Cara Membuat File Zip dengan Password di Android

Cara Membuat File Zip dengan Password di Android – Salah satu cara agar sekumpulan file aman dari virus atau tangan-tangan jahil adalah dengan dijadikan file rar atau zip. Cara ini biasanya juga digunakan ketika seseorang ingin mengirimkan beberapa file atau dokumen sekaligus melalui email atau cloud. Beberapa file atau dokumen tersebu dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah folder kemudian dijadikan rar atau zip.

Cara Membuat File Zip dengan Password di Android
Cara Membuat File Zip dengan Password di Android

Mengubah folder menjadi file rar atau zip dulunya hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC atau laptop. Tetapi tidak untuk sekarang ini, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone android untuk melakukan cara tersebut. Tidak lain dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang nantinya dapat diinstall di smartphone android. Tidak kalah seperti perangkat PC atau laptop, kamu bisa mengubah folder menjadi file zip atau rar dengan cepat dan mudah pastinya.

Baca Juga:

Menariknya lagi, selain mengubahnya menjadi file rar atau zip kamu juga bisa melindunginya dengan password. Dengan begitu, file akan semakin aman karena hanya kamu saja yang bisa mengakses file yang ada di dalamnya. Penasaran dengan cara membuat file zip dengan password di android tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Membuat File Zip dengan Password di Android

Cara Membuat File RAR dengan Password di Android
Cara Membuat File RAR dengan Password di Android

Mengumpulkan file penting dan dibuat menjadi file zip yang dilengkapi dengan password sangat penting untuk dilakukan. Karena di jaman sekarang ini apapun bisa terjadi, termasuk pencurian data penting pengguna. Tapi sayangnya tidak semua pengguna gadget tahu bagaimana cara membuat file zip dengan password di android tersebut. Jika kamu adalah salah satunya, simak langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara tersebut:

Menggunakan Aplikasi ZArchiver

Aplikasi ZArchiver
Aplikasi ZArchiver

Cara membuat file zip dengan password di android yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama ZArchiver. ZArchiver merupakan salah satu aplikasi pembuat file rar atau zip yang cukup populer digunakan. Selain bisa mengubah folder menjadi zip dan rar, ekstensi lain juga memungkinkan diciptakan dengan aplikasi ini, seperti 7zip, gzip, bzip, XZ hingga TAR.

Aplikasi ZArchiver ini sendiri dikembangkan oleh ZDevs, yang mana sudah ada lebih dari 50 juta pengguna yang menginstall aplikasi ini di smartphone mereka. Di dalamnya dilengkapi dengan beragam fitur keren untuk memaksimalkan pembuatan file zip khususnya. Salah satunya adalah fitur keamanan, yang mana pengguna bisa menambahkan password atau kunci agar file zip tidak dibuka oleh sembarangan orang. Untuk langkah-langkah membuat file zip dengan password menggunakan aplikasi ZArchiver, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu install aplikasi ZArchiver di HP androidmu.
  2. Jika sudah, selanjutnya buka aplikasi ZArchiver tersebut.
  3. Mulailah dengan membuat satu folder dengan nama sesuai yang kamu inginkan. Folder inilah nantinya yang akan dijadikan file zip lengkap dengan passwordnya.
  4. Selanjutnya, kamu pindahkan file yang ingin kamu jadikan file zip ke folder baru yang sudah dibuat tadi. File yang dipilih bebas berapapun jumlahnya, baik itu 1, 2 atau seterusnya.
  5. Setelah semua dipindahkan, sekarang kamu kembali ke tampilan utama directori.
  6. Cari folder yang berisi file penting tadi, tekan dan tahan beberapa saat hingga muncul opsi Compress. Klik pada opsi Compress tersebut untuk menjadikannya file zip.
  7. Selanjutnya pilih format file yang diinginkan. Karena di sini kita akan membuat file zip, maka pilih format file zip.
  8. Sementara pada bagian kolom Password, kamu isi dengan password yang kamu inginkan. Selanjutnya klik OK untuk menyelesaikan pengompresan folder.
  9. File zip dengan password sudah berhasil kamu buat. Untuk memastikan, coba kembali ke halaman utama direktori lalu buka file zip yang sudah dibuat tadi. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Menggunakan Aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip

Aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip
Aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip

Selain menggunakan aplikasi ZArxhiver, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip untuk membuat file zip yang juga dilengkapi dengan password. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini bisa kamu gunakan untuk membuka file berekstensi rar dan zip melalui Hp android. Tetapi, di dalamnya juga disediakan fitur untuk membuat file zip bahkan fitur password juga ada.

Aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip ini sendiri juga tidak kalah populer digunakan. Dikembangkan oleh developer bernama RbigSoft, aplikasi satu ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Ukurannya juga tidak terlalu besar yakni hanya 11MB sehingga ringan dijalankan.

Cara membuat file zip dengan password melalui aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip ini juga tidak sulit. Hanya dengan langkah-langkah simple kamu sudah bisa membuat file zip dengan password tersebut. Lebih jelasnya simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama kamu install aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip di HP androidmu.
  2. Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada tampilan utama aplikasi, silahkan kamu klik pada menu Compress.
  4. Sebelumnya pastikan kamu sudah memindahkan file-file penting yang ingin dibuat menjadi zip pada satu folder khusus.
  5. Langkah berikutnya, beri tanda centang pada kotak sebelah kiri pada folder yang ingin dijadikan file zip dan sudah berisi file-file penting tadi.
  6. Selanjutnya klik ikon Centang berwarna hijau yang ada di bagian atas sebelah kanan tampilan.
  7. Pada halaman baru yang muncul, kamu isi kolom sesuai keterangannya. Mulai dari nama file zip, Encryption, hingga password sesuai keinginan.
  8. Jika dirasa sudah semua, lanjutkan dengan klik tombol Compress.

Penutup

Sangat mudah bukan cara membuat file zip dengan password di android di atas? Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?