Cara Membuat QR Code Sendiri di HP Android

116
Cara Membuat QR Code Sendiri
Cara Membuat QR Code Sendiri

Cara Membuat QR Code Sendiri – Dunia teknologi terus berkembang, terbukti sudah semakin banyak alat-alat canggih yang dihadirkan. Tidak hanya, berbagai fitur-fitur baru pada sebuah perangkat juga dihadirkan, tentunya untuk semakin memudahkan aktivitas harian pengguna. Salah satu perangkat teknologi yang paling sanggih sekarang ini adalah smartphone Android. Dibekali dengan beragam fitur canggih, membuatnya mampu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. HP android sendiri tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, melainkan lebih dari itu.

Cara Membuat QR Code Sendiri
Cara Membuat QR Code Sendiri

Salah satu fitur canggih yang ada di HP android adalah fitur scan barcode atau kode QR. Bahkan kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun di HP android untuk melihat isi dari sebuah barcode tersebut. Hanya perlu menjalankan menu kamera dan langsung arahkan kamera HP ke barcode atau QR code yang ingin discan. Secara otomatis HP akan langsung menunjukkan isi dari sebuah barcode tersebut. Meski demikian, terkadang kamera bawaan HP kurang maksima dalam melakukan scan barcode. Sehingga kamu butuh bantuan aplikasi pihak ketiga untuk semakin memudahkan aktivitas tersebut.

Baca Juga:

Selain bisa scan kode QR, ternyata kamu juga bisa lho membuat QR Code sendiri di HP android. Cara membuatnya juga sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam pun bisa melakukannya dengan tanpa kendala. Penasaran dengan cara membuat QR Code sendiri di smartphone android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

Cara Membuat QR Code Sendiri di HP Android

Cara Membuat Kode QR Sendiri
Cara Membuat Kode QR Sendiri

Sebagian dari kalian mungkin menganggap barcode dan QR code itu sama, padahal berbeda. Barcode biasanya memiliki bentuk garis-garis vertikal dengan ketebalan yang berbeda-beda. Sementara QR code atau Quick Response memiliki bentuk persegi dengan kotak kecil yang berada di ketiga sudutnya. Meski bentuknya berbeda, namun untuk fungsinya sama yakni menyimpan data tertentu.

QR code juga punya daya penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan barcode. Mungkin karena alasan inilah sehingga barcode semakin ditinggalkan dan posisinya tergantikan oleh QR code tersebut. QR code ini sendiri bisa menyimpan berbagai hal, mulai dari tulisan, foto, video, alamat URL dan lain sebagainya. Menariknya lagi, hanya dengan QR code ini kamu juga bisa mentransfer sejumlah uang dengan mudah dan cepat.

Kamu mungkin berpikir akan sulit untuk membuat QR code melalui HP android. Padahal tidak, caranya sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Setidaknya ada dua cara untuk membuat QR code sendiri di smartphone android, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Adapun cara membuat QR code sendiri di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat QR Code Menggunakan Aplikasi

Cara yang pertama untuk membuat QR Code sendiri di HP yakni dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat QR code tersebut, salah satunya yakni QR Code Generator. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer bernama QR Code Scanner & QR Code Generator & Radio. Ukurannya tidak terlalu besar yakni hanya 11MB saja, tentunya cukup ringan untuk dijalankan.

Berikut langkah-langkah membuat kode QR di android menggunakan aplikasi QR Code Generator, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi QR Code Generator tersebut di HP androidmu.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut. Berikan izin akses pada aplikasi jika memang muncul permintaan akses.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu bisa memilih apapun yang ingin dijadikan bentuk QR code. Misalnya di sini kamu ingin menjadikan alamat website menjadi QR code, maka kamu pilih menu Create dengan ikon (+) lalu masukkan alamat situs di kolom yang sudah disediakan.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu pilih tombol CREATE yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Kode QR akan ditampilkan, di sini kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu jika memang dibutuhkan. Baik itu mengubah template-nya, warna, model dots, menambahkan logo, tambah teks dan opsi lainnya.
  • Jika dirasa sudah pas, sekarang kamu klik tombol SAVE yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Selesai.

Catatan: Selain alamat website, kamu juga bisa menjadikan hal lain ke dalam bentuk QR code, seperti Teks, Kontak, Wifi, Nomor Telepon, SMS, Instagram, WhatsApp dan lain sebagainya.

2. Membuat QR Code di HP Tanpa Aplikasi

Jika harus menginstall aplikasi tambahan menurutmu cukup ribet, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Di sini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, melainkan melalui browser yang ada di smartphone androidmu. Kamu bisa memanfaatkan situs khusus yang menyediakan layanan untuk membuat kode QR secara gratis tersebut.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat kode QR tanpa aplikasi di HP android selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Browser di HP android, lebih disarankan menggunakan browser Google Chrome.
  • Kemudian kunjungi situs QRCODEMONKEY.
  • Pada halaman utama situs, kamu bisa memilih apa yang akan dijadikan kode batang atau QR kode. Memilihnya bisa melalui menu navigasi yang disediakan di sana. Misalnya saja kamu ingin membuat QR Code untuk sebuah situs pribadi, maka pilih saja menu URL dan masukkan alamat situs pada kolom di bawahnya.
  • Di sini kamu juga bisa mengubah warna QR Code agar tidak selalu berwarna hitam, melainkan warna lainnya. Caranya klik pada opsi Set Colors dan pilih warna yang sesuai keinginan.
  • Kamu juga bisa menambahkan logo pada QR Code jika mau. Caranya dengan memilih opsi Add Logo Image dan pilih logo yang kamu inginkan.
  • Desain dari QR Code juga bisa diubah sesuai keinginan agar tampilannya semakin unik. Untuk cara ini bisa kamu lakukan melalui opsi Customize Design.
  • Kalau sudah selesai semua, selanjutnya kamu klik tombol Create QR Code yang ada di sebelah kanan tampilan.
  • Selesai.

Catatan: Tidak hanya sebatas alamat situs saja, berbagai platform lain juga bisa kamu jadikan QR Code. Mulai dari Teks, Email, Nomor Telepon, SMS, VeCard, MeCard, Lokasi Google Maps, Facebook, Twitter, Youtube, Login Wifi, Event, hingga Bitcoin.

Penutup

Itulah tadi cara membuat QR Code sendiri di smartphone android yang paling mudah dan praktis. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengembalikan File WhatsApp Terhapus dengan Mudah
Artikel SelanjutnyaAplikasi Podcast Creator Terpopuler 2020
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini