunakan fitur yang disediakan di aplikasi TikTok tersebut. Adapun cara membuat video slow motion di TikTok tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Fitur Speed (Kontrol Kecepatan Rekaman)

Cara yang paling mudah untuk bikin video slowmo di aplikasi TikTok yakni dengan menggunakan fitur Speed. Fitur ini bisa kamu gunakan ketika merekam video untuk konten TikTok-mu. Video slowmo atau gerakan lambat akan langsung jadi secara instan, kamu tidak perlu melakukan editing lagi. Untuk langkah-langkah pembuatannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi TikTok di smartphone android.
  2. Pastikan kamu sudah login ke akun TikTok pribadimu.
  3. Jika sudah, pada tampilan utama aplikasi kamu klik tombol Tambah (+) yang ada di bagian tengah bawah tampilan.
  4. Pada halaman kamera yang siap merekam, kamu klik dulu pada fitur Speed atau Kecepatan yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan. Kemudian kamu pilih kecepatan perekaman videona. Untuk efek slowmo bisa pilih tingkat kecepatan 0.5x atau 0.3x.
  5. Pilih juga lagu yang cocok untuk dijadikan backsound video slowmo dari daftar yang sudah disediakan.
  6. Setelah berhasil dipilih, sekarang kamu bisa lanjut untuk merekam video TikToknya. Tekan tombol bulat merah yang ada di bagian bawah tampilan dan mulailah merekam.
  7. Hasil rekamannya akan langsung ditampilkan dan kamu bisa melihat previewnya terlebih dahulu.
  8. Kamu juga bisa menambahkan filter untuk semakin menyempurnakan video TikTok slowmo yang kamu buat tadi.
  9. Jika sudah dirasa pas, sekarang kamu bisa posting langsung video slow motion TikTok tersebut.
  10. Selesai.

Catatan: Cara satu ini akan membuat seluru bagian video menjadi slowmo atau gerakannya lambat, dari awal video hingga akhir video.

2. Menggunakan Fitur Effect

Jika cara di atas video akan langsung menjadi slowmo secara instan saat selesai merekam, beda lagi dengan cara kedua ini. Kamu bisa merekam videonya terlebih dahulu, kemudian diedit dengan menambahkan efek slowmo pada video TikTok tersebut. Yang menarik lagi, di sini kamu bisa mengatur sendiri bagian video mana saja yang ingin diberikan efek slowmo.

Jadi, hasil video slowmo-nya lebih aesthetic layaknya video dari para artis TikTok. Efek slow motionnya juga bisa kamu sesuaikan dengan lagu yang dijadikan sebagai backsound video. Cara membuat video TikTok slow motionnya pun terbilang sangat mudah, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi TikTok di smartphone androidmu.
  2. Pastikan kamu sudah login ke akun TikTok milikmu.
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik pada tombol Tambah (+) yang ada di bagian bawah tampilan.
  4. Kemudian klik tombol bulat merah untuk mulai merekam video TikTok. Setelah selesai merekam, nantinya kamu akan dibawa ke halaman editing video TikTok. Di sini kamu bisa menambahkan filter, efek ataupun lagu.
  5. Untuk menambahkan efek slow motion, kamu klik pada menu Effects.
  6. Selanjutnya klik pada opsi Timer, kemudian aktifkan fitur Slow Motionnya.
  7. Kamu bisa meletakkan efek slow motion di bagian mana saja pada video. Kamu juga bisa mengatur durasi efek slowmo pada video serta tingkat kelambatannya.
  8. Jika dirasa sudah pas, sekarang kamu klik tombol Save untuk menyimpan video, kemudian klik tombol Next.
  9. Di sini kamu bisa menambahkan caption untuk video, hastag, dan mention pengguna lain. Selain itu, disediakan pula opsi untuk membagikan video TikTok tersebut ke jejaring sosial lain dan opsi untuk menyimpan video ke memori HP.
  10. Sementara untuk mempostingnya di akun TikTokmu, tinggal klik saja tombol Post dan secara otomatis video TikTok tersebut akan masuk ke timeline akun TikTok.
  11. Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara membuat video Slow motion di TikTok yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini