Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps Paling Mudah

120
Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps
Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps

Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps – Sebagian besar dari kalian pasti sudah sangat familiar sekali dengan salah satu produk layanan dari Google satu ini. Ya, Google Maps merupakan aplikasi resmi dari raksasa Google yang cukup bermanfaat bagi banyak orang. Fungsinya yakni untuk memper mudah navigasi ketika seseorang ingin menuju ke suatu tempat. Google Maps akan menampilkan peta dengan jalur tercepat sesuai transportasi yang digunakan penggunanya. Baik itu jalur tercepat untuk pejalan kaki, sepeda motor, mobil, atau bahkan transportasi umum.

Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps
Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps

Di dalam Google Maps juga dibekali dengan beragam fitur menarik yang pastinya sangat membantu para penggunanya. Salah satunya yakni fitur yang memungkinkan pengguna berbagi lokasi dengan pengguna lainnya. Kita bisa melakukan share lokasi terkini atau suatu lokasi tertentu untuk mempermudah pengguna lain menuju ke lokasi tersebut. Dengan demikian, pengguna yang dikirim lokasi tidak akan tersesat, walaupun orang tersebut sama sekali belum pernah berkunjung ke lokasi yang dituju.

Baca Juga:

Berbicara mengenai share lokasi, umumnya bisa dilakukan dengan membagikannya dalam bentuk sebuah link. Link yang dibagikan tersebut bisa langsung diklik oleh penerima dan secara otomatis Google Maps akan menunjukkan peta lokasi yang dikirimkan. Namun, berbagi lokasi melalui link dirasa sudah cukup kuno. Ada tren baru yang muncul belakangan ini soal berbagi lokasi di Google Maps, yakni dengan menggunakan barcode. Peta lokasi akan dibuat dalam bentuk barcode, dan penerima perlu melakukan scan barcode tersebut untuk membuka lokasi yang dishare atau dibagikan. Lantas, bagaimana cara membuat barcode lokasi Google Maps tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps Paling Mudah

Cara Membuat Barcode Lokasi Maps
Cara Membuat Barcode Lokasi Maps

Untuk soal berbagi lokasi, Google Maps memang lebih banyak dipilih oleh sebagian besar pengguna smartphone android khususnya. Pasalnya, Google Maps mampu menampilkan peta dengan lebih rinci, detail dan juga akurat pastinya. Tidak hanya itu saja, navigasi yang ditampilkan juga sangat mudah dipahami sehingga bisa meminimalisir pengguna salah jalan. Menariknya lagi, di dalam peta lokasi juga disediakan foto preview lokasi yang dituju sehingga lebih memudahkan para penggunanya.

Kembali ke pembahasan awal, menjadikan lokasi di Google Maps dalam bentuk barcode memang sudah cukup familiar sekarang ini. Selain itu, berbagi lokasi Google Maps dengan barcode juga dianggap lebih praktis dan mudah. Namun, ternyata tidak semua pengguna tahu bagaimana cara membuat barcode lokasi Google Maps tersebut. Nyatanya membuat kode QR ini ternyata sangat mudah. Di sini kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau langsung dari situs online. Adapun cara membuat barcode lokasi di Google Maps dalam bentuk barcode atau kode QR selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat Kode QR Lokasi Google Maps Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama yakni membuat kode QR atau barcode lokasi Google Maps melalui situs secara langsung. Cara satu ini banyak dipilih karena lebih mudah untuk dilakukan, karena kita tidak akan direpotkan dengan menginstall aplikasi tambahan. Langkah-langkah membuatnya juga cukup simple dan mudah, kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya.

Bukan situs lain yang bisa kamu gunakan, melainkan Google Maps dalam versi websitenya. Ya, cara ini bisa menjadi alternatif terbaik jika di HP androidmu tidak terinstall Google Maps. Atau bisa juga dilakukan di perangkat PC agar lebih mudah dan cepat. Adapun langkah-langkah membuat barcode lokasi Google Maps lewat situs langsung selengkapnya, yakni:

  • Langkah pertama kamu buka browser di HP androidmu, kemudian kunjungi situs Google Maps. Caranya pada halaman baru Google Chrome, kamu klik ikon 9 titik lalu klik pada opsi Maps.
  • Sekarang kamu tinggal cari dan tentukan lokasi yang ingin kamu share atau bagikan. Untuk pencarian lokasi bisa kamu gunakan fitur Search.
  • Jika sudah ketemu lokasinya, sekarang tinggal kamu klik tombol Bagikan.
  • Nantinya akan muncul sebuah link yang nantinya bisa langsung kamu bagikan. Namun, karena di sini tujuannya berbagi lokasi dalam bentuk barcode, maka kita perlu proses lanjutan. Sekarang kamu klik tombol SALIN LINK.
  • Selanjutnya buka halaman baru, kemudian paste link tersebut pada kolom search. Lalu kamu tambahkan kode .qr di bagian belakangnya dan tekan Enter.
  • Kode QR akan langsung muncul di halaman tersebut. Simpan dan bagikan kode QR tersebut di media sosial atau diprint di sebuah undangan.
  • Selesai.

2. Membuat Kode QR Lokasi Google Maps dengan Aplikasi

Jika cara di atas menurutmu cukup rumit, alternatif lain yang bisa dilakukan yakni menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sekali jenis aplikasi yang berguna untuk membuat kode QR atau barcode. Apapun bisa dijadikan bentuk barcode, baik itu gambar, video, dokumen atau bahkan sebuah link, termasuk link lokasi Google Maps. Salah satu aplikasi untuk membuat barcode yang paling direkomendasikan yakni bernama Barcode Generator.

Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Aeiou dan sudah digunakan oleh banyak sekali pengguna android. Gunanya untuk menyimpan informasi dalam bentuk sebuah barcode atau kode QR. Adapun langkah-langkah membuat lokasi Google Maps dalam bentuk barcode selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Barcode Generator di HP androidmu.
  • Sekarang kamu buka aplikasi Google Maps, kemudian cari dan pilih lokasi di Google Maps yang ingin kamu bagikan dalam bentuk barcode atau kode QR.
  • Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu klik Share atau Bagikan.
  • Selanjutnya kamu jalankan aplikasi Barcode Generator.
  • Tunggu beberapa saat hingga barcode berhasil dibuat oleh aplikasi. Simpan kode QR tersebut dengan cara screenshot atau mengunduhnya.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara membuat barcode lokasi Google Maps yang paling mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Unroot HP Android Semua Tipe Termudah
Artikel Selanjutnya7 Aplikasi Edit Background Foto di Android Terbaik 2020
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini