Cara Membuat File PDF di HP Android Paling Mudah

Cara Membuat File PDF di HP – Bagi para pekerja kantoran atau instansi tertentu, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya file PDF. Portable Document File atau yang sering disingkat PDF merupakan salah satu jenis file digital yang memungkinkan untuk kita buka diberbagai jenis perangkat. Mulai dari HP android, PC atau komputer, hingga tablet bisa digunakan untuk mengakses jenis file dokumen satu ini. Umumnya file PDF tidak dapat diedit lagi, kecuali kamu mengubahnya ke ekstensi word. Atau bisa juga dengan cara menggunakan aplikasi khusus edit PDF di PC.

Cara Membuat File PDF di HP
Cara Membuat File PDF di HP

Meskipun cukup familiar di kalangan masyarakat modern, namun tidak semua dari mereka tahu bagaimana cara membuat jenis file PDF tersebut. Perlu kamu tahu, file PDF memungkinkan dibuat dari jenis file lain, seperti file Microsoft Office, TXT, bahkan file foto juga bisa. Hanya saja, untuk membuatnya kamu perlu tools atau software khusus yang memang menyediakan fitur tersebut. Biasanya tools atau software untuk membuat file PDF ini tersedia untuk perangkat PC atau laptop.

Baca Juga:

Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa membuat file PDF melalui perangkat HP android. Berkat kecanggihan HP android yang terus ditingkatkan, sekarang kamu bisa dengan mudah membuat file PDF di HP android tersebut. Sama halnya di PC, di sini kamu juga memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk membuatnya. Bisa juga melalui situs tertentu yang menyediakan layanan pembuat file PDF tersebut. Penasaran dengan cara membuat file PDF di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Membuat File PDF di HP Android Paling Mudah

Cara Membuat File PDF di HP Android
Cara Membuat File PDF di HP Android

File PDF memang menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, khususnya mereka yang setiap harinya tidak terlepas dari yang namanya file atau berkas. PDF banyak dipilih karena fleksibilitasnya, di mana file jenis ini bisa diakses di semua perangkat. Selain itu, file PDF cenderung punya ukuran yang kecil dan memudahkan pengguna membuat berbagai elemen data. Misalnya saja gambar piksel, teks, vector, hingga tanda tangan elektronik. Menarik sekali bukan?

Kembali lagi ke pembahasan awal yakni mengenai cara membuat file PDF di HP android. Kali ini kita bisa menggunakan aplikasi ataupun melalui situs tertentu. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat File PDF dengan WPS Office

WPS Office merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang fungsinya mirip seperti Microsoft Office yang sangat fenomenal. Melalui aplikasi WPS Office ini sendiri akan memudahkan kamu dalam membuat file PDF di smartphone android. File PDF bisa dibuat dan diedit langsung dari apliaksi WPS Office ini. Atau bisa juga dengan menggunakan fitur kamera untuk memindai file yang sudah dalam bentuk kertas. Pastinya cara menggunakannya sangat mudah, bahkan memungkinkan dilakukan bagi pengguna pemula sekalipun.

Cara yang pertama ini yakni membuat file PDF langsung dari WPS Office, yakni:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu harus menginstall aplikasi WPS Office di HP androidmu. Beri izin aplikasi jika memang meminta izin akses dokumen atau penyimpanan di HP android.
  • Pada halaman utama aplikasi WPS Office, kamu klik ikon + yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan. Pada tampilan pop yang muncul, kamu pilih opsi Dokumen untuk mulai membuat dokumen baru.
  • Layaknya di Microsoft Office, di sini kamu akan diminta untuk memilih lembar dokumen dengan tampilan kosong atau dengan berbagai template yang sudah disediakan di dalamnya.
  • Sekarang kamu tinggal mengetik isi dari file PDF. Atau jika menggunakan template dokumen yang sudah disediakan, maka kamu tinggal melakukan pengeditan sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya klik ikon Save yang ada di bagian pojok kiri atas.
  • Pada halaman berikutnya, kamu klik opsi Jalur lalu pilih tempat penyimpanan file PDF yang diinginkan. Klik opsi Lokasi untuk menyimpan file PDF di dalam memori internal HP android.
  • Sebelum menyimpan, kamu ubah terlebih dahulu nama file PDF dan juga ekstensi file dijadikan .pdf.
  • Dan terakhir kamu klik tombol Ekspor ke PDF. Sekarang kamu sudah berhasil membuat file PDF hanya berbekal HP android.
  • Selesai.

Selain cara di atas, kamu juga memungkinkan membuat file PDF melalui WPS Office menggunakan file gambar atau foto. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama pastinya kamu jalankan aplikasi WPS di HP androidmu. Selain itu, siapkan juga berkas fisik yang akan dijadikan file PDF.
  • Pada aplikasi WPS Office, kamu klik ikon + yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  • Pada tampilan pop up yang muncul, kamu klik opsi Pemindai. Jika aplikasi meminta izin akses kamera, tinggal kamu klik tombol OK dan klik Izinkan.
  • Sekarang kamu Scan Dokumen dengan cara mengarahkan kamera HP tepat di atas berkas yang ingin dipindai. Jangan lupa untuk mengatur garis batas setiap sisi kertas dengan cara menggeser titik-titik yang tersedia. Jika sudah pas, kamu klik tombol OK.
  • Lakukan pemotretan lagi jika memang ingin menambah halaman baru. Kamu juga bisa mengedit hasil scan dokumen jika diperlukan. Klik tombol Selesai jika sudah dirasa cukup.
  • Pada halaman berikutnya, kamu klik opsi Ekspor Dokumen yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Kamu tinggal pilih file berkas yang ingin dijadikan dokumen PDF (hasil pemindaian tadi), lalu klik Ekspor ke PDF dan tunggu sampai muncul halaman pratinjau. Lanjutkan dengan klik tombol Simpan.
  • Selanjutnya kamu pilih lokasi untuk penyimpanan file PDF yang sudah dibuat tadi.
  • Terakhir ubah nama file PDF dan klik tombol Ekspor ke PDF.
  • Selesai.

2. Membuat File PDF Melalui Situs SmallPDF

Jika cara di atas kamu anggap cukup rumit, maka bisa mencoba alternatif yang kedua satu ini. Kali ini kamu tidak memerlukan yang namanya aplikasi pihak ketiga. Pasalnya, pada cara ini yang dibutuhkan hanyalah situs khusus yang menyediakan fitur convert file ke PDF. Berbagai jenis file memungkinkan dikonversi ke file PDF, mulai dari file Word, PPT, Excel, dan juga JPG. Dan juga berlaku untuk pengonversian sebaliknya, yakni dari file PDF ke jenis file lainnya.

Adapun cara membuat file PDF dari jenis file lain melalui situs SmallPDF selengkapnya, yakni:

  • Sebelumnya kamu siapkan file yang ingin dijadikan file PDF, baik itu file Ms. Word, PPT, Excel ataupun JPG.
  • Selanjutnya kamu kunjungi situs SmallPDF melalui browser Chrome.
  • Pada tampilan utama situs, kemudian pilih menu sesuai jenis file yang ingin kamu jadikan file PDF. Misalnya saja di sini saya ingin mengubah file Word ke PDF, maka pilih opsi Word ke PDF.
  • Klik tombol PILIH FILE, lalu cari file Word yang ingin dikonversi tadi.
  • Proses konversi file akan mulai berjalan, tunggu sampai selesai.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik Unduh File.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membuat file PDFdi HP android paling mudah yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.