Cara Membuat Video SlideShow di Android

Cara Membuat Video SlideShow di Android – Mengedit video dulunya mungkin hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC saja. Selain itu, kamu juga membutuhkan software edit video khusus agar lebih mudah melakukan pengeditan video tersebut. Namun untuk sekarang ini kamu sudah bisa melakukan editing video dengan mudah hanya berbekal smartphone android. Sama seperti di PC, kamu juga masih membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan aktivitas tersebut.

Cara Membuat Video SlideShow di Android
Cara Membuat Video SlideShow di Android

Ada banyak sekali aplikasi edit video yang bisa kamu temukan dan install dengan mudah melalui Google Play Store. Aplikasi-aplikasi tersebut hampir semuanya disediakan secara gratis, namun ada beberapa aplikasi yang menyediakan fitur khusus untuk pengguna berbayar. Tidak kalah dengan software edit video yang ada di PC, aplikasi edit video android ini juga kaya fitur keren. Mulai dari fitur menambahkan teks/subtitle, emoji, gambar, clip dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:

Selain bisa mengdit video, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu membuat video SlideShow dari beberapa foto. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan latar musik dan beberapa efek lain yang disediakan di masing-masing aplikasi. Untuk kalian yang belum tahu, berikut ini cara membuat video SlideShow di android yang paling mudah bisa kamu terapkan.

Cara Membuat Video SlideShow di Android untuk Pemula

Cara Membuat Video SlideShow di Smartphone
Cara Membuat Video SlideShow di Smartphone

Membuat video slide dari kumpulan beberapa foto bisa dibilang sangat mudah. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi edit video khusus untuk memudahkan aktivitas pengeditan video slideshow tersebut. Adapun cara membuat video slideshow di android paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi bernama VideoShow – Editor Video Gratis dengan Musik melalui Google Play Store. Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  • Pada tampilan utama aplikasi, sekarang kamu pilih menu Photo Video. Nantinya kamu akan diarahkan ke memori internal untuk diminta memilih beberapa foto yang ingin dijadikan video slideshow. Pilih foto dengan cara memberi tanda centang pada masing-masing foto tersebut. Dan untuk memulai pembuatan video slideshow, kamu klik tombol Start.
  • Sekarang kamu pilih Tema/Theme yang ingin digunakan pada video SlideShow. Terdapat beberapa pilihan tema / theme slideshow yang unik dan menarik untuk digunakan.
  • Geser ke opsi Duration untuk mengatur durasi video slideshow yang ingin kamu buat.
  • Geser lagi ke opsi Music guna untuk menambahkan musik sebagai latar video SlideShow. Klik My Songs untuk memilih musik atau lagu yang ingin digunakan sebagai latar audio. Lakukan pengaturan durasi sesuai dengan video slideshow yang dibuat dengan cara menggeser ke kanan ataupun ke kiri. Untuk mengatur menit/detik awal dan menit/detik akhir dari lagu kamu bisa memanfaatkan fitur Pricise Time. Jika dirasa sudah pas, selanjutnya kamu klik Add Music.
  • Selanjutnya untuk pengeditan lebih lanjut, kamu bisa geser ke opsi Pro Edit. Kamu bisa menambahkan teks atau efek-efek tertentu pada video supaya hasilnya lebih keren dan menarik.
  • Kalau semua sudah dirasa pas, sekarang kamu tinggal menyimpan hasil video SlideShow ke format MKV. Klik ikon anak panah yang ada di pojok kanan atas, kemudian tunggu proses penyimpanan hingga selesai.
  • Proses menyimpan video SlideShow cukup bervariasi, tergantung panjang durasi dari video slideshow yang kamu buat.
  • Selesai.

Sangat mudah bukan cara membuat video slideshow di android di atas? Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa foto menarik yang nantinya digabungkan menjadi sebuah video slideshow. Aplikas VideoShow – Editor Video Gratis dengan Musik ini sendiri memang menjadi salah satu aplikasi edit video paling populer digunakan. Jumlah downloadernya sudah mencapai angka lebih dari 100 juta pengguna.

Dikembangkan oleh VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc, aplikasi satu ini juga dilengkapi dengan fitur keren lain. Mulai dari mengedit video, menambahkan teks atau subtitle, menambahkan efek-efek unik, hingga menambahkan musik latar.

Pilihan Aplikasi untuk Membuat Video SlideShow di Android Lainnya

Selain aplikasi VideoShow – Editor Video Gratis dengan Musik, ada jenis aplikasi android lainnya yang memungkinkan kamu membuat video slideshow. Hasil videonya tidak kalah bagus, pasalnya fitur-fitur yang disediakan juga sangat lengkap. Adapun pilihan aplikasi edit video slideshow di android terbaik, antara lain:

1. Video Slideshow Maker

Aplikasi mengubah foto menjadi video slideshow yang pertama adalah Video Slideshow Maker. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Media Maker Apps, yang mana sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Ukurannya hanya sebesar 33MB saja, membuatnya cukup ringan dan lancar meski dimainkan di HP berspek standar.

Tidak hanya bisa menggabungkan beberapa foto menjadi video slideshow, kamu juga bisa menambahkan musik latar atau melodi sesuai keinginan. Selain itu, masih ada banyak lagi fitur keren lain yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik hasil video slideshow-nya.

2. FilmoraGo

Berikutnya ada aplikasi bernama FilmoraGo yang juga dibekali fitur untuk membuat video slideshow dengan mudah dan cepat. Di dalamnya juga disediakan fitur lain, seperti filter, transisi, musik, efek slow motion, menambahkan teks dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang menarik lagi, kamu tidak hanya bisa mengambil foto yang akan dijadikan slideshow dari Galeri saja. Bisa juga mengambilnya Facebook, Album hingga Instagram. Terdapat pula fitur share yang akan memudahkan kamu membagikan hasil video slideshow ke platform media sosial.

3. KineMaster – Video Editor

Cara membuat video slideshow di android paling mudah terakhir yakni memanfaatkan aplikasi bernama KineMaster – Video Editor. Aplikasi satu ini dibekali dengan banyak sekali fitur keren yang memungkinkan kamu menghasilkan video editing yang sempurna. Kamu juga bisa dengan mudah menambahkan teks/subtitle, efek khusus, musik latar, hingga transisi video yang keren.

KineMaster – Video Editor sendiri tersedia dalam 2 versi, yakni versi gratis dan premium alias berbayar. Untuk versi berbayar pastinya punya dukungan fitur yang lebih lengkap sehingga membuat kamu lebih mudah menghasilkan video editing yang bagus.

Penutup

Itulah tadi cara membuat video SlideShow di android yang mudah bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?