Cara Membersihkan Lensa Kamera HP yang Benar

158
Cara Membersihkan Lensa Kamera HP
Cara Membersihkan Lensa Kamera HP

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP – HP android dibekali dengan beragam fitur keren yang pastinya sangat memanjakan para penggunanya. Berbagai aktivitas harian pengguna bisa dipermudah dengan hadirnya fitur-fitur canggih di smartphone android tersebut. Inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang suka sekali dengan smartphone android. Apalagi sekarang ini sudah banyak vendor yang menawarkan HP android dengan banderol harga relative murah. Semakin mempermudah semua kalangan untuk menjangkaunya.

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP
Cara Membersihkan Lensa Kamera HP

Dari sekian banyaknya fitur yang disematkan di HP android, kamera menjadi salah satu yang bisa dibilang sangat penting. Kamera digunakan untuk mengabadikan momen tertentu, baik dalam bentuk foto maupun video. Dewasa ini, kamera android sudah mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Bahkan hasil jepretannya tersebut hampir setara dengan kamera DSLR yang dibanderol dengan harga selangit.

Baca Juga:

Namun, pengguna juga harus dituntut untuk bisa menjaga lensa kamera agar tidak buram atau terkena goresan. Ada banyak hal yang membuat kamera HP menjadi kurang maksimal dalam menjalankan fungsinya, misalnya debu, cairan atau hal lainnya. Tidak boleh sembarangan membersihkan lensa kamera HP, karena bisa jadi kamu membuatnya tergores. Berikut cara membersihkan lensa kamera HP yang benar patut untuk kamu terapkan.

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP yang Benar

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP
Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Android

Lensa kamera HP yang kotor atau terdapat goresan, tentunya akan membuat hasil jepretan foto menjadi kurang maksimal. Karena itulah, kamu harus rutin membersihkan lensa kamera HP tersebut agar kualitasnya tetap terjaga.  Adapun langkah-langkah membersihkan lensa kamera HP agar menghasilkan foto ciamik selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membersihkan Lensa Kamera dengan Minyak Kayu Putih

Cara membersihkan lensa kamera HP yang pertama bisa kamu terapkan adalah dengan memanfaatkan minyak kayu putih. Minyak kayu putih diklaim sangat ampuh menghilangkan debu atau kotoran yang menempel di lensa kamera HP. Cara membersihkan lensa kamera dengan minyak kayu putih sangat mudah. Teteskan sedikit minyak kayu putih pada tisu bersih. Kemudian gosokkan secara perlahan tisu tersebut pada permukaan lensa kamera hingga tampak bersih.

Selain bisa membersihkan lensa kamera, minyak kayu putih juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan layar HP yang kotor. Begitu juga casing HP yang buram serta kotor, minyak kayu putih bisa menjadi pilihan untuk membuatnya kembali bersih seperti baru lagi.

2. Membersihkan Lensa Kamera dengan Pasta Gigi

Selain menggunakan minyak kayu putih, lensa yang kotor dan buram bisa kamu bersihkan dengan menggunakan pasta gigi atau odol. Selain itu, pasta gigi juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi lensa kamera HP yang terdapat goresan. Cara menggunakannya sangatlah mudah, cukup oleskan sedikit saja pasta gigi pada permukaan lensa kamera. Kemudian, gosok secara perlahan dan bersihkan dengan tisu bersih.

Untuk menggosok permukaan lensa kamera, kamu bisa menggunakan cotton bud. Untuk menghilangkan goresan di lensa, kamu bisa membiarkan beberapa waktu pasta gigi di permukaannya. Kamu juga bisa menggunakan sedikit air untuk membersihkan sisa pasta gigi yang terdapat di permukaan lensa.

3. Menggunakan Hair Dryer

Cara selanjutnya ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi lensa kamera HP yang berembun. Kondisi seperti ini pastinya akan membuat kamera kurang bagus dalam menghasilkan jepretan foto. Foto akan terlihat buram dan sulit untuk mengambil fokus pada objek. Salah satu penyebab lensa HP berembun adalah karena pengguna telah menyimpannya di tempat yang lembab.

Untuk mengatasi masalah tersebut tidak bisa dengan cara seperti di atas. Sebelumnya kamu lepaskan baterai dari bodi HP terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan hair dryer untuk mengeringkan lensa HP yang berembun. Sebaiknya kamu arahkan hair dryer ke bagian sisi HP untuk mempercepat penghilangan embun di lensa kamera.

4. Mengganti Tutup Lensa Kamera

Jika dengan cara menggunakan minyak kayu putih atau pasta gigi belum bisa menghilangkan goresan atau kotoran yang ada di lensa kamera, cara satu ini bisa menjadi pilihan terakhir. Kamu bisa mengganti tutup lensa kamera dengan penutup yang baru. Namun, untuk melakukan cara ini perlu kehati-hatian, karena bisa jadi kamu membuat lensa kamera rusak.

Cobalah untuk mencongkel penutup lensa kamera dengan benda rucing dan tipis, silet misalnya. Congkel tutup lensa secara perlahan agar tidak merusakan bagian lensanya. Setelah itu, pasang tutup lensa yang baru secara tepat pada dudukannya. Jika memang tidak memiliki tutup lensa baru, kamu juga bisa menggunakan selotip bening sebagai alternatifnya.

Penutup

Untuk membersihkan lensa kamera HP tidak boleh sembarangan. Pasalnya, jika tidak dilakukan dengan benar maka akan membuat lensa menjadi tergores atau bahkan pecah. Jika sudah seperti ini pastinya sangat sulit untuk membuatnya seperti semula. Terapkan cara membersihkan lensa kamera HP di atas supaya hasil jepretannya menjadi berkualitas dan maksimal kembali. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaInilah 7 Fitur Android 10 Tersembunyi yang Canggih
Artikel SelanjutnyaFungsi Lain Tombol Volume HP Android Belum Orang Tahu
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini