Cara Membuat Video Slow Motion di Android

Cara Membuat Video Slow Motion di Android – Youtuber menjadi salah satu profesi yang paling populer dijalankan oleh sebagian masyarakat modern sekarang ini. Menjadi youtuber mengharuskan kita membuat video yang unik dan menarik sesuai dengan genre yang disukai atau yang menjadi keahliannya. Dari video yang diuploudnya di platform Youtube memungkinkan kita mendapatkan penghasilan yang besar. Perihal inilah yang menggerakkan keinginan banyak orang untuk menjadi seorang Youtuber.

Cara Membuat Video Slow Motion di Android
Cara Membuat Video Slow Motion di Android

Membuat video yang unik dan menarik bisa dibilang tidak gampang. Selain harus memilih topik yang tepat, video juga harus dihiasi dengan beberapa efek agar tampak lebih menarik. Salah satunya adalah memberikan bumbu slow motion di dalamnya. Efek slow motion ini sendiri bekerja dengan mengurangi gerakan dan frame dengan besar pengurangan yang bisa disesuaikan. Hasilnya, scene video menjadi berjalan lebih lambat sehingga memberi kesan dramatis tersendiri.

Baca Juga:

Membuat video slow motion mungkin dulunya hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC atau laptop. Namun, di era maju seperti sekarang ini kamu sudah bisa membuat video slow motion hanya dengan berbekal smartphone android saja. Dan pastinya perlu menginstall aplikasi khusus untuk mempermudah mengedit video menjadi slow motion tersebut. Berikut cara membuat video slow motion di android yang mudah untuk pemula bisa kamu coba terapkan.

Cara Membuat Video Slow Motion di Android

Cara Membuat Video Slow Motion di Smartphone
Cara Membuat Video Slow Motion di Smartphone

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, membuat video slow motion di smartphone android dibutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi edit video slow motion ini sendiri tersedia dan bisa diunduh dengan mudah di Google Play Store. Tidak perlu membayar, beberapa aplikasi untuk edit video slow motion tersebut bisa kamu install secara gratis. Namun, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur khusus yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar.

Tidak hanya bisa mempercepat atau memperlambat video, di dalam aplikasi biasanya disediakan fitur menarik lain. Fitur-fitur tersebut, seperti fitur menambahkan teks, subtitle, clip, gambar dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun langkah-langkah membuat video slow motion di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi bernama VideoShow – Editor Video Gratis dengan Musik melalui Google Play Store. Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu langsung klik Edit Video untuk mulai mengedit sebuah video.
  • Cari video yang ingin diberi efek slow motion, kemudian klik Start untuk memasukkan videonya ke dalam aplikasi.
  • Untuk mengatur kecepatan video, kamu klik opsi Duration. Selanjutnya klik opsi Speed untuk mulai mengurangi kecepatan pergerakan videonya. Kamu bisa mengatur kecepatan video dengan memilih ½ atau ¼ dari kecepatan normalnya.
  • Secara otomatis video tersebut akan menjadi lebih lambat pergerakannya. Untuk melihat hasil edit videonya, kamu bisa klik pada tombol Preview. Jika memang dirasa sudah pas, kamu klik tombol OK untuk mulai menyimpan hasil editing video.
  • Beberapa efek lain juga bisa kamu tambahkan ke dalam video, seperti teks gambar atau efek-efek yang lainnya.
  • Sekarang kamu bisa menyimpan hasil editing video ke memori HP.

Aplikasi VideoShow – Editor Video Gratis dengan Musik ini sendiri menjadi salah satu yang paling populer digunakan. Dikembangkan oleh VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc, yang mana sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store. Ukurannya juga tidak terlalu besar yakni hanya 24MB saja, sehingga ringan dan lancar meski dijalankan di HP berspesifikasi standar.

Pilihan Aplikasi Edit Video Slow Motion di Android Lainnya

Selain aplikasi VideoShow di atas, ada pilihan aplikasi edit video lainnya yang juga menyedikan fitur efek slow motion pada video. Hasil editingnya tidak kalah sempurna, bisa kamu jadikan alternatif jika tidak begitu suka dengan aplikasi VideoShow. Berikut rekomendasi aplikasi edit video slow motion terbaik di android bisa kamu gunakan, yakni:

1. VivaVideo – Editor Video

Aplikasi bernama VivaVideo – Editor Video ini juga menjadi salah satu aplikasi edit video populer digunakan. Di dalamnya disediakan banyak sekali fitur menarik, salah satunya adalah fitur untuk memberi efek slow motion pada video. Hasil pergerakan lambat videonya sangat halus dan menakjubkan.

Ditambah lagi dengan fitur-fitur lain yang bisa digunakan untuk semakin mempercantik video, seperti penambahan emoji, stiker, teks dan masih banyak lagi fitur lainnya. Aplikasi besutan QuVideo Inc ini sendiri mampu mengekspor video dengan kualitas 720p, Full HD 1080p, hingga kualitas 4K.

2. KineMaster – Video Editor

Dikembangkan oleh KineMaster Corporation, aplikasi satu ini juga menjadi yang paling populer digunakan. Aplikasi KineMaster – Video Editor tidak hanya digunakan oleh pemula, melainkan para editor video profesional juga sering menggunakannya. Dengan aplikasi ini akan memudahkan kamu memotong, memindahkan, transisi, menambah teks, hingga menambah background pada sebuah video.

Yang menarik lagi, di dalam aplikasi juga disediakan fitur untuk menambah efek slow motion pada video. Fiturnya sangat lengkap, ada pula beberapa fitur yang dikhususkan untuk pelanggan berbayar.

3. FilmoraGo

Cara membuat video slow motion di android juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi bernama FilmoraGo. Melalui aplikasi ini juga kamu bisa membuat video dari kumpulan foto dan memberinya efek transisi dan efek lain agar semakin cantik. Selain bisa memperlambar pergerakan video, di dalamnya juga terdapat fitur untuk mempercepat video.

Penutup

Itulah tadi cara membuat video slow motion di android paling mudah cocok untuk pemula. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?