Cara Membuat Swipe Up Di Instagram

Cara Membuat Swipe Up Di Instagram – Seperti yang anda ketahui sekarang bahwa tidak di pungkiri kalau Instagram merupakan salah satu sosial media terbesar di dunia pada saat ini. Lahir pertama kali pada bulan oktober tahun 2010 sebagai platform berbagi video dan foto ini terus berkembang sampai sekarang yang sudah menjadi media yang besar serta banyak di gandrungi oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari anak – anak, remaja, hingga lanjut usia. Yang mana perkembangan tersebut terjadi semenjak di ambil alih oleh media sosial yang sudah sukses duluan yaitu Facebook pada tahun 2012 lalu, Intagram sampai kini berkembang pesat menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Dengan bermacam variasi fitur yang ia tawarkan tidak ada henti – henti nya untuk menghibur para pengguna nya yang berada di seluruh penjuru dunia.

Cara Membuat Swipe Up Di Instagram

Dan kini instagram bukan lagi menjadi aplikasi yang hanya sekedar untuk berbagi foto dan video, dengan semua fitur yang ada ia bisa di anggap menjadi All In One dari semua aplikasi masa kini, di mana ia memiliki semua fitur pada semua aplikasi sekarang, seperti fitur video story, live story, IGtv, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai macam fitur tersebut dalam hal penggunaan IG sekarang juga bukan lagi cuman sekedar berbagi foto atau video pribadi semata, namun bisa juga di manfaat dalam hal promosi, berbisnis, dan bahkan banyak orang saat ini yang berlomba – lomba untuk bisa viral agar terkenal menjadi artis instagram yang biasa disebut dengan istilah Selebgram dengan berbagai macam cara.

Baca Juga :

Salah satu fitur keren dan banyak di pakai para user adalah fitur stories, yang mana pada feature tersebut bisa memungkinkan kita agar berbagi status dalam berbagai macam bentuk, mulai dari gambar, video, dan teks yang kemudian akan terhapus secara otomatis jika sudah melewati dari batas yang di tentukan yaitu 24 jam. Pada masa sekarang ini juga di tahun 2018 banyak para selebram, marketer online, dan youtuber yang memanfaatkan nya untuk ajang promosi sebuah produk seperti endorsement. Akan tetapi, selain itu kini fitur instastory menjadi semakin canggih dengan ada nya fitur tambahan yaitu Swipe Up yang memungkinkan kita para user IG agar dapat menyematkan link yang tertuju untuk viewers story tersebut untuk di geser ke atas menuju alamat link yang di masukan.

Cara Membuat Swipe Up Di Instagram

Perkembangan pesat yang terjadi sama aplikasi Instagram kini semakin keren dengan ada nya fitur baru pada stories jika anda sering melihat ada nya tulisan Swipe Up / See More. Namun, tidak semua akun IG yang dapat memakai feature keren ini, kalau kamu mau menggunakan nya perlu untuk beralih terlebih dulu ke dalam akun bisnis dan harus sudah mempunyai followers sebanyak 10 ribu, atau bisa juga menggunakan Swipe Up tersebut pada akun personal kamu yang sudah terdapat centang biru. Jadi pastikan terlebih dulu yaa bahwa akun yang kamu punya sudah melebihi 10k followers jika mau menggunakan Swipe Up.

Cara Membuat Swipe Up Di Instagram

Nah, peluang besar juga tertuju pada kalian yang baru mau mulai usaha berjualan online atau ingin lebih mudah memasarkan produk penjualan, karena ini merupakan salah satu langkah yang masih fresh pada instagram untuk kamu yang mau menjalankan online shop memakai social media.

1. Cara Mengubah Akun Personal Menjadi Akun Bisnis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin memakai fitur Swipe Up pada aplikasi IG yaitu mengubah akun personal kamu ke dalam akun bisnis, dan ingat, sebelum melakukan cara ini pastikan terlebih dahulu kalau akun yang anda punya tersebut sudah melebihi jumlah dari followers yang di tentukan sebesar 10k, atau semua akan sia – sia saja jika kamu melanjutkan tutorial ini hingga habis.

Berikut di bawah ini bagaimana cara mengubah akun personal menjadi akun bisnis :

  1. Sudah pasti jumlah followers kamu melebihi dari 10 ribu ? Maka langsung saja lanjut ke halaman profil instagram dengan cara memilih opsi berbentuk titik tiga di sudut atas kanan.
  2. Jika sudah gulir ke bagian bawah dan cari opsi menu yang betuliskan Beralih ke Profil Bisnis, kemudian klik Lanjutkan.
  3. Sampai disini anda akan di minta untuk menghubungkan dan membuat halaman akun Facebook yang di punya serta terkait dengan akun IG tersebut, kalau belum ada bisa langsung saja kalian lewati step ini.

    Cara Mengubah Akun Personal Menjadi Akun Bisnis

  4. Akan tampil pilihan baru lagi, yang mana kita di suruh memilih kategori profil bisnis yang di inginkan. Setelah itu kalian akan di alihkan lagi ke dalam halaman konfirmasi bahwasanya semua setting tadi telah selesai serta sesuai seperti yang ingin di daftarkan.

    Cara Mengubah Akun Personal Menjadi Akun Bisnis

  5. Klik Selesai, maka selamat sampai disini anda sudah berhasil merubah akun personal menjadi bisnis.

2. Cara Membuat Swipe Up Story

Sudah selesai melakukan langkah pertama di atas ? Dan telah memenuhi syarat dalam penggunaan fitur Swipe up ? Maka langsung saja lanjut ke inti dari artikel kita kali ini, yaitu bagaimana cara membuat story swipe up di dalam aplikasi populer Instagram.

Berikut di bawah ini bagaimana cara memakai feature Swipe Up pada opsi Story :

  1. Langkah pertama seperti biasa kita pergi menuju opsi story , kamu bisa ambil foto maupun video langsung juga dari aplikasi IG semana mesti nya kita membikin story.
  2. Kalau sudah selesai melakukan langkah di atas lalu lanjut dengan memilih opsi berbentuk rantai seperti yang di tunjukan oleh panah biru pada gambar di bawah ini.
  3. Kemudian akan tampil sebuah halaman baru yang mewajibkan kita untuk mengisi kolom URL yang sudah tersedia secara lengkap.
  4. Jika sudah di isi maka klik tanda crosscheck yang bewarna hijau pada Android dan bertuliskan done pada iOS untuk mengesave link tadi.
  5. Yang penting anda ketahui adalah bahwa analisis instagram story pada sekarang ini tidak melacak URL yang di tap, jadi jika kalian mau mengukur traffic serta konversi, maka saran saya yaitu gunakan lah link yang dapat di lacak secara terpisah, seperti memakai link shortener Rebrand.ly atau Bit.ly.
  6. Sudah selesai mengisi URL tadi ? Maka icon rantai pada opsi Story tadi akan berwarna putih.
  7. Lanjut dengan mengedit tampilan story dengan manambah kan sticker, filter, atau juga text, dan langsung saja kalau sudah upload.
  8. Selamat, sampai disini kalian telah sukses memanfaatkan fitur Swipe Up pada opsi InstaStory.

Ketika mau menambahkan content, kamu juga dapat memasukkan juga call to action kedalam text sotry kamu untuk mengarahkan followers supaya mengakses link tersebut. CTA yang umum orang gunakan yaitu seperti tap “See More Mengunjungi WEB” atau “Swipe ke atas untuk menampilkan”.

Penutup

Cukup sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, semoga dengan ada nya artikel ini bisa menambah wawasan anda semua para pembaca bukandroid. Sekian dari saya, jangan lupa share artikel ini seperti biasa, see you next time guys.