Cara Membuat Stiker di WhatsApp Pakai Foto Sendiri

Cara Membuat Stiker di WhatsApp – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting paling populer satu ini. WhatsApp merupakan aplikasi chatting terbaik yang berada di bawah naungan perusahaan Facebook Inc. Pengguna dari dari WhatsApp ini sendiri sudah cukup banyak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya kalangan remaja saja, anak-anak hingga dewasa kebanyakan sudah punya WhatsApp sendiri.

Cara Membuat Stiker di WhatsApp

Hal menarik dari aplikasi WhatsApp adalah kemudahan dalam berkirim pesan, baik dalam bentuk teks, gambar/stiker, audio, video, dokumen atau bahkan share live location. Selain itu, ada pula fitur berbagai cerita yang memungkinkan pengguna lain melihat cerita yang kamu bagikan.

Baca Juga:

Saat chattingan di WhatsApp, kebanyakan pengguna menggunakan stiker untuk mengekspresikan dirinya dengan lawan bicara. Uniknya lagi, pengguna bisa membuat sendiri stiker dengan menggunakan foto pribadinya sendiri. Tren ini sekarang juga lagi booming dikalangan pengguna, terlebih lagi cara membuat stiker di WhatsApp pakai foto sendiri ini mudah untuk dilakukan. Penasaran dengan bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Stiker di WhatsApp Pakai Foto Sendiri

Mengirim pesan teks disertai dengan stiker khusus memang lebih menyenangkan di WhatsApp, apalagi stiker yang digunakan adalah foto pribadi. Bagi pemula mungkin belum tahu bagaimana cara membuat stiker di WhatsApp pakai foto sendiri. Karena itulah, pada artikel kali ini akan saya kasih tahu caranya biar bisa ikut-ikutan tren. Langkah-langkahnya sendiri bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi Sticker Maker

Cara membuat stiker di WhatsApp yang pertama yakni dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama Sticker Maker. Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan Viko & Co. ini dibuat khusus untuk membuat stiker di WhatsApp. Dibekali dengan UI yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Cara penggunaannya pun sangat mudah dan simple, di antaranya:

  • Langkah pertama kamu install terlebih dahulu aplikasi Sticker Maker melalui link ini.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama, kamu klik menu Create a new stickerpack untuk membuat paket stiker baru. Isikan nama stiker dan juga nama author sesuai keinginan. Jika sudah tinggal klik CREATE.
  • Berikutnya klik paket stiker yang sudah dibuat tadi, lalu pilih salah satu opsi yang muncul. Jika foto yang ingin dibuat stiker sudah ada, maka klik opsi Select File.
  • Foto yang sudah dipilih tinggal kamu edit untuk menghapus backgorundnya. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Yes, Save My Sticker. Lakukan cara yang sama hingga mendapatkan setidaknya 3 stiker.
  • Jika sudah lengkap, maka selanjutnya kamu bisa klik tombol Publish Sticker Pack. Pada notifikasi yang muncul kamu klik Yes, Publish lalu klik Add.
  • Stiker sudah berhasil ditambahkan ke WhatsApp, kamu bisa menemukannya di bagian opsi stiker seperti biasanya.

2. Menggunakan Aplikasi Sticker Maker for WhatsApp

Hampir sama dengan cara membuat stiker di WhatsApp sebelumnya, aplikasi ini juga berfungsi untuk membuat stiker WA dengan mudah dan cepat. Dibuat oleh developer bernama Personal Stickers Studio Maker, aplikasi ini sudah diinstall sebanyak lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

Menggunakan aplikasi Sticker Maker for WhatsApp satu ini juga cukup mudah dan simple. Bagi pemula sekalipun bisa melakukannya karena dibekali dengan tampilan User Interface yang sederhana. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu harus menginstall Aplikasi Sticker Maker for WhatsApp melalui link ini.
  • Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  • Untuk memulai, kamu langsung klik tombol + lalu pilih foto yang ingin kamu jadikan sebagai stiker WhatsApp. Foto bisa diambil langsung dari kamera, galeri atau juga penyimpanan gambar Google.
  • Lakukan pengeditan foto dengan cara menghapus bagian background foto, baik secara manual menggunakan jari atau dengan fitur cari wajah secara otomatis.
  • Lakukan langkah yang sama hingga memiliki setidaknya 3 stiker. Jika sudah siap, langsung saja tambahkan stiker tadi ke WhatsApp.
  • Secara otomatis sticker pack akan langsung muncul di bagian stiker WhatsApp.

3. Menggunakan Aplikasi Personal Sticker for WhatsApp

Cara membuat stiker di WhatsApp yang ketiga ini agak berbeda dengan cara di atas. Pasalnya di sini kamu masih membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga lainnya agar stiker bisa lebih bagus hasilnya. Aplikasi besutan stukalov ini sendiri juga cukup populer digunakan dengan mendapat jumlah unduhan lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu menginstall aplikasi Personal Sticker for WhatsApp melalui link ini.
  • Selain itu, kamu juga harus menginstall aplikasi Background Eraser sebagai pendukungnya.
  • Jika sudah, kamu sekarang jalankan aplikasi Background Eraser di HP android.
  • Selanjutnya pilih foto yang ingin dijadikan stiker dengan klik Load a photo. Sekarang kamu hapus background foto agar lebih mirip stiker sungguhan, baik itu menggunakan fitur manual ataupun otomatis. Jika sudah, kamu tinggal klik done dan save.
  • Sampai di sini sebenarnya kamu sudah bisa langsung menjadikan foto tadi sebagai stiker. Tapi agar lebih menarik kamu bisa menambahkan tulisan atau aksesoris lain agar semakin unik. Untuk melakukannya kamu bisa memanfaatkan aplikasi PicsArt.
  • Jika foto stiker sudah siap semua (minimal 3 stiker), selanjutnya kamu jalankan aplikasi Personal Sticker for WhatsApp. Pada halaman utama kamu klik menu Add untuk menambahkan stiker yang sudah diedit tadi.
  • Secara otomatis stiker yang sudah kamu buat langsung tersedia di bagian stiker WhatsApp.

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat stiker di WhatsApp pakai foto pribadi? Pilih salah satu cara di atas yang menurutmu paling mudah, dan ciptakan stiker WhatsApp unik kamu sendiri.