Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting online di mobile yang paling populer digunakan saat ini. Tercatat untuk penguna di android saja ada sekitar 5 miliar lebih pengguna android yang mendownload aplikasi tersebut. Belum lagi untuk pengguna iOS dan beberapa sistem operasi mobile lainnya. Perkembangan WhatsApp terjadi dengan sangat cepat, hanya butuh beberapa tahun saja peminatnya sudah melonjak tajam.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi
Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

Salah satu daya tarik dari WhatsApp adalah fitur-fitur yang lengkap dan sangat memanjakan para pengguna. Tidak hanya untuk urusan chattingan saja, melainkan juga bisa melakukan panggilan video maupun panggila suara. Dalam hal ini pengguna tidak perlu menggunakan pulsa untuk mengirim chat atau melakukan panggilan. Cukup dengan menyambungkan perangkat smartphone ke internet, WhatsApp sudah bisa digunakan sepenuhnya. Fitur lain juga bisa ditemukan di dalamnya, mulai dari fitur Status WhatsApp, kirim file media, hingga stiker WhatsApp.

Baca Juga:

Khusus untuk fitur yang terakhir disebutkan di atas, bisa dibilang ini sudah tidak asing dikalangan pengguna. Dengan adanya stiker membuat aktivitas chattingan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Pasalnya, kita bisa mengekspresikan diri dengan lebih jelas melalui stiker yang dikirim. Mengenai stiker WhatsApp, ternyata kita bisa membuatnya sendiri bahkan dengan foto sendiri, baik dengan atau tanpa aplikasi. Di bawah ini akan dijelaskan cara membuat stiker WhatsApp tanpa aplikasi yang mudah dan praktis.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Stiker WA Tanpa Aplikasi
Cara Membuat Stiker WA Tanpa Aplikasi

Banyak pengguna yang belum tahu cara membuat stiker WA tanpa aplikasi tambahan. Mereka hanya tahunya membuat stiker WA ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa didownload melalui Google Playstore atau penyedia aplikasi android lainnya. Hanya saja cara ini diklaim cukup merepotkan, belum lagi ruang kosong di memori akan semakin tersisa sedikit karena penginstalan aplikasi baru tersebut.

Berbeda dengan pembuatan sticker WhatsApp yang tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Selain bisa menghemat ruang memori internal HP, juga menerapkannya jauh lebih praktis dan simpel. Adapun cara membuat stiker WhatsApp tanpa aplikasi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat Stiker WhatsApp Lewat Website

Cara yang pertama untuk bikin stiker WhatsApp di android yakni melalui website atau situs khusus. Ada beberapa pilihan website yang menyediakan fitur untuk membuat stiker WhatsApp sendiri. Salah satunya adalah WhatsApp Sticker Online atau WA Sticker yang bisa diakses langsung melalui browser.

Situs WA Sticker ini sendiri berfungsi untuk mengubah gambar (berbagai format gambar) menjadi stiker WA dan bisa langsung diakses di aplikasi WhatsApp. Untuk langkah-langkah membuat stiker WA melalui website WA Sticker selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu siapkan dulu gambar atau foto yang ingin dijadikan stiker WhatsApp. Pastikan foto tersebut sudah dihilangkan backgroundnya agar lebih bagus saat dijadikan stiker nantinya. Jangan lupa juga untuk menyimpannya ke dalam format PNG untuk gambar biasa atau format GIF untuk gambar animasi.
  • Jika gambarnya sudah disiapkan, sekarang kamu buka browser di HP android.
  • Kemudian kunjungi situs WA Sticker melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs tersebut, kamu masukkan nomor WhatsApp milikmu. Jangan lupa untuk menambahkan kode negara +62 dibagian depan nomor WhatsApp yang dimasukkan.
  • Jika sudah, sekarang kamu klik tombol SELECT IMAGE yang ada di atas kolom memasukkan nomor tadi. Sebenarnya jenis file gambar apa saja bisa dijadikan stiker WA, mulai dari format JPG, PNG, GIF hingga WEBP.
  • Selanjutnya beri tanda centang di tulisan “Share this Sticker” jika kamu ingin membagikan stiker yang dibuat nantinya.
  • Sekarang kamu klik tombol CREATE dan tunggu sampai proses pembuatan stiker WA selesai.
  • Nantinya stiker yang sudah berhasil dibuat di situs WA Sticker tersebut akan dikirim langsung ke nomor WhatsApp yang dimasukkan tadi lewat chat.
  • Untuk menambahkan stiker, kamu klik pada stiker yang dikirim lewat chat tersebut. Kemudian klik opsi Tambahkan ke Favorit atau Add to Favorites.
  • Selesai.

Dengan demikian stiker yang dibuat tadi akan langsung tersimpan di menu stiker di chat WhatsApp. Lantas, bagaimana cara untuk menggunakan stiker WA yang sudah dibuat di situs WA Sticker tadi? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu buka aplikasi WhatsApp seperti biasa, kemudian buka salah satu chat teman yang ingin dikirim stiker tadi.
  • Pada halaman chat tersebut, kamu klik ikon Emoticon yang ada di bagian kiri kolom untuk mengetik pesan. Kemudian klik pada ikon Stiker (icon kotak dengan lepitan di satu pojoknya).
  • Kemudian klik pada menu Favorit yang ditandai dengan icon Bintang.
  • Di sana kamu akan melihat stiker yang sudah dibuat dan disimpan dari situs WA Sticker sebelumya.
  • Tinggal klik pada stiker tersebut untuk mengirimnya ke temanmu.
  • Selesai.

Catatan: Untuk menerapkan cara ini kalian perlu menyiapkan dulu gambar atau foto yang ingin dijadikan stiker. Kalau perlu edit dulu foto tersebut untuk menambahkan oranamen seperti tulisan atau yang lainnya, serta menghapus backgroundnya.

2. Download Stiker dari Teman

Cara lain untuk membuat stiker WhatsApp sendiri yakni dengan mengunduh stiker yang dikirim oleh teman lewat chat. Cara ini sebenarnya bukan dibilang membuat stiker, melainkan lebih tepatnya memasukkan stiker baru ke WhatsApp. Caranya juga lebih simpel dan praktis, hanya membutuhkan beberapa step saja. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP android seperti biasa.
  • Kemudian buka chat teman yang telah mengirim kamu stiker baru.
  • Klik pada stiker tersebut, maka nanti akan muncul notifikasi pop up di layar.
  • Kemudian klik pada opsi Tambahkan ke Favorit.
  • Secara otomatis stiker tersebut akan langsung dimasukkan ke bagian Favorit di menu Stiker WhatsApp. Cara penggunaannya pun sama seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Selesai.

Menambahkan Stiker Baru di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain kedua metode di atas, di WhatsApp kamu juga memungkinkan untuk menambahkan stiker baru tanpa harus membuatnya terlebih dahulu. Ya, dalam hal ini WhatsApp sudah menyediakan koleksi stiker yang bisa langsung digunakan oleh pengguna secara instan.

Kamu bisa menemukannya di menu Stiker yang ada di WhatsApp. Ada banyak sekali jenis stiker unik dan lucu bisa kamu temukan dan tambahkan ke aplikasi WhatsApp milikmu. Untuk langkah-langkah penambahan stiker WA ini sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di smartphone android.
  • Kemudian buka salah satu chat dengan teman. Pada halaman chat tersebut, kamu klik ikon Emoticon yang ada di bagian pojok kiri bawah, tepatnya di sebelah kiri kolom ketik pesan.
  • Emoticon akan ditampilkan di sana, selanjutnya kamu klik pada menu Stiker yang ada di bagian kanan bawah. Menu tersebut dibuat dalam bentuk icon kotak dengan lepitan di satu pojoknya.
  • Selanjutnya kamu klik tombol Plus (+) yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan keyboard.
  • Di menu Semua Stiker, kamu bisa pilih stiker mana yang ingin digunakan. Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu kli tombol Download yang ada di sebelah kanan stiker.
  • Sekarang kamu sudah bisa langsung menggunakan stiker tersebut.

Penutup

Penutup Itulah tadi cara membuat stiker WhatsApp tanpa aplikasi yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini