3 Cara Membuat HP Android Jadi CCTV, 100% Work!

Cara Membuat HP Android Jadi CCTV – Penggunaan CCTV sudah menjadi hal yang lumrah di era modern seperti sekarang ini. Bukan hanya di kantor atau toko saja, banyak rumah yang sudah dilengkapi dengan CCTV. CCTV digunakan untuk memastikan keamanan disebuah tempat agar tidak bisa dipantau secara real-time. Dengan begitu, setiap kejadian yang terjadi di suatu tempat tertentu bisa terekam melalui CCTV tersebut.

Cara Membuat HP Android Jadi CCTV
Cara Membuat HP Android Jadi CCTV

Tetapi sayangnya, beberapa orang mengeluhkan biaya pemasangan CCTV yang tidaklah murah. Ada banyak alat yang harus digunakan, mulai dari perangkat kamera hingga komputer atau PC sebagai servernya. Untuk kamu yang ingin memasang CCTV namun dengan budget yang pas-pasan, bisa melakukan cara ini. Menjadikan HP android sebagai CCTV di rumah, kamar pribadi atau kos-kosan.

Baca Juga:

Selain perangkat android, kamu juga memerlukan peralatan lain yang pastinya juga murah, di antaranya charger, koneksi internet (direkomendasikan pakai jaringan wifi), dan aplikasi CCTV khusus di android. Inilah CCTV versi murah yang juga bisa memantau tempat yang kamu inginkan secara real-time. Adapun cara membuat HP android jadi CCTV selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

3 Cara Membuat HP Android Jadi CCTV, 100% Work!

Cara Membuat HP Jadi CCTV
Cara Membuat HP Jadi CCTV

Untuk menjadikan HP android sebagai CCTV, setidaknya kamu membutuhkan 2 HP android. Di mana untuk 1 HP dijadikan CCTV dan HP satunya digunakan sebagai viewer. Melalui viewer inilah kamu bisa memantau keadaan suatu tempat yang diletakkan HP CCTV tadi. Untuk Caranya sendiri setidaknya ada 3 pilihan, masing-masing menggunaka aplikasi khusus yang berbeda.

1. Menggunakan Aplikasi Alfred Home Secutiry Camera

Cara membuat HP android jadi CCTV yang pertama yakni dengan memanfaatkan aplikasi bernama Alfred Home. Aplikasi ini sendiri tersedia secara gratis dan bisa kamu install dengan mudah melalui Google Play Store. Selain Aplikasi Alfred Home, kamu juga memerlukan 2 perangkat android, charger dan juga koneksi internet yang stabil. Jika alat dan bahan tersebut sudah dipersiapkan, selanjutnya lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah yang pertama kamu perlu menginstall aplikasi Alfred Home Security Camera di kedua perangkat android yang sudah disiapkan tadi. Tersedia dalam versi freemium dan premium, kamu bisa memilih yang mana saja sesuai keinginan. Tentunya versi premium dibekali dengan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan versi freemium.
  • Setelah diinstall, tentukan fungsi dari masing-masing perangkat. Pada HP android pertama kamu setting sebagai Viewer dan HP satunya lagi disetting menjadi Camera (CCTV). Agar hasil rekaman semakin optimal, untuk Camera (CCTV) menggunakan HP yang punya kamera bagus. Sementara dari Viewer, kamu bisa memantau hasil rekaman dari Camera (CCTV) tadi.
  • Langkah berikutnya yaitu perlu login ke akun google pribadimu. Pastikan pada kedua perangkat masuk menggunakan akun google yang sama agar bisa terhubung. Jika masih belum memiliki akun google, kamu perlu membuatnya terlebih dahulu. Melalui akun ini juga memungkinkan kamu memantau CCTV melalui PC atau laptop dengan mengunjungi situs Alfred Home.
  • Pastikan HP android yang bertindak sebagai kamera terus dicharger agar tidak kehabisan baterai. Pastikan juga koneksi internet di kedua perangkat tetap stabil, karena aplikasi ini sangat tergantung dengan internet.

Sekarang kamu sudah bisa mulai memantau suatu tempat melalui viewer. Kamu juga bisa mengatur apakah ingin menggunakan kamera depan ataupun belakang. Alfred Home juga termasuk aplikasi yang berjalan di latar belakang, jadi akan terus berjalan meskipun layar HP dalam keadaan mati.

2. Menggunakan Aplikasi IP Webcame

Cara menjadikan HP android sebagai CCTV selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi bernama IP Webcame. Aplikasi besutan Pavel Khlebovich ini juga tersedia secara gratis di Google Play Store dan bisa kamu gunakan dengan mudah. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu perlu menginstall aplikasi IP Webcame di HP android.
  • Setelah diinstall, langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Di sini kamu bisa melakukan beberapa pengaturan rekaman seperti, mode audio, resolusi video, tampilan dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya mulai menjadikan HP sebagai CCTV dengan cara klik pada opsi Start Server. Sampai di sini kamu sudah berhasil membuat HP jadi CCTV, di sana nantinya akan muncul alamat IP atau IP Addrees untuk dihubungkan dengan perangkat lainnya.
  • Sekarang kamu buka aplikasi browser di perangkat lain, bisa HP, latop ataupun tablet.
  • Pada kolom pencarian, masukkan alamat IP atau IP Address yang tampil di layar HP yang dijadikan CCTV tadi. Pastikan kedua perangkat sudah terhubung dengan internet. Jika sudah, secara otomatis kamu sudah bisa mendapatkan rekaman di perangkat lain yang digunakan tadi.
  • Kamu bisa meletakkan HP yang dijadikan CCTV tadi di lokasi sesuai keinginan. Agar tidak kehabisan baterai, pasangkan charger ke HP CCTV tadi.

3. Menggunakan Aplikasi WardenCam

Dan cara membuat HP jadi CCTV yang terakhir adalah menggunakan aplikasi bernama Home Security Camera WardenCam. Aplikasi satu ini dibuat oleh WardenCam 360 – Home Security, Video Monitoring yang juga bisa kamu gunakan secara gratis. Kualitas rekamannya juga cukup jernih dan mudah digunakan karena dibekali dengan tampilan antarmuka sederhana.

Untuk caranya sendiri tidak jauh berbeda dengan aplikasi di atas. Kamu cukup menginstall aplikasi WardenCam di perangkat android kemudian lakukan pengaturan sesuai instruksi. Dengan mudah kamu sudah bisa menjadikan HP android sebagai CCTV.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membuat HP android jadi CCTV paling mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.