Cara Membuat Infografis di HP Android Paling Mudah

Cara Membuat Infografis di HP – Kehadiran HP android memberikan banyak sekali kemudahan bagi para penggunanya. HP android dengan segala kecanggihannya mampu membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Mulai dari urusan bisnis, pendidikan, hingga hiburan, semua bisa dilakukan melalui HP android. Meski demikian, ada pula dampak negatif yang ditimbulkan oleh HP android. Salah satunya yakni ketergantungan seseorang terhadap perangkat ponsel pintar tersebut. Hal ini pastinya menjadi masalah yang semakin serius jika dialami oleh anak di bawah umur.

Cara Membuat Infografis di HP
Cara Membuat Infografis di HP

Tidak hanya itu saja, dampak negatif dari perkembangan HP android yakni penyebaran informasi hoax yang semakin merajalela. Bahkan informasi yang dibagikan tersebut sangat cepat sekali tersebar, berkat dukunga media sosial yang menjadi dunia kedua bagi banyak orang. Hal ini tidak akan terjadi jika kita sebagai pengguna menggunakan HP dan internet dengan bijak. Misalnya saja hanya menyebarkan berita yang informatif akurat, serta tidak menyebabkan kekeruhan sosial.

Baca Juga:

Berbicara mengenai penyebaran informasi, sekarang ada banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari poster, video, artikel, dan lain sebagainya. Namun cara penyebaran informasi yang cukup menarik dan sekarang ini lagi banyak diminati yakni infografis. Media informasi satu ini biasanya berisi teks informasi yang dipadukan dengan elemen desain yang menarik, seperti gambar ilustrasi, abstrak, paduan warna dan lain sebagainya. Infografis ini sendiri memungkinkan untuk dibuat melalui HP android. Berikut ini cara membuat infografis di HP android paling mudah yang bisa coba kamu terapkan.

Daftar Isi
<div class="uagb-toc__list-wrap" data-headers="[{"tag":2,"text":"Cara Membuat Infografis di HP Android Paling Mudah","link":"cara-membuat-infografis-di-hp-android-paling-mudah","content":"Cara Membuat Infografis di HP Android Paling Mudah","level":0},{"tag":3,"text":"1. Brochure Maker","link":"1-brochure-maker","content":"1. <a href=\"https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bg.brochuremaker\">Brochure Maker</a>","level":1},{"tag":3,"text":"2. Flyers Maker","link":"2-flyers-maker","content":"2. <a href=\"https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bg.flyermaker\">Flyers Maker</a>","level":1},{"tag":3,"text":"3. Infografz","link":"3-infografz","content":"3. <a href=\"https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dataquarks\">Infografz

Cara Membuat Infografis di HP Android Paling Mudah

Cara Membuat Infografis di HP Android
Cara Membuat Infografis di HP Android

Untuk bisa membuat infografis menarik di smartphone android, kamu perlu aplikasi tamabahan agar lebih mudah. Ada banyak pilihan aplikasi untuk membuat infografis di android. Salah satunya yang cukup banyak diminati adalah aplikasi Canva. Canva dulunya hanya tersedia dalam versi situs, tetapi sekarang juga hadir versi androidnya.

Canva memang menjadi salah satu platform untuk membuat berbagai jenis desain yang cukup populer digunakan. Tidak hanya infografis saja, di Canva kita juga bisa membuat logo, cover, poster, banner dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun tata cara membuat infografik di android menggunakan aplikasi Canva selengkapnya, sebagai berikut:

  • Lagkah yang pertama kamu install aplikasi Canva di HP androidmu.
  • Kalau sudah, selanjutnya langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Di sini kamu akan diminta untuk login ke akun Canva. Kalau masih belum punya akun Canva, maka kamu bisa membuatnya terlebih dahulu dengan cara klik tombol Register. Masukkan beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti nama, alamat email, password dan lainnya.
  • Kalau sudah berhasil login, sekarang kamu bisa mulai membuat infografis menarik di Canva. Pada tampilan awal aplikasi kamu klik menu All Categories untuk melihat semua kategori desain yang disediakan di Canva.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Infographic. Kemudian pilih jenis infografis yang ingin kamu buat.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman yang berisi pilihan template infografis menarik. Tinggal kamu pilih template infografik mana yang ingin kamu gunakan.
  • Setelah memilih, selanjutnya kamu klik tombol Edit yang ada di bagian bawah template infografis yang dipilih tadi. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman untuk mengedit infografis.
  • Ubah kalimat yang ada di dalam template infografis sesuai dengan kebutuhanmu. Di sini kamu bebas berkreasi agar hasil infografisnya menjadi lebih keren dan menarik banyak orang untuk membacanya.
  • Jika dirasa sudah, selanjutnya kamu klik ikon Ceklist yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Sekarang kamu sudah bisa menyimpan hasil infografis yang kamu buat tadi dengan cara klik ikon Download yang ada di sisi kanan atas tampilan.
  • Selesai.

Mudah sekali bukan cara membuat infografik di HP android di atas? Selain aplikasi Canva, masih ada banyak lagi aplikasi serupa yang memudahkan kamu dalam membuat infografis. Beberapa pilihan aplikasi untuk membuat infografis di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Brochure Maker

Brochure Maker
Brochure Maker

Aplikasi membuat infografis terbaik di android selain Canva yakni ada Brochure Maker. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Apps You Love yang juga cukup populer digunakan. Aplikasi Brochure Maker ini sendiri memiliki tampilan interface yang cukup sederhana dan simpel sehingga cocok sekali untuk para pemula.

Di dalam aplikasi juga sudah disediakan beragam fitur menarik yang akan memudahkan aktivitasmu dalam membuat infografis. Di sini kamu memungkinkan untuk menambahkan gambar sendiri, memangkas gambar, menjadikan gambar transparan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Flyers Maker

Flyers Maker
Flyers Maker

Masih dari satu developer yang sama, aplikasi untuk membuat infografis berikutnya ini diberi nama Flyers Maker. Berbagai macam jenis desain bisa dibuat melalui aplikasi ini, mulai dari poster, Banner, Graphic Desain dan lain sebagainya.

Di dalamnya sudah disediakan sekitar 5000 lebih template desain grafis yang siap untuk kamu gunakan. Aplikasi Flyers Maker ini juga mengusung tampilan interface yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

3. Infografz

Infografz
Infografz

Dan yang terakhir ada aplikasi bernama Infografz yang juga bisa digunakan untuk membuat infografis dengan mudah. Sama seperti aplikasi lainnya, Infografz juga menyediakan template infografis yang siap untuk digunakan.

Kamu hanya perlu mengedit beberapa elemen di dalam template sesuai dengan kebutuhanmu. Aplikasinya juga cukup ringan karena memang kapasitasnya yang tidak terlalu besar.

Penutup

Itulah tadi cara membuat infografis di HP android yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.